Sukses

DED 2024, Revolusi Data Science dan Teknologi AI di Industri Kesehatan

Data Enthusiast Day 2024: Teknologi AI dan Data Science Tingkatkan Efisiensi Layanan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Data Enthusiast Day (DED) 2024 kembali hadir dengan tema 'Healthy and Safe Innovation in Industry', menyoroti pentingnya inovasi beretika dalam pengambilan keputusan berbasis data dan kecerdasan buatan (AI) yang sehat dan aman, khususnya di industri kesehatan.

Acara ini menitikberatkan pada penggunaan data yang etis dan aman, dengan partisipasi berbagai industri yang berkaitan dengan kesehatan.

DED 2024 merupakan hasil kolaborasi antara Data Academy dan LST UI, bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang implementasi teknologi AI dan data science serta tantangan digitalisasi di berbagai sektor industri di Indonesia. 

Dalam sambutannya, CEO Data Academy, Luthfy Ardiansyah mengatakan bahwa antusiasme peserta menunjukkan bahwa data memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap DED dapat menjadi wadah inspiratif dan informatif bagi para peserta untuk belajar hal baru, membangun koneksi, dan mendapatkan ide-ide segar dalam memanfaatkan data," ujarnya.

Sementara itu, Kepala LST UI, Eko Waludi menambahkan bahwa di era digital saat ini, data telah menjadi aset berharga yang mendorong kemajuan di berbagai bidang.

Kemampuan mengolah dan menganalisa data menjadi kunci untuk memecahkan masalah, mengambil keputusan yang tepat, dan menciptakan inovasi baru.

"Melalui DED 2024, kami ingin memberikan kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan kemampuan di bidang data sains melalui sesi workshop dan talkshow dari para pakar," kata Eko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Pakar dan Teknologi AI Warnai Data Enthusiast Day 2024

Selain sesi webinar, Data Enthusiast Day 2024 juga menyelenggarakan workshop yang membahas implementasi teknologi AI di bidang kesehatan. Topik workshop yang dihadirkan meliputi:

  • Pendekatan berbasis data untuk meningkatkan layanan kesehatan mental
  • Strategi dan implementasi data science untuk kesehatan masyarakat
  • Implementasi IoT dalam kesehatan
  • Pemberdayaan manajemen rumah sakit melalui dashboard berbasis data

Acara yang dilaksanakan pada 10 Juli ini terdiri dari dua sesi utama, yaitu webinar dan workshop. Melalui DED 2024, Data Academy dan LST UI berharap peserta dapat berkolaborasi dengan para ahli dan tech enthusiast dalam menghadapi tantangan digitalisasi data.

Selain itu, peserta diharapkan dapat mempelajari bagaimana teknologi AI dan data science dapat meningkatkan efisiensi layanan di sektor kesehatan dengan tetap menjamin keamanan data.

 

3 dari 3 halaman

Data Enthusiast Day 2024: Inspirasi Baru untuk Inovasi Teknologi Kesehatan

Kehadiran para ahli di bidangnya membuat Data Enthusiast Day (DED) 2024 mampu memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi peserta untuk terus berinovasi dalam pengembangan teknologi di sektor kesehatan.

Acara ini juga menjadi platform bagi praktisi dan profesional untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta membangun jaringan yang lebih luas dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

Keberhasilan acara ini terlihat dari antusiasme peserta yang hadir di webinar dan workshop. Data Academy mencatat sebanyak 724 peserta terdaftar dalam Data Enthusiast Day 2024. Angka ini mencerminkan tingginya minat dan kebutuhan akan pengetahuan terkait implementasi teknologi AI dan data science di sektor kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.