Sukses

Terbangun Tengah Malam dengan Kondisi Lapar, Ini 8 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Terbangun tengah malam dan ingin ngemil? Simak rekomendasi camilan sehat yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga membantu tidur nyenyak tanpa menambah berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Niat hati ingin tidur nyenyak sampai pagi tapi tubuh terbangun tengah malam karena lapar. Namun, makan tengah malam bisa jadi hal yang menyeramkan bagi yang diet karena khawatir bikin berat badan naik.

Bila Anda tidak makan biasanya malah sulit tidur dan terus terbayang makan. Maka solusi untuk hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah lemak, gula, dan energi.

Pilihlah camilan yang kaya akan nutrisi dan dapat membantu mengatur berat badan serta meningkatkan kualitas tidur.

Dengan memilih camilan sehat dan tepat, Anda dapat tidur lebih nyenyak dan mengatur berat badan dengan lebih efektif. 

Berikut beberapa pilihan camilan sehat yang dapat Anda coba mengutip dari berbagai sumber:

1. Pisang dan Selai Kacang

Pisang kaya akan serotonin yang dapat diubah menjadi melatonin, membantu tidur lebih nyenyak. Selai kacang juga mengandung magnesium yang membantu tidur lebih nyenyak.

2. Oatmeal Hangat

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu mengenyangkan dan meningkatkan kualitas tidur. Cara masaknya juga mudah dan cepat sehingga tak butuh waktu lama untuk bisa mengolahnya.

3. Yogurt dan Buah

Yogurt mengandung protein yang dapat membantu mengenyangkan dan meningkatkan sintesis protein saat tidur. Buah seperti apel juga kaya akan melatonin yang membantu mengatur siklus tidur.

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberi, dan raspberi mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yoghurt

Greek yogurt mengandung protein tinggi dan rendah lemak yang dapat membantu mengenyangkan dan membakar lemak dalam tubuh.

6. Kacang Almond

Kacang almond mengandung magnesium yang membantu tidur lebih nyenyak dan mengenyangkan.

7. Tomat

Tomat membantu mengenyangkan dan meningkatkan kualitas tidur.

8. Oatmeal dengan Buah

Oatmeal dengan buah seperti pisang atau stroberi dapat membantu mengenyangkan dan meningkatkan kualitas tidur.

 

3 dari 3 halaman

Jika Sering Terbangun Tengah Malam

Jika Anda kerap terbangun tengah malam entah karena alasan lapar atau hal lain coba cari tahu hal lain yang mendasarinya. Jika sudah tahu maka bisa mencari solusi yang tepat. 

Lalu, nerikut beberapa langkah yang bisa Anda coba:

  • Perubahan Gaya Hidup: Mengatur pola makan dapat membantu mengurangi gangguan tidur.
  • Manajemen Stres: Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.
  • Rutin Tidur yang Konsisten: Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk membantu tubuh Anda memiliki ritme tidur yang baik.

Dengan memahami penyebab dan mengambil langkah-langkah yang tepat, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan menjaga kesehatan serta kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini