Sukses

More or Less Jakarta, Nikmati Estetika Karya Arsitektur Keberlanjutan Sambil Ngopi Santai di Kedai Kopi

Pameran ini tak sekadar menampilkan keindahan desain arsitektur, melainkan juga menghadirkan cerita dan warisan budaya Indonesia ke hadapan pengunjung kedai kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Mengisi akhir pekan dengan ngopi di kafe sambil menikmati pameran arsitektur bisa menjadi cara sempurna mendapatkan pengalaman rekasasi sekaligus inspirasi. Bayangkan, Anda dduk di sudut nyaman Kopikalyan Menteng, Jakarta dengan secangkir kopi favorit di tangan dan dikelilingi instalasi arsitektur nan unik.

"More or Less Jakarta" oleh Atelier Riri menawarkan pengalaman visual dan sensorial yang unik, memungkinkan Anda menikmati karya seni arsitektur sambil menikmati suasana cafe yang hangat dan bersahabat. Pameran ini tak sekadar menampilkan keindahan desain, melainkan juga menghadirkan cerita dan warisan budaya Indonesia ke hadapan pengunjung.

Mengambil tema "Spatial Intervention", pameran ini menghadirkan kain-kain, kayu, dan anyaman rotan yang menciptakan intervensi spasial di ruang kafe, menambah dimensi baru pada pengalaman ngopi.

Kehadiran More or Less Jakarta menyusul kesuksesan pameran perdananya di outlet Kopikalyan Tokyo, Jepang pada 17-26 Mei lalu. Pameran perdana di Tokyo itu telah membuka jalan bagi Atelier Riri untuk membangun koneksi dengan komunitas arsitektur dan desain baik lokal maupun global.

Sebagai informasi, Atelier Riri merupakan biro arsitektur yang dibuka oleh Novriansyah Yakub atau dikenal publik sebagai Riri Yakub pada 2005. Bermula dari proyek hunian, kini Atelier Riri telah merambah pada bangunan komersial, hospitality, dan office. Desain arsitekturnya dikenal tidak hanya fokus pada ruang dan bentuk, tetapi juga menggabungkan unsur manusia, lingkungan, alam, cahaya, serta material. Filosofi tersebut yang kemudian juga menjadi dasar pameran More or Less. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

More or Less Mendapat Apresiasi di Jepang

Selama sepuluh hari, pameran More or Less berhasil menampilkan warisan budaya dan arsitektur Indonesia melalui pendekatan desain yang unik, menarik perhatian banyak orang di Tokyo.

Riri Yakub menuturkan, selain menggelar pameran, pihaknya juga mengadakan diskusi dengan konsep ngobrol santai. Dia tak menduga bahwa hal itu justru menjadikan diskusi begitu hidup dan diapresiasi.

"Kita sangat diapresiasi ketika JIA, salah satu asosiasi (arsitek) Jepang, datang. Mereka datang bersama tim, bikin dokumentasi, dan menundukkan badan. Berterima kasih sama kita karena kita buat acara kumpul yang mereka biasanya hanya formal, tapi ini bisa nongkrong gitu aja," tuturnya.

Bahkan, salah seorang arsitek senior Jepang akhirnya ikut hadir dalam diskusi tersebut.

 

3 dari 4 halaman

More or Less Hadir di Jakarta

Kini, pengalaman dan cerita dari pameran tersebut dibawa kembali ke Jakarta melalui "More or Less Jakarta". Pameran ini tidak hanya berlokasi di tempat yang sama seperti di Jepang, tetapi juga mengusung konsep yang serupa.

Mengusung tema keberlanjutan, Atelier Riri memilih material yang ringan dan mudah dibawa, seperti kain, kayu, dan anyaman rotan sebagai media utama.

"Kami ingin memberikan sensasi dan cerita pengalaman yang telah kami laksanakan di Jepang, lewat Pameran More or Less ke-2 ini, lewat penyajian yang se-mirip mungkin, sehingga penikmat yang hadir bisa merasakan euforia yang sama ketika kami berpameran di Jepang," ujar Riri Yakub, Arsitek Prinsipal Atelier Riri, di Jakarta, Jumat (19/7).

 

 

4 dari 4 halaman

Beri Inspirasi bagi Insan Kreatif

Salah seorang founder Kopi Kalyan, Dicky, mengatakan, kolaborasi dengan Atelier Riri terjadi karena mereka memiliki misi yang sama.

"Karena kesamaan sebuah misi, akhirnya terjadilah kolaborasi ini yang dapat menggabungkan kopi dan arsitektur," tutur Dicky. Pameran More or Less yang mulai dibuka pada 19 Juli 2024 ini akan berlangsung selama kurang lebih sebulan, yakni hingga 16 Agustus 2024 di Kopi Kalyan, Menteng. Masyarakat umum akan dapat ikut menikmati pameran secara gratis jika berkunjung ke cafe tersebut.

Riri berharap, More or Less Jakarta akan bisa mebisa memberi inpirasi lebih dalam terkait arsitektur, budaya, dan pengalaman bagi semua insan kreatif.

"Bagi kawan-kawan yang berada di Indonesia dan Jakarta tepatnya, kalian dapat mengunjungi 'More/Less Exhibition Jakarta' dan menikmati kopi sekaligus merasakan pengalaman dan cerita pameran intervensi ruang di Jepang, yang hadir di Jakarta.," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.