Sukses

Studi Terbaru Ungkap, Orang Kaya Punya Risiko Kanker Lebih Tinggi Dibandingkan yang Kantongnya Pas-Pasan

Studi baru yang dilakukan di University of Helsinki di Finlandia meneliti hubungan antara status sosial-ekonomi atau SES dan serangkaian penyakit.

Liputan6.com, Jakarta - Fakta baru mengenai kesehatan mereka yang berduit kembali terungkap. Sebuah penelitian menyebutkan, orang-orang kaya secara genetis memiliki risiko lebih besar terkena kanker dibandingkan mereka yang tidak berharta.

Studi baru yang dilakukan di University of Helsinki di Finlandia meneliti hubungan antara status sosial-ekonomi atau SES dan serangkaian penyakit.

Menurut temuan studi, mereka yang mempunyai hak istimewa untuk menikmati peningkatan SES atau orang kaya juga memiliki risiko genetik yang lebih tinggi untuk terkena kanker payudara, prostat dan jenis kanker lainnya.

Pemimpin studi Dr Fiona Hagenbeek, dari Institut Kedokteran Molekuler Finlandia (FIMM) di universitas tersebut, mengatakan hasil awal dapat mengarah pada skor risiko poligenik – yang digunakan untuk mengukur risiko penyakit berdasarkan genetika – yang ditambahkan ke protokol skrining untuk beberapa penyakit.

“Memahami bahwa dampak skor poligenik terhadap risiko penyakit bergantung pada konteks dapat mengarah pada protokol skrining yang lebih bertingkat,” kata Dr. Hagenbeek kepada South West News Service.

“Misalnya, di masa depan, protokol skrining kanker payudara dapat diadaptasi sehingga perempuan dengan risiko genetik tinggi dan berpendidikan tinggi menerima skrining lebih awal atau lebih sering dibandingkan perempuan dengan risiko genetik lebih rendah atau pendidikan rendah,” katanya.

Untuk melakukan penelitian ini, tim Dr. Hagenbeek menarik data genomik, SES, dan kesehatan pada sekitar 280.000 orang Finlandia, berusia 35 hingga 80 tahun, dilansir New York Post.

Penelitian sebelumnya dilaporkan menunjukkan adanya beberapa perbedaan risiko kanker, serupa dengan apa yang ditemukan peneliti kali ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian Pertama yang Mencari Hubungan Penyakit dengan Penghasilan

Namun penelitian ini disebut-sebut sebagai penelitian pertama yang mencari hubungan antara 19 penyakit yang umum terjadi di negara-negara berpenghasilan tinggi.

“Sebagian besar model prediksi risiko klinis mencakup informasi demografi dasar seperti jenis kelamin biologis dan usia, dengan menyadari bahwa kejadian penyakit berbeda antara pria dan wanita, dan bergantung pada usia, kata Dr. Hagenbeek.

“Mengakui bahwa konteks tersebut juga penting ketika memasukkan informasi genetik ke dalam layanan kesehatan adalah langkah pertama yang penting. Tetapi sekarang, kami dapat menunjukkan bahwa prediksi genetik terhadap risiko penyakit juga bergantung pada latar belakang sosio-ekonomi seseorang," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dampak genetika terhadap risiko penyakit akan berubah seiring bertambahnya usia. 

“Jadi, meskipun informasi genetik kita tidak berubah sepanjang hidup kita, dampak genetika terhadap risiko penyakit berubah seiring bertambahnya usia atau perubahan keadaan kita,” kata dokter tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Perlu Studi di Negara-Negara Berpenghasilan Rendah

Para peneliti menunjukkan bahwa penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk memahami sepenuhnya hubungan antara profesi tertentu dan risiko penyakit. Studi juga harus dilakukan di negara-negara berpenghasilan rendah, kata mereka.

“Penelitian kami hanya berfokus pada individu keturunan Eropa, dan di masa depan juga penting untuk melihat apakah pengamatan kami mengenai interaksi status sosio-ekonomi dan genetika terhadap risiko penyakit direplikasi pada orang-orang dari berbagai keturunan di negara-negara yang lebih tinggi dan lebih rendah. negara-negara berpenghasilan rendah,” desak Dr. Hagenbeek.

“Karena tujuan keseluruhan dari memasukkan informasi genetik ke dalam layanan kesehatan adalah untuk memfasilitasi pengobatan yang dipersonalisasi, kita tidak boleh memperlakukan informasi genetik sebagai 'satu ukuran untuk semua'.

“Sebaliknya, kita harus menyelidiki dan kemudian memasukkan keadaan yang mengubah risiko genetik ketika melakukan prediksi penyakit,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi pada Upaya Peneliti dari University of Helsinki

Temuan penelitian akan dipresentasikan pada konferensi tahunan Masyarakat Genetika Manusia Eropa di Berlin, Jerman, pada hari Minggu.

Ketua Konferensi Profesor Alexandre Reymond dari Universitas Lausanne, Swiss, menyambut baik temuan ini.

“Untuk benar-benar beralih ke kesehatan yang dipersonalisasi, penting untuk mengukur risiko genetik dan lingkungan,” katanya.

“Kita harus memuji rekan-rekan kita di Finlandia atas peran mereka dalam mempelopori upaya ini.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.