Sukses

Ragam Campuran Air Putih Mulai dari Irisan Buah hingga Daun Mint, Jadi Lebih Segar dan Ada Rasa

Membuat air putih lebih segar dan menarik dengan campuran alami. Mulai dari irisan buah hingga daun mint.

Liputan6.com, Jakarta Air putih adalah minuman sehat dan penting untuk tubuh kita. Namun, bagi sebagian orang, rasa air putih yang tawar bisa terasa membosankan. Untuk itu, menambahkan berbagai bahan alami ke dalam air putih bisa menjadi solusi yang menyegarkan.

Berikut ini beberapa ide campuran yang dapat membuat air putih Anda lebih menarik dan tetap sehat dikutip dari berbagai sumber.

1. Potongan Buah

Buah-buahan segar seperti lemon, jeruk, stroberi, dan mentimun dapat memberikan rasa yang segar pada air putih. Lalu, ada sedikit rasa manis alami yang membuat minum air putih jadi menyegarkan seperti mengutip Mayo Clinic.

Caranya pun mudah, potong buah-buahan yang Anda suka entah itu stroberi atau mentimun menjadi irisan tipis. Kemudian masukkan ke dalam air.

Biarkan selama beberapa jam di dalam lemari es agar rasa buah meresap sempurna.

2.  Daun Mint

Aneka dedaunan wangi seperti daun mint, basil, dan rosemary tidak hanya menambahkan aroma yang menyegarkan tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Daun mint misalnya memiliki senyawa mentol.

Selain mentol, manfaat daun mint untuk kesehatan juga berasal dari sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, serat, kalori, dan berbagai macam vitamin lainnya. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan daun mint sedap dihirup dan dikonsumsi.

Sementara itu, daun basil yang kerap disangka daun kemangi padahal bukan juga kaya antioksidan. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, basil memiliki khasiat yang dapat membantu melindungi kulit dari beberapa efek penuaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kombinasi Buah dan Herbal

Cobalah kombinasi buah dan herbal untuk rasa yang lebih kompleks dan menyegarkan. Misalnya, lemon dan mint, atau stroberi dan basil seperti mengutip laman Harvard.

Kombinasi ini tidak hanya memperkaya rasa tetapi juga menambah manfaat kesehatan dari kedua bahan tersebut.

3 dari 4 halaman

4. Tambah Potongan Lidah Buaya

Menambahkan potongan aloe vera alias lidah buaya juga  bisa memberikan rasa yang eksotis pada air putih. 

Belum lagi ada tambahan manfaat dari kandungan aloe vera seperti asam amino, asam fenolik, flavonoid, dan polisakarida.

Asam amino adalah komponen dasar pembentuk protein yang memiliki beragam fungsi penting, termasuk membantu dalam proses perbaikan jaringan tubuh dan menyediakan energi bagi tubuh. Lalu, asam fenolik adalah antioksidan alami yang membantu mengurangi risiko stres oksidatif dalam tubuh. 

Dengan berbagai ide campuran ini, Anda tidak hanya dapat menikmati air putih yang lebih segar dan menarik, tetapi juga mendapatkan berbagai manfaat kesehatan tambahan dari bahan-bahan alami tersebut. Selamat mencoba dan tetap sehat!

4 dari 4 halaman

Kebutuhan Air Minum Tiap Hari Berapa?

Kebutuhan air putih tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter seperti mengutip laman Kemenkes RI.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang direkomendasikan untuk masyarakat Indonesia yaitu:

·         1.900 ml untuk anak-anak usia 7 sampai 9 tahun, dan

·         1.800 ml untuk anak-anak dari 10 sampai 12 tahun.

Sedangkan rekomendasi AI dari US Institute of Medicine (IOM) untuk air adalah:

·         1.700 ml/hari untuk anak-anak dalam kelompok usia 4-8 tahun

·         2.100 ml/hari untuk anak perempuan dan 2.400 ml/d untuk anak-anak. pada kelompok usia 9-13 tahun

 

Hasil penelitian di Amerika menunjukkan bahwa konsumsi air putih yang dianjurkan kepada kelompok wanita usia 25-42 tahun sebesar >2 liter per hari (Aprillia & Khomsan, 2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini