Sukses

7 Tips agar Lebih Rutin Berolahraga, Termasuk Jangan Ngoyo di Awal

Ingin memulai berolahraga tapi rasanya malas, berikut tujuh tips agar konsisten berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Konsistensi dalam berolahraga sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang. Padahal, aktivitas fisik yang teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. 

World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk berolahraga 150 menit per pekan atau sekitar 30 menit per hari demi kesehatan. Nah untuk mencapai hal itu berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi lebih rajin berolahraga.

 1. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai adalah langkah pertama untuk membangun kebiasaan olahraga yang konsisten. Mulailah dengan tujuan kecil, seperti berjalan kaki 30 menit sehari. Jika hal tersebut sudah konsisten berjalan sebulan bisa ditingkatkan misalnya menjadi 20 menit berlari dan 10 menit berjalan atau 40 menit berjalan kaki.  

2. Pilih Olahraga yang Dinikmati

Sudah tahu jenis olahraga yang disukai? Tidak harus jalan kaki, jika Anda suka berenang bisa rutin melakukan hal tersebu. Bisa juga mengombinasikan olahraga misal jalan kaki untuk hari ini, lalu besok berenang. 

3. Jadwalkan Waktu Olahraga

Merencanakan waktu khusus untuk berolahraga dalam jadwal harian Anda dapat membantu membangun kebiasaan. Perlakukan waktu olahraga seperti janji penting lainnya. 

4. Mulai dengan Olahraga Ringan

Bila sebelumnya tidak aktif secara fisik, jangan langsung melakukan olahraga berat. Mulailah dengan olahraga ringan selama 10-5 menit. Tingkatkan durasinya seiring waktu, ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Cari Teman Berolahraga

Berolahraga bersama teman, pasangan atau kelompok dapat meningkatkan motivasi dan membuat aktivitas lebih menyenangkan. Memiliki teman berolahraga dapat memberikan dukungan emosional dan dorongan ekstra untuk tetap konsisten.

6. Gunakan Teknologi untuk Bikin Lebih Terpacu

Aplikasi kebugaran dan perangkat pelacak aktivitas dapat membantu Anda memantau kemajuan dan tetap termotivasi. Teknologi dapat menjadi alat untuk melacak pencapaian. Bila belum tercapai biasanya akan lebih bersemangat untuk mencapai target.

3 dari 3 halaman

7. Berikan Reward pada Diri Sendiri

Memberikan hadiah pada diri sendiri setelah mencapai tujuan tertentu dapat menjadi motivasi yang kuat. Hadiah kecil, seperti membeli pakaian olahraga baru atau menikmati hari istirahat dapat memberikan manfaat tambahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.