Sukses

Cegah Keparahan dengan Deteksi Dini, Fatty Liver Apa Bisa Sembuh?

Fatty liver apa bisa sembuh menjadi pertanyaan yang paling banyak dicari di Google. Dengan melakukan deteksi dini, perlemakan hati dapat dicegah.

Liputan6.com, Jakarta - Alia Hospital Depok baru saja meluncurkan layanan USG Liver Scan yang dilengkapi dengan teknologi canggih Ultrasound Derived Fat Fraction (UDFF) dari USG Sequoia. Layanan ini dirancang untuk mendeteksi dini penyakit fatty liver atau perlemakan hati.

Direktur Alia Hospital Depok, dr Dwi Satrio, menekankan pentingnya alat ini dalam mendeteksi dini perlemakan hati, yang sering kali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal,"Masyarakat banyak yang tidak mengetahui bahwa mereka mengalami perlemakan hati karena pada kondisi awal sering tidak bergejala."

"Ketika perlemakan hati diketahui lebih awal, dokter dapat melakukan intervensi untuk mencegah penyakit itu berkembang menjadi fibrosis, sirosis hepatis, atau bahkan gagal hati," ujar Satrio seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 7 Juli 2023.

Cara Cek Fatty Liver

Dwi menjelaskan bahwa deteksi dini memungkinkan penanganan yang lebih efektif dan tepat sasaran. Intervensi bisa dimulai dengan perubahan pola hidup pasien hingga pemberian obat.

"Dengan teknologi USG Sequoia UDFF yang mutakhir, kami dapat memberikan diagnosa yang lebih akurat dan cepat, sehingga intervensi dapat segera dilakukan dengan cepat dan tepat," katanya.

 

2 dari 2 halaman

Alat untuk Mendeteksi Sejumlah Penyakit Hati pada Obesitas

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastro Entero Hepatologi, dr Mario Budi P Tambunan menyatakan bahwa layanan ini juga dapat mendeteksi sejumlah penyakit hati pada pasien obesitas hingga orang yang kecanduan alkohol.

"Dengan alat ultrasound yang mutakhir ini, kita dapat mendeteksi penyakit yang disebabkan oleh infeksi seperti virus, obesitas, autoimun, atau alkoholik sedini mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih serius bahkan kematian," katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa alat ultrasound elastografi ini bukan untuk menyembuhkan, melainkan untuk mendeteksi kelainan di bagian hati dan limpa sedini mungkin,"Sehingga pasien tidak perlu khawatir akan penyakit yang menimpanya."

Komisaris Utama Alia Hospital Group, dr Diana Abbas Thalib, menegaskan komitmen rumah sakit untuk terus berinovasi dan menyediakan fasilitas serta layanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

"Dengan adanya USG Liver Scan ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan memberikan layanan kesehatan yang lebih baik," katanya.

Video Terkini