Sukses

Pj Bupati Bekasi Gencar Kenalkan Wisata Industri, Tur dari Pabrik ke Pabrik

Ada ribuan pabrik di Kabupaten Bekasi hal itersebut mendorong wilayah ini menggencarkan wisata industri yakni tur pabrik yang ada di sana.

Liputan6.com, Cikarang Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan bahwa ada ribuan pabrik yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Mulai dari pabrik kendaraan bermotor, es krim dan terbaru pabrik susu Frisian Flag Indonesia seluas 25 hektar secara resmi beroperasi di wilayah tersebut.

Mengingat ada banyak pabrik maka menjadi peluang bagi Kabupaten Bekasi mengenalkan wisata industri. Apa itu? Wisata industri adalah wisata mengunjungi pabrik untuk melihat proses produksi dan apa saja yang ada di pabrik tersebut.

Wisata industri di Kabupaten Bekasi menyasar  anak usia sekolah dan mahasiswa serta nantinya masyarakat umum untuk bisa mengunjungi sekaligus belajar di pabrik-pabrik yang ada di sana.

"Kami minim destinasi wisata alam tapi punya ribuan pabrik ini sehingga banyak orang bisa melakukan wisata industri di Kabupaten Bekasi," kata Dani Ramdan saat acara peresmian pabrik Frisian Flag Indonesia pada 2 Juli 2024.

Peminat Wisata Industri Tinggi

Saat ini peminat wisata industri di Kabupate Bekasi pun tinggi. Ada puluhan hingga ratusan orang antre untuk bisa mengunjungi pabrik di sana. Peminatnya pun tidak hanya dari Kabupaten Bekasi, tapi dari daerah lain di Jawa Barat, Jawa Tengah bahkan Sumatera.

"Mereka berwisata industri, melihat pabrik mobil, pabrik roti, pabrik es cream, nah kalau sekarang ditambah pabrik susu (Frisian Flag Indonesia) ini pasti tambah beragam," ungkap Dani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Frisian Flag Indonesia Cikarang Siap Jadi Destinasi Industri

Usai mendengar informasi soal wisata industri yang ada di Kabupaten Bekasi, PT Frisian Flag Indonesia pun menyatakan siap menjadi destinasi wisata tersebut.

"Satu hal yang membahagikan adalah pabrik PT Frisian Flag Cikarang siap menjadi destinasi wisata industri," kata Deni Ramdan sembari tersenyum dan tepuk tangan.

Menurutnya, ketika sebuah perusahaan menjadi destinasi wisata maka akan memberi manfaat positif. Salah satunya terkait dengan brand image perusahan tersebut kepada pengunjung. Kemudian, sesudah kembali sampai rumah pengunjung masih ingat soal kunjungan ke pabrik dan punya potensi membeli produk dari perusahaan yang dikunjungi.

3 dari 4 halaman

Pabrik Baru PT Frisian Flag Indonesia di Cikarang, Produksi 400 Ribu Kg Susu

Perusahaan susu multinasional PT Frisian Flag Indonesia di bawah FrieslandCampina meresmikan pabrik ketiga yang ada di Indonesia pada 2 Juli 2024.

Berdiri di atas lahan 25,4 hektar, fasilitas produksi Frisian Flag terbesar, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia.

"Pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang menggarisbawahi dedikasi kami untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia. Sebagai investasi produksi global terbesar kami hingga saat ini, fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara,” kata Jan Derck van Karnebeek, dalam peresmian Pabrik Frisian Flag di Cikarang.

Pabrik susu Frisian Flag di Cikarang ini akan memproduksi 400.000 kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahunnya.

Jan Derck menyebut pabrik ini memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahunnya.Lebih lanjut, diresmikannya pabrik susu baru Frisian Flag di Cikarang ini merupakan wujud komitmen FrieslandCampina dalam berinvestasi di Indonesia. Di mana nila investasi pabrik tersebut sebesar €257 juta (Rp3,8 triliun).

4 dari 4 halaman

Pabrik Frisian Flag Indonesia Cikarang Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan

Hal menarik dari pabrik Frisian Flag Indonesia Cikarang adalah soal penggunaa teknologi ramah lingkungan yang modern. Dengan melakukan pengurangan konsumsi energi dan mengadopsi sumber daya terbarukan.

Teknologi ramah lingkungan yang diterapkan dalam pabrik Frisian Flag di Cikarang adalah lewat:

1. Boiler biomassa untuk pembangkit listrik tenaga uap.

2. Fasilitas daur ulang air limbah untuk pengelolaan air.

3. Sistem atap panel surya.

"Ini adalah langkah besar kami secara global untuk mencapai target bebas karbon pada 2050," kata Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel dalam wawancara bersama Liputan6.com usai peresmian pabrik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.