Sukses

6 Zodiak yang Sering Overthinking, Virgo di Urutan Paling Atas

Astrolog ungkap enam zodiak yang paling sering overthinking.

Liputan6.com, Jakarta - Overthinking, atau berpikir berlebihan tentang berbagai kekhawatiran, adalah hal yang wajar dan terkadang sulit dihindari. Namun, orang dengan zodiak tertentu mungkin lebih cenderung mengalami hal ini.

Anda mungkin mengenal orang yang selalu terjebak dalam pikirannya sendiri, menganalisis segala sesuatu secara mendalam, dan mempertimbangkan setiap kemungkinan hasil dari suatu situasi, bahkan jika itu tampak tidak rasional.

Meskipun mereka mungkin hanya berniat untuk mempersiapkan diri, astrologi dapat menjelaskan mengapa beberapa orang dengan zodiak tertentu cenderung lebih overthinking dan menyelidiki segala hal dengan sangat teliti.

Berikut ini enam zodiak paling sering overthinking, mulai dari yang agak cemas hingga yang benar-benar terjebak dalam pikirannya, seperti dilansir dari Best Life pada Sabtu, 27 Juli 2024.

1. Virgo

Dikenal karena kecenderungan mereka yang mudah cemas dan perhatian terhadap detail terkecil, tidak mengherankan jika Virgo adalah zodiak yang paling sering overthinking.

Raquel Rodriguez, astrolog dan pendiri Your Zodiac menggambarkan mereka sebagai orang yang perfeksionis, yang berarti mereka mengharapkan segala sesuatunya sesuai dengan standar tinggi mereka.

"Sifat teliti ini, meski umumnya merupakan kekuatan, terkadang dapat menyebabkan mereka terlalu banyak berpikir bahkan terhadap masalah terkecil sekalipun," kata Rodriguez.

Zodiak bumi yang praktis ini juga tidak suka berbuat salah. Jadi, jika mereka harus melakukan sesuatu dua atau tiga kali lebih baik daripada orang lain, mereka akan melakukannya.

Virgo selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan, yang menyebabkan mereka terlalu memikirkan sesuatu yang sebenarnya sudah sempurna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gemini

 

Gemini, yang diwakili oleh simbol si kembar, sering kali membuat orang tidak tahu sisi kepribadian mana yang akan mereka temui. Mereka senang mendengarkan berbagai sudut pandang dan dikenal sebagai pembicara yang cepat.

Sebagai zodiak berelemen udara, Gemini adalah salah satu komunikator terbaik. Namun, menurut Rodriguez, kemampuan mereka untuk melihat situasi dari berbagai perspektif dapat menyebabkan mereka terjebak dalam tarik-menarik mental yang konstan, sehingga sering kali menyebabkan overthinking.

"Kemampuan mereka dalam melihat situasi dari berbagai sudut dapat mengakibatkan tarik-menarik mental yang terus-menerus, membuat mereka cenderung berpikir berlebihan," kata Rodriguez.

Diberkahi dengan kecerdasan dan rasa ingin tahu, Gemini kadang-kadang merasa bahwa sifat ini justru menjadi beban, tambah Rodriguez.

"Mereka terus-menerus memikirkan hal yang tepat untuk dikatakan, berbagai kemungkinan hasil dari suatu situasi, dan bagaimana cara membuat orang lain menyukai mereka."

3 dari 5 halaman

3. Libra

Tara Bennet, astrolog dan pelatih spiritual di Mediumchat, menjelaskan bahwa ketertarikan Libra pada keadilan dan keseimbangan sering kali membuat mereka meragukan diri sendiri.

"Sebagai zodiak yang sangat memperhatikan kebahagiaan orang lain, Libra cenderung memikirkan setiap situasi lebih dari yang diperlukan," kata Bennet.

Mereka berusaha memastikan semua orang bahagia, dan ketidakpastian mengenai kemungkinan kesalahan (meski hanya dalam pandangan mereka) dapat menyebabkan Libra overthinking.

Bennet menambahkan bahwa Libra sering kali terjebak dalam perdebatan internal tentang hal-hal yang tampaknya sepele, seperti pesan singkat kepada teman atau pilihan makanan untuk makan malam.

"Memberikan perhatian yang berlebihan pada detail-detail kecil dalam hidup mereka membuat pikiran mereka menjadi berantakan," tambahnya.

4 dari 5 halaman

4. Capricorn

Capricorn adalah zodiak yang sangat pekerja keras dan kadang-kadang terlalu keras pada diri sendiri. Mereka sangat menghargai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

Berorientasi pada tujuan, Capricorn mempertimbangkan setiap detail kecil sebelum membuat keputusan.

"Jika hidup tidak berjalan sesuai rencana, mereka sulit fokus pada hal lain dan akan terus-menerus memikirkan masalah dan mencari solusi terbaik," kata Bennet.

Capricorn suka melakukan segala sesuatu dengan cara tertentu, sehingga mereka cenderung tidak terlalu menganalisis ketika mereka memegang kendali.

Namun, jika mereka kehilangan kendali dan terjadi kesalahan, mereka bisa kehilangan arah untuk sementara waktu.

5 dari 5 halaman

5. Leo

 

Leo yang dikenal sebagai bangsawan dalam zodiak, memiliki reputasi sebagai pusat perhatian. Di antara semua zodiak, mereka memiliki ego terbesar dan cenderung paling peduli dengan pendapat orang lain.

Jadi, ketika mereka tidak mendapatkan perhatian dan kekaguman yang mereka idamkan, sangat mungkin pikiran-pikiran yang tidak diinginkan akan muncul.

"Meskipun umumnya mereka membuat keputusan dengan percaya diri, Leo bisa berpikir berlebihan ketika menyangkut hal-hal yang memengaruhi citra publik atau harga diri mereka," kata Rodriguez.

6. Pisces

Pisces sangat berempati. Meskipun hal ini membantu mereka memahami emosi orang lain, hal ini juga membuat mereka menganalisis secara berlebihan.

Mereka selalu menyerap energi dari orang lain dan sering kali menghabiskan terlalu banyak waktu mencoba mengungkap arti dari perasaan tersebut.

Untuk membantu mengatasi emosi ini, zodiak Pisces sering kali menarik diri dari kenyataan.

"Pisces sangat ahli dalam menciptakan dunianya sendiri sehingga sulit untuk menjalani kehidupan normal mereka. Mereka selalu memikirkan apa yang mungkin terjadi atau bisa saja terjadi," kata Bennet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.