Sukses

Jangan Takut Berenang Saat Menstruasi, Begini Penjelasan Dokter

Berenang saat menstruasi tetap bisa dilakukan, begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak mitos dan kesalahpahaman terkait siklus menstruasi, salah satunya adalah bahwa perempuan tidak boleh berenang saat menstruasi.

Faktanya, Anda bisa berenang saat menstruasi asalkan menggunakan produk kebersihan yang tepat.

Sherry Ross, MD, seorang dokter spesialis ob-gyn, menjelaskan bahwa berenang saat menstruasi sebenarnya aman.

"Anda boleh berenang saat menstruasi, selama Anda menggunakan produk kebersihan kewanitaan yang sesuai untuk mengumpulkan darah di dalam vagina," kata Ross.

Produk-produk tersebut termasuk tampon atau menstrual cup, karena menggunakan pembalut mungkin bukan pilihan terbaik.

Meskipun Anda mungkin lebih suka menggunakan pembalut saat menstruasi, pembalut tidak dimaksudkan untuk digunakan di dalam air. Pembalut hanya akan menyerap air di sekitar Anda, membuatnya tidak efektif dalam mengumpulkan darah menstruasi. 

Dilansir dari Popsugar pada Selasa, 25 Juni 2024, ada mitos lainnya yang menyatakan bahwa menstruasi akan berhenti saat berada di dalam air.

"Ini tidak benar. Darah menstruasi tidak berhenti ketika di dalam air, jadi Anda memerlukan produk menstruasi seperti menstrual cup atau tampon,"  kata Ross.

Menstrual cup adalah alternatif yang bagus. Menstrual cup adalah cangkir fleksibel yang ditempatkan di dalam vagina untuk menampung darah selama menstruasi.

Selain itu, tampon juga bisa membantu. Tampon biasanya terbuat dari bahan katun, rayon, atau kombinasi kedua serat tersebut.

Menurut WebMD, Anda bisa menggunakan tampon saat berenang. Meskipun tampon mungkin menyerap sedikit air, ini hanya akan membuatnya sedikit basah. Namun, pastikan untuk segera mengganti tampon setelah selesai berenang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Berenang Saat Haid Agar Tidak Bocor?

 

Selain menggunakan produk kebersihan yang tepat, ada beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan ketika berenang saat menstruasi agar tetap nyaman, bersih dan terhindar dari kebocoran.

Pertama, Ross menyarankan untuk menggunakan tampon atau menstrual cup yang bersih sebelum masuk ke dalam air.

Jika Anda memakai tampon, pastikan untuk menggantinya segera setelah keluar dari air. Ini karena meskipun tampon dapat bertahan selama empat hingga delapan jam sebelum perlu diganti, saat berenang, lapisan luar dan tali tampon mungkin akan menyerap air.

Kelembapan ekstra ini bisa menciptakan lingkungan yang memungkinkan jamur berkembang biak, sehingga meningkatkan risiko infeksi jamur.

"Ini juga alasan mengapa Anda tidak boleh duduk terlalu lama dengan pakaian renang yang lembap," tambah Ross.

Di sisi lain, menstrual cup dapat digunakan hingga 12 jam. Namun, jika Anda berencana berada di kolam renang atau pantai lebih lama dari itu, pastikan Anda membawa produk yang diperlukan untuk membersihkannya.

Ini bisa menjadi sulit, terutama jika Anda berada di pantai. Anda perlu berhati-hati agar tidak ada pasir yang masuk ke dalam cup saat menggantinya.

 

 

3 dari 3 halaman

Kesalahpahaman Tentang Berenang Saat Menstruasi

Ada beberapa kesalahpahaman tentang berenang saat menstruasi, berikut ini penjelasannya menurut WebMD.

Darah akan Bocor. Anda hanya perlu memakai tampon atau cangkir menstruasi untuk menampung alirannya, hindari memakai pembalut. Perenang kompetitif telah berpartisipasi dalam perlombaan besar selama periode mereka. ‌

Tidak aman. Banyak yang mengira jika berenang di laut saat menstruasi menyebabkan tidak aman karena hiu bisa mencium bau darah. Meskipun indera penciuman hiu sangat kuat, tidak ada bukti bahwa darah menstruasi meningkatkan risiko Anda diserang hiu.

Tidak higienis. Sebaiknya kenakan tampon atau menstrual cup saat berenang. Meskipun kemungkinan kebocoran kecil, kolam renang sudah diklorinasi dan menggunakan sistem filtrasi untuk menjaga kebersihan. ‌

Kram akan menjadi lebih buruk. Anda mungkin tidak ingin berenang jika mengalami kram menstruasi yang menyakitkan, tetapi olahraga sebenarnya dapat membantu meredakan nyeri menstruasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini