Sukses

Berseliweran Video Dokter Terawan Promo Obat Diabetes, Itu Hoaks

Tidak benar dokter Terawan mempromosikan obat diabetes. Sehingga video yang seliweran di media sosial tersebut adalah hoaks.

Liputan6.com, Jakarta Prof Dr. dr. Terawan Agus Putranto. Sp. Rad (K) atau dokter Terawan mengatakan bahwa tidak benar ia mempromosikan obat diabetes. Sehingga video yang seliweran di media sosial tersebut adalah hoaks.

Terawan tidak pernah menjual obat di e-commerce maupun marketplace seperti disampaikan juru bicara Terawan, Oktafiandi."

⁠Prof Terawan hanya melayani tindakan Digital Substraction Angiography (DSA), dan Immunotherapy Nusantara," kata Oktafiandi dalam pesan tertulis yang diterima Health-Liputan6.com ditulis Minggu, 21 Juli 2024.

Teknik DSA atau Digital Subtraction Angiography biasanya digunakan dalam diagnosis stroke. Di sisi lain, dokter Terawan disebut telah memodifikasi DSA sebagai bagian dari terapi pasien stroke yang dikenal luas dengan istilah cuci otak.

Sementara itu, Immunotherapy Nusantara adalah inovasi teknologi kesehatan dari Terawan yang disebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk sebagai perisai melawan ancaman virus, bakteri, dan tumor.

Hati-Hati Saat Terima Info soal Dokter Terawan

Oktafiandi pun mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam merima informasi terkait Mantan Menteri Kesehatan tersebut. Mengingat bisa saja ada orang yang menyalahgunakan nama atau foto Terawan.

"Kami mengimbau masyarakat agar bisa lebih hati-hati dalam menerima informasi terkait Prof Terawan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungi Langsung Tempat Praktik Terawan

Oktafiandi pun mengingatkan bila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan dari Terawan sebaiknya menghubung secara langsung tempat praktik Terawan. Sehingga bisa mendapatkan informasi secara pasti.

"Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Rumah sakit dan klinik tempat dokter terawan melakukan pelayanan (praktik)," katanya.

3 dari 4 halaman

Video Hoaks Terawan Promosikan Obat Diabetes

Di media sosial dan Youtube tampak ada video yang menggunakan foto Terawan Agus Putranto. Video hoaks itu menggunakan teknologi sehingga membuat mulut pria 59 tahun itu seakan berbicara.

Suara yang dimunculkan pun jelas bukan suara dokter Terawan.  Dituturkan dalam orang tak bertanggung jawab itu bahwa kini ada obat yang bisa menghilangkan diabetes.

"Jika Anda ingin menyembuhkan diabetes selamanya ini kesempatan terakhir anda. Kami telah menciptakan obat yang akan menghilangkan diabetes hanya dalam satu kursus."

"Saya Terawan Agus Putranto menjamin anda scara pribadi," tutur video hoaks itu.

4 dari 4 halaman

Diabetes Tidak Bisa Hilang tapi Terkontrol

Mengutip laman Kemenkes, diabetes melitus tipe 2 adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh akibat resistensi insulin atau produksi insulin yang tidak adekuat.

Penyakit diabetes tidak bisa sepenuhnya disembuhkan. Upaya yang dilakukan pengidap diabetes adalah harus tetap mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan.

Pengobatan diabetes melitus tipe 2 bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi yang mungkin terjadi. Beberapa pendekatan pengobatan yang umum meliputi:

  • Perubahan gaya hidup: Diet sehat, aktivitas fisik teratur, dan pengelolaan berat badan yang sehat.
  • Obat-obatan oral: Dalam beberapa kasus, obat-obatan oral seperti metformin, sulfonilurea, atau inhibitor DPP-4 dapat diresepkan untuk membantu mengontrol kadar gula darah.
  • Terapi insulin: Jika kontrol gula darah tidak mencukupi dengan obat-obatan oral, dokter dapat meresepkan terapi insulin untuk mengontrol kadar gula darah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini