Sukses

Teknik Pemijatan Kulit Kepala untuk Mendorong Pertumbuhan Rambut, Sederhana dan Mudah Dilakukan!

Teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang yang mengalami masalah kebotakan atau penipisan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang yang mengalami masalah kebotakan atau penipisan rambut. Pasalnya, teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, pijat kulit kepala juga dipercaya meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut, membawa lebih banyak nutrisi ke folikel rambut, dan mengoptimalkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. 

Selain memberikan manfaat fisik langsung seperti peningkatan aliran darah ke folikel rambut, pijat kulit kepala dapat memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres. Hal itu penting karena stres yang berlebihan dapat menjadi faktor penyebab utama dari masalah penipisan rambut.

Fyi, pijat kulit kepala mirip dengan pijat yang biasa dilakukan di leher, punggung, atau tubuh. Namun, pijat kulit kepala biasanya dilakukan dengan sedikit lebih lembut dan dilakukan tanpa minyak.

Pijat kulit kepala biasanya juga hanya menggunakan ujung jari. Ada juga pilihan untuk menggunakan alat pijat kulit kepala yang berfungsi meniru tekanan ujung jari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian Membuktikan

Dilansir dari Healthline, penelitian yang dilakukan pada 2016 membuktikan, pijat kulit kepala secara teratur dapat membuat rambut lebih tebal. Penelitian itu melibatkan sembilan pria yang menerima pijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari selama 24 minggu. Di akhir penelitian, ditemukan bahwa para pria tersebut memiliki rambut yang lebih tebal dibandingkan saat awal.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 juga membuktikan bahwa melakukan pijat kulit kepala dua kali sehari untuk mengatasi kerontokan rambut. Dari 340 peserta, sekitar 69% melaporkan bahwa alopecia mereka telah membaik.

Manfaat pijat kulit kepala untuk pertumbuhan rambut berpusat pada folikel rambut. Setiap rambut di kepala memulai hidupnya di dalam folikel, yang terletak tepat di bawah kulit di kulit kepala. Teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut dapat meningkatkan ketebalan rambut dengan meregangkan sel-sel folikel rambut.

Hal itu, pada gilirannya dapat merangsang folikel untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal. Diperkirakan juga bahwa pijat kulit kepala dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit, sehingga mendorong pertumbuhan rambut.

Berdasarkan dua penelitian yang dilakukan tersebut, menunjukkan beberapa korelasi yang kuat dari pijat kulit kepala dan pertumbuhan rambut.

3 dari 4 halaman

Teknik Pemijatan Kulit Kepala untuk Mendorong Pertumbuhan Rambut

Terdapat beberapa teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Pijat Kulit Kepala Tradisional

Pijat kulit kepala tradisional hanya menggunakan ujung jari.

  1. Gunakan ujung jari kedua tangan untuk memberikan tekanan ringan hingga sedang pada kulit kepala, dengan gerakan memutar kecil.
  2. Lakukan pijatan pada seluruh kulit kepala hingga menutupi seluruh area.
  3. Coba pijat kulit kepala menggunakan ujung jari Anda setidaknya selama 5 menit, beberapa kali sehari.

Kamu juga bisa mendapatkan pijat kulit kepala dari terapis pijat berlisensi. Biayanya akan bervariasi tergantung pada lamanya pijat.

2. Pijat Sambil Mencuci Rambut

Jika tidak punya banyak waktu, kamu dapat menggunakan metode pemijatan kulit kepala tradisional yang dijelaskan di atas saat mencuci rambut. Dengan menggunakan ujung jari kamu bisa pijat rambut dengan sampo atau kondisioner secara lembut selama 5 menit. Kemudian bilas rambut seperti biasa.

3. Sikat dan Alat Pijat

Seperti halnya pijat tubuh, ada juga alat khusus yang dapat dibeli untuk memijat kulit kepala. Meskipun beberapa dokter kulit menyarankan untuk menggunakan pemijat kulit kepala, yang lain percaya bahwa pijatan dengan ujung jari sama efektifnya.

Alat pemijat kulit kepala tersedia dalam bentuk sikat atau pemijat karet genggam yang ringan. Kamu dapat memijatnya di seluruh kulit kepala dengan cara yang sama seperti menggunakan jari.

4. Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Esensial

Teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut lainnya adalah dengan menggunakan minyak esensial. Pasalnya, minyak esensial dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Campurkan 1 hingga 2 tetes minyak lavender atau peppermint dengan 1 sendok makan minyak pembawa seperti minyak jojoba atau minyak kelapa cair. Oleskan langsung ke kulit kepala, lalu gunakan ujung jari atau pemijat kulit kepala untuk memijat minyak dengan lembut ke kulit kepala.

Sebelum mengoleskan minyak esensial apa pun ke kulit kepala, pastikan untuk melakukan uji tempel pada area kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak alergi.

 

4 dari 4 halaman

Tips Lainnya Menumbuhkan Rambut

Selain teknik pemijatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut, ada cara lain yang terbukti dapat membantu rambut tumbuh.

  1. Hindari keramas dan menyisir rambut secara berlebihan. Batasi pula penggunaan perawatan kimia, pewarna, dan alat penata rambut yang dipanaskan. Semua itu dapat melemahkan kutikula rambut dan menyebabkan rambut patah.
  2. Bicaralah dengan dokter tentang pengujian kekurangan gizi. Rendahnya kadar seng, zat besi, dan biotin dapat menyebabkan rambut rontok.
  3. Pertimbangkan mencoba minoksidil untuk mengatasi kerontokan rambut turunan di bagian belakang kepala. Obat yang dijual bebas ini, tersedia dalam bentuk cairan atau busa, tidak ditujukan untuk mengatasi garis rambut yang surut atau kerontokan rambut di bagian depan kulit kepala.
  4. Tanyakan kepada dokter tentang obat resep untuk mengatasi kerontokan rambut. Obat-obatan ini termasuk finasteride (Propecia) untuk pria dan spironolactone untuk wanita.
  5. Tanyakan kepada dokter kulit tentang perawatan pertumbuhan rambut profesional. Pilihannya meliputi terapi laser, transplantasi rambut, dan suntikan kortikosteroid.
  6. Beri tahu dokter tentang kerontokan rambut. Jika rambut rontok lebih banyak dari biasanya, hal ini bisa jadi merupakan gejala dari kondisi yang mendasarinya, seperti hipotiroidisme.

Meskipun penelitian terbatas, bukti ilmiah hingga saat ini menunjukkan bahwa meskipun pijat kulit kepala tidak dapat menyembuhkan rambut rontok, pijat kulit kepala cukup menjanjikan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kamu dapat memijat kulit kepala sendiri menggunakan ujung jari atau menggunakan alat pemijat kulit kepala. Kamu juga bisa mendapatkan pijat kulit kepala dari terapis pijat yang terlatih.

Jika rambut rontok bertambah parah atau jika melihat gejala lain bersamaan dengan rambut rontok, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini