Sukses

Kerap Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Sakit Punggung

Terlihat remeh tapi kebiasaan-kebiasaan ini dapat berpotensi menyebabkan masalah serius jika dibiarkan tanpa perubahan.

Liputan6.com, Jakarta Sakit punggung adalah masalahyang sering kali disebabkan oleh kegiatan sehari-hari yang dianggap sepele.

Meskipun terlihat remeh, kebiasaan-kebiasaan ini dapat berpotensi menyebabkan masalah serius jika dibiarkan terus-menerus tanpa perubahan.

Nyeri punggung bisa bervariasi dari gangguan ringan hingga kondisi yang sangat mengganggu bahkan tak tertahankan.

Durasi nyeri punggung pun bervariasi, bisa berlangsung hanya sebentar atau bahkan menjadi masalah kronis yang memengaruhi kualitas hidup jangka panjang. Lamanya waktu ini tergantung pada penyebab spesifiknya dan pengobatan yang diberikan.

Berikut ini lima hal sepele yang bisa jadi penyebab sakit punggung, seperti dilansir dari SELF pada Kamis, 26 Juni 2024.

1. Terlalu Banyak Duduk

Sarav Shah, MD, FAAOS, kepala kedokteran olahraga ortopedi di Rumah Sakit Baptis New England, menjelaskan bahwa duduk dapat memberikan tekanan berlebih pada otot punggung, yang berpotensi menyebabkan rasa sakit.

"Menjaga postur yang sama sepanjang hari, baik dalam posisi statis atau condong ke depan, dapat menyebabkan cedera karena pengulangan yang terus-menerus," kata Rebecca Pudvah, PT, DPT, CSCS, seorang spesialis ortopedi di Athletico Physical Therapy, kepada SELF.

Rutinitas olahraga bisa membantu menguatkan bagian tengah tubuh untuk mencegah sakit punggung.

"Aktivitas fisik juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengontrol tingkat nyeri," katan Shah.

Jika harus duduk dalam waktu yang lama, disarankan untuk menjaga postur tubuh yang baik dengan meratakan bahu dan menjaga tulang belakang agar lurus, sehingga kepala berada dalam garis lurus langsung di atas pinggul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Posisi Tidur

Karen Westervelt, PT, PhD, seorang ahli terapi fisik dan profesor klinis di Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Vermont, menjelaskan bahwa mempertahankan postur tubuh yang ideal tidak hanya penting saat duduk atau berdiri, tetapi juga saat tidur.

Jika Anda tidur dengan posisi yang tidak menyelaraskan tulang belakang, otot punggung bisa tegang.

"Posisi tidur yang paling umum adalah posisi seperti janin. Posisi ini membuat tulang belakang berbentuk melengkung yang bisa membuat punggung Anda tegang," kata Westervelt.

Westervelt merekomendasikan untuk meletakkan bantal di antara lutut saat tidur mengiring untuk mencegah tubuh berputar. Sebaiknya menghindari tidur tengkurap.

Perlu diingat bahwa meskipun tidur tengkurap nyaman bagi sebagian orang, posisi ini dapat meningkatkan tekanan pada tulang belakang Anda, sehingga sebaiknya dihindari.

3 dari 5 halaman

3. Tidak Melakukan Pemanasan

Secara keseluruhan, olahraga adalah hal yang baik karena dapat membantu membuat otot lebih kuat dan lentur, sehingga berpotensi mencegah masalah punggung.

Namun jika Anda berolahraga tanpa pemanasan, Anda bisa melukai diri sendiri.

Ketika langsung melakukan suatu aktivitas olahraga tanpa pemanasan, Anda mungkin mengalami ketegangan atau robekan mikro," kata Westervelt.

Westervelt menambahkan jika kembali berolahraga terlalu cepat setelah cedera atau tidak banyak bergerak sebelumnya, juga dapat menimbulkan masalah.

Cobalah melakukan pemanasan dinamis selama 5 hingga 10 menit dengan gerakan meniru aktivitas apa pun yang akan Anda lakukan. Misalnya, berjalan dengan langkah berlebihan sebelum mulai jogging.

4 dari 5 halaman

4. Membungkuk dengan Posisi yang Salah

Mengangkat sesuatu dengan cara yang salah bisa menimbulkan masalah, termasuk membungkuk.

Gerakan membungkuk untuk mengambil sesuatu dari lantai dan kemudian dengan cepat memutar punggung ke samping saat bangkit, menyebabkan semua struktur punggung terbentang melebihi batas kemampuan mereka untuk menahan beban.

"Ini memberikan tekanan berlebih pada jaringan-jaringan tersebut, yang bisa menyebabkan kerusakan, peradangan, dan nyeri," ungkap Westervelt.

Berikut adalah cara aman mengangkat barang: Pastikan tubuh Anda tetap lurus dan tekuklah lutut untuk jongkok (jangan membungkuk saat meraih).

Hindari memutar tubuh untuk memindahkan diri ke arah yang Anda tuju, lebih baik gunakan kaki.

5 dari 5 halaman

5. Stres

Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, tetapi juga bisa menjadi faktor penyebab rasa sakit.

"Itu karena, saat merasa tegang, tubuh berada dalam kondisi kepekaan yang meningkat dan dapat membuat semua jenis rasa sakit terasa lebih parah," kata Pudvah.

Ditambah lagi, saat mengalami kecemasan, Anda mungkin kurang tidur, yang secara tidak langsung dapat menyebabkan masalah karena alasan yang sama tambah Pudvah.

"Jika Anda merasa stres menyebabkan sakit punggung, cobalah untuk menemukan cara yang membantu Anda menghilangkan stres, baik saat bermeditasi, berolahraga, atau mencari udara segar,” saran Pudvah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini