Sukses

Prebiotik Dukung Saluran Pencernaan Anak Sehat dan Tingkatkan Penyerapan Nutrisi

Prebiotik berperan dalam mendukung pertumbuhan dan aktivitas mikrobiota usus (bakteri baik) dukung saluran pencernaan anak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Saluran pencernaan anak yang sehat adalah dambaan semua orangtua. Salah satu cara agar anak memiliki saluran pencernaan sehat dengan mikrobiota yang baik salah satunya dengan konsumsi prebiotik.

Kehadiran mikrobiota yang baik di saluran cerna membuat anak jadi buang air besar lancar, bebas diare, dan terhindar dari konstipasi seperti disampaikan dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi Muzal Kadim.

"Dengan mikrobiota yang seimbang, sistem pencernaan anak berfungsi secara optimal, sehingga mereka dapat menghindari masalah pencernaan umum yang sering mengganggu kesehatan dan kenyamanan mereka sehari-hari," kata Muzal Kadim.

Salah satu cara efektif untuk mencapai keseimbangan ini adalah dengan memberikan asupan prebiotik yang mencukupi dengan rasio yang tepat.

"Prebiotik merupakan zat yang tidak dapat dicerna oleh lambung sehingga dapat menjadi makanan utama untuk bakteri baik di usus anak," katanya 1st Pediatric Gastrohepatology Update Symposium (PEGASUS) yang bertema “Updates on Pediatric Gastrohepatology Management in Daily Practice” di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Muzal Kadim menjelaskan bahwa prebiotik berperan dalam mendukung pertumbuhan dan aktivitas mikrobiota usus (bakteri baik).

Manfaat yang didapat si Kecil diantaranya meningkatkan kesehatan pencernaan  meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Asupan yang Mengandung Prebiotik

Prebiotik banyak terkandung dalam makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan kacang-kacangan, serta beberapa jenis sayuran akar seperti umbi-umbian dan wortel.

Selain dari makanan alami, prebiotik juga bisa diperoleh dari susu pertumbuhan yang terfortifikasi khusus dengan rasio prebiotik yang tepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Riset untuk Kembangkan Produk Prebiotik Bernutrisi

Beragam riset dilakukan perusahaan untuk bisa mengembangkan produk yang mengandung prebiotik. Nutricia misalnya lewat Nutricia Research mengembangkan produk-produk dengan prebiotik teruji klinis, FOS:GOS 1:9.

Menurut Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, Nutrica melakukan inovasi prebiotik yang teruji paling banyak di dunia, dengan lebih dari 40 studi ilmiah dan 90 publikasi internasional di lebih dari 10 negara dari Asia dan Eropa.

Hasil inovasi dari Nutricia Research melahirkan produk Bebelac yang menyediakan inovasi nutrisi untuk dukung kesehatan pencernaan anak.

.

3 dari 3 halaman

Cara Cek Saluran Cerna Anak di Era Digital

Di era digital Bebelac mengembangkan Bebejourney dengan AI Poop Tracker. Sebuah tools digital untuk mendeteksi dan monitor kondisi pencernaan anak dengan cara foto popok.

Akurasi dari tools tersebut mencapai 95% dan sudah tervalidasi dan diakui dalam forum ilmiah kesehatan pencernaan internasional, seperti The European Society for Paediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition (ESPGHAN).

Lalu, mengenai tools itu sudah masuk jurnal The Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition (JPGN) dan Acta Paediatrica9,10,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini