Sukses

Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Kesehatan Rambut, Utamanya dari Paparan Polusi!

Faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut terdiri dari beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta Faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut terdiri dari beberapa hal. Faktor-faktor itu pun sangat mempengaruhi kondisi kesehatan rambut seseorang secara signifikan.

Faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut merupakan dampak dari perubahan gaya hidup manusia dari waktu ke waktu. Salah satu faktor yang tak bisa lepas begi kesehatan rambut adalah polusi.

Polusi yang disebabkan oleh berbagai faktor di lingkungan, khususnya perkotaan telah memberikan dampak yang sangat besar pada kesehatan seseorang, di antaranya kesehatan rambut dan kulit kepala.

Polusi menjadi salah satu faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut karena terdiri dari berbagai zat kimia berbahaya seperti partikulat matter (PM), nitrogen dioksida (NO2), dan senyawa organik volatil (VOCs). Berbagai zat itu pun dapat menembus kulit kepala dan mengganggu keseimbangan alami serta struktur rambut.

Partikel-partikel ini tidak hanya menyebabkan iritasi kulit kepala, tetapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut yang lebih cepat dan peningkatan risiko masalah kulit kepala seperti ketombe dan dermatitis.

Selain polusi, terdapat beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut lainnya yang perlu kamu ketahui, apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Kesehatan Rambut

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut lainnya. Untuk itu, kamu harus pahami secara mendalam, ya!

1. Polusi Udara

Daerah perkotaan biasanya tercemar oleh polusi udara tingkat tinggi dan dampaknya terhadap rambut seringkali tidak terlihat. Polutan berbahaya yang ada di udara menempel di kulit kepala dan menyebabkan ketombe, gatal, dan folikel rambut melemah.

Polutan itu pun dapat menghilangkan minyak alami rambut yang membuatnya kering dan lebih rentan patah serta menyebabkan rambut rontok dan masalah ketombe.

2. Polusi Air

Selain polusi udara, polusi air juga berperan dalam kesehatan rambut. Air yang mengandung mineral dan kontaminan dapat membuat rambut mudah patah dan rusak. Bahan kimia keras yang ada dalam air juga dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi rambut, sehingga rambut rentan patah.

3. Kekurangan Protein

Gaya hidup perkotaan menyebabkan ketidakseimbangan pola makab yang berdampak pada asupan protein. Sayuran yang tersedia di kota mengandung lebih sedikit vitamin dan nutrisi.

Kekurangan protein memengaruhi kekuatan dan pertumbuhan rambut, sehingga sangat penting untuk mengatasi kesenjangan nutrisi guna menjaga kesehatan rambut.

3 dari 4 halaman

Dampak Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Kesehatan Rambut

Faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut pun memunculkan beberapa dampak yang tak bisa dielakkan, kecuali melakukan perawatan rambut secara holistik. Lalu, apa saja dampak dari hal tersebut?

1. Meningkatnya Rambut Rontok

Keberadaan polutan di udara dapat melemahkan helaian rambut dan menyebabkan rambut rontok lebih banyak. Partikel polutan dari udara menempel di kulit kepala, menyumbat pori-pori, dan menghambat siklus pertumbuhan alami rambut. Hal ini menyebabkan rambut rontok lebih banyak.

2. Rambut Makin Tipis

Polusi, terutama polusi udara cukup berkontribusi terhadap produksi radikal kimia bebas yang dapat merusak helaian rambut dari dalam. Seiring waktu, kerusakan ini terakumulasi, yang menyebabkan rambut menipis. Rambut yang menipis lebih rentan patah, mengurangi volume dan kepadatannya secara keseluruhan.

3. Rambut Jadi Kering dan Rapuh

Baik polusi udara maupun air dapat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga rambut menjadi kering dan rapuh. Air yang terkontaminasi dapat menyebabkan endapan mineral menumpuk di kulit kepala, sehingga rambut lebih rentan patah.

Rambut kering dan rapuh tidak hanya rentan rusak, tetapi juga tidak berkilau dan tebal seperti rambut sehat.

4. Masalah Kulit Kepala

Polutan yang ada di udara dan air berkontribusi terhadap berbagai masalah kulit kepala. Iritasi, gatal, dan ketombe adalah akibat umum dari paparan polutan lingkungan. Gangguan ini tidak hanya memengaruhi kesehatan kulit kepala tetapi juga membahayakan kondisi yang diperlukan untuk pertumbuhan atau kesehatan rambut.

5. Struktur Rambut Melemah

Kekurangan protein memperburuk dampak faktor lingkungan dan menyebabkan struktur rambut menjadi lemah. Protein seperti keratin sangat penting bagi manusia untuk menjaga kekuatan dan integritas rambut. Jika protein ini tidak ada, rambut menjadi lebih rentan terhadap kerusakan, patah, dan bercabang.

4 dari 4 halaman

Langkah Pencegahan

Dengan beberapa dampak yang diciptakan dari faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut, kamu pun perlu melakukan langkah pencegahan jitu agar kondisi rambut tetap sehat. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Gunakan Masker Rambut

Masker rambut yang mengandung vitamin E dan shea butter dapat melindungi rambut dari oksidator dan faktor lingkungan yang merusak rambut. Masker rambut itu juga dapat meningkatkan hidrasi dan kelembapan pada rambut kering dan rusak

2. Gunakan Keratin

Keratin memiliki peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan akibat faktor lingkungan dan perawatan kimiawi. Produk yang mengandung keratin dapat membantu memperbaiki kondisi rambut rusak dan melindungi rambut dari efek buruk lingkungan.

3. Atur Perawatan Rambut

Perawatan rambut yang terdiri dari sampo, kondisioner, dan masker rambut dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Segala macam bentuk perawatan rambut ini dapat membersihkan rambut, melembapkan rambut, dan mengatasi masalah kulit kepala.

4. Hair Spray

Hair spray yang digunakan untuk menata rambut dapat membantu melindungi rambut dari cuaca keras dan polusi udara. Hair spray juga dapat membantu menjaga volume rambut dan mengatasi rambut kering.

5. Serum

Serum yang mengandung Cure Anti-Chute dapat mencegah kerontokan rambut dan melindungi rambut dari oksidasi yang disebabkan oleh polutan. Serum seperti itu juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mengatasi rambut rontok.

Dengan menggunakan produk-produk yang sesuai dan melakukan perawatan rambut secara teratur, kamu pun dapat menjaga kesehatan rambut dan melindungi rambut dari faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan rambut.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini