Sukses

Jelajahi Dunia Keajaiban, Dukung Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil di Explore Wonderland

Berangkat dari kepedulian terhadap tumbuh kembang anak-anak Indonesia, Tempo Scan menggelar kegiatan "Explore Wonderland" yang diselenggarakan selama 3 hari, mulai 12-14 Juli 2024 di Summarecon Mal Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Selain nutrisi dan stimulasi, pola pengasuhan pun ikut memengaruhi tumbuh kembang anak sejak dini. Pola pengasuhan yang baik akan mendukung tumbuh kembang secara optimal.

Hanya saja, masih banyak anak di Indonesia yang belum mendapat pola pengasuhan yang tepat, salah satunya terkait penggunaan gawai atau gadget secara berlebihan. Data KPAI menunjukkan, anak-anak menghabiskan rata-rata 6 jam per hari menonton video, bermain gim dan media sosial melalui gadget.

Managing Director Brand Investment & Consumer Engagenment CCHC, Tempo Scan Group Winny Yunitawati menegaskan, orangtua berperan penting dalam pola pengasuhan anak.

"Orangtua memiliki peranan penting dalam pola pengasuhan anak mulai dari memberi asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, memberikan perawatan terbaik, serta stimulasi yang optimal termasuk pemanfaatan teknologi atau gadget secara bijak, terutama selama periode emas pertumbuhan anak karena hal tersebut memiliki dampak jangka panjang yang signifikan untuk membangun fondasi yang kuat bagi perkembangan mereka di fase selanjutnya," tutur Winny di Bekasi, Jumat, 12 Juli 2024.

Berangkat dari kepedulian terhadap tumbuh kembang anak-anak Indonesia, Tempo Scan menggelar kegiatan "Explore Wonderland" yang diselenggarakan selama 3 hari, mulai 12-14 Juli 2024 di Summarecon Mal Bekasi. Winny menjelaskan, “Explore Wonderland" yang mengusung tema "Jelajahi 3 Dunia Penuh dengan Keajaiban", adalah tempat ideal bagi orang tua untuk mengeksplorasi cara terbaik dalam mendukung perkembangan anak-anak. 

Acara ini menawarkan berbagai wahana permainan yang dapat mengembangkan kreativitas anak dan memperkenalkan mereka pada dunia imajinasi yang unik dan menarik. Anak-anak dapat menikmati pengalaman seru di Jungle Land, Ice Land, dan Under the Sea, yang dirancang untuk membantu mengembangkan kecerdasan spasial, meningkatkan kemampuan sosial, dan kerja sama dalam memecahkan masalah, mendukung anak cerdas serba bisa.

“Hal ini sejalan dengan visi misi Tempo Scan Group yang selalu berinovasi tanpa batas untuk menghadirkan produk unggulan yang dapat selalu mendukung tumbuh kembang anak Indonesia agar kelak dapat menjadi generasi unggul yang cerdas, kreatif, adaptif, dan serba bisa,” ucap Winny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gadget Bisa Dukung Perkembangan Anak, Asal...

 

Pada sesi pembukaan acara, beberapa pembicara membahas pentingnya perkembangan anak melalui nutrisi dan stimulasi yang seimbang. Psikolog anak, Irma Gustiana Andriani, S.Psi, M.Psi, dalam sesi talkshow "Raising Future Ready Kids" menekankan bahwa penggunaan gadget dapat memberikan peran positif pada tumbuh kembang anak jika digunakan secara tepat. Namun, penting juga menyeimbangkan hal ini dengan memberikan ruang eksplorasi dan permainan belajar secara langsung.

“Bermain secara langsung membuat anak-anak lebih mudah mengintegrasikan semua indera mereka yang mendukung tumbuh kembang optimal, mulai dari kemampuan sensorik, motorik hingga emosional mereka,” kata Irma.

Selebriti seperti Asmirandah, Zaskia Sungkar, dan Nagita Slavina juga berbagi pengalaman dalam memastikan tumbuh kembang anak-anak mereka. Asmirandah, misalnya, agar anak tidak tergantung pada gadget, selalu memberikan pengawasan yang diimbangi dengan kebebasan untuk bereksplorasi secara langsung untuk mengoptimalkan pertumbuhan sensorik dan motoriknya, termasuk kemampuannya dalam mengelola emosi untuk menjadi Future Ready Kids.

 

3 dari 4 halaman

Pentingnya Stimulasi bagi Tumbuh Kembang Anak

Moms yang hadir juga dibekali pengetahuan pentingnya mendukung tumbuh kembang anak secara optimal pada periode emas mereka. Zaskia Sungkar juga memprioritaskan perhatian terhadap tumbuh kembang putranya, Ukkasya, yang kini berusia 3 tahun. Menurutnya, Explore Wonderland sangat membantu orang tua untuk kembali memperhatikan pentingnya asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Selaras dengan Zaskia, dr. Melia Yunita, MSc, SpA, menjelaskan bahwa, “Pentingnya peran orangtua dalam memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan anak mereka, termasuk memilih asupan nutrisi yang tepat dan stimulasi untuk mendukung perkembangan kognitif dan emosional anak,” dalam topik The Golden Age Period of Child Growth Determines a Child’s Future.

 

4 dari 4 halaman

Asupan Nutrisi Tepat dan Kesehatan Pencernaan Pengaruhi Perkembangan Si Kecil

Dalam sesi talkshow terakhir bersama bintang tamu Nagita Slavina, ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D menekankan pentingnya asupan nutrisi yang tepat dan kesehatan pencernaan anak sebagai fondasi dalam tumbuh kembang mereka.

“Mengkonsumsi susu tinggi FOS Inulin dapat menjadi pilihan terbaik bagi orang tua untuk memastikan sistem pencernaan si kecil sehat. FOS Inulin berperan sebagai prebiotik yang efektif meningkatkan jumlah probiotik yang bermanfaat sekali. Jika jumlah bakteri baik di sistem pencernaan banyak, mereka bisa melawan patogen penyebab penyakit,” jelas Esti.

Melalui acara Explore Wonderland, Tempo Scan Group tidak hanya menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain dan belajar tetapi juga mendukung peranan orangtua dalam memberikan nutrisi dan stimulasi yang optimal bagi perkembangan anak-anak mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.