Sukses

Cara Membiasakan Anak dengan Gaya Hidup Aktif dan Suka Olahraga, Ortu Bisa Lakukan Ini

Para ahli berpendapat, waktu terbaik untuk membiasakan anak berolahraga atau aktif adalah sejak mereka kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki gaya hidup aktif bisa diperkenalkan pada anak sedari dini. Para ahli berpendapat, waktu terbaik untuk membiasakan anak berolahraga atau aktif adalah sejak mereka kecil.

“Tahun-tahun tersebut adalah waktu terbaik bagi anak-anak Anda untuk menemukan kesenangan dalam beraktivitas,” Abigail Allen, MD, kepala bedah ortopedi anak di Rumah Sakit Mount Sinai, dilansir New York Post.

“Inilah saatnya Anda dapat menanamkan kebiasaan pada anak-anak Anda yang akan bertahan seumur hidup mereka.”

Meskipun anak Anda lebih terpaku pada gawainya dibandingkan berjalan-jalan di taman atau bermain game di lapangan basket, tidak ada kata terlambat untuk membuat mereka bersemangat untuk beraktivitas.

Berikut kiat-kiat atau cara realistis yang bisa diterapkan para orangtua untuk membuat anak mereka bugar sambil bersenang-senang.

Sedari Dini

Usia terbaik untuk memperkenalkan anak pada gaya hidup aktif berkisar antara pra-sekolah hingga kelas 5 sekolah dasar. Pendiri pusat kebugaran anak Gantry Kids di Long Island City, AS, Michele Kelber, mengatakan, cara tebraik membuat anak-anak tertarik berolahraga adalah dengan memberi teladan pada mereka.

“Anak-anak adalah peniru pada usia ini,” katanya.

“Mereka akan melakukan apa pun yang Anda lakukan karena mereka ingin bersama Anda.” 

Pada akhirnya, pilihan yang Anda buat sekarang akan berdampak membiasakan anak aktif. Inilah saatnya mengambil langkah besar untuk memikirkan kembali pergerakan, termasuk sesuatu yang sederhana seperti berjalan kaki pulang sekolah daripada mengemudi atau naik bus.

“Anda ingin tahap ini menjadi pembangunan fondasi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesempatan Menambahkan Gerak Badan dalam Keseharian

“Sharusnya tidak berpikir 'Saya harus melakukan ini', tetapi lebih merupakan kesempatan untuk menambahkan gerakan ke dalam hidup mereka, apakah itu berjalan-jalan di bunga liar di Greenpoint atau menemukan taman bermain yang bagus di dermaga di sepanjang West Side Highway — ada banyak hal yang bisa dilakukan pada anak-anak seusia ini.”

Nicole Lee, direktur kebugaran di Asphalt Green Upper East Side, mengatakan aktivitas favoritnya adalah aktivitas berbasis permainan seperti rubah dan ayam, beanbag tic-tac-toe, dan hopscotch.

“Apa pun yang Anda lakukan, biarkan anak-anak bersenang-senang – yang terpenting adalah membuat mereka menggerakkan tubuh mereka di lingkungan dengan tingkat stres yang rendah,” katanya.

3 dari 4 halaman

Orangtua Ikut Bergerak

Jujur saja — kelas enam, tujuh, dan delapan bisa menjadi tahap yang sangat canggung, jadi, sebagai orang tua, Anda sebaiknya dengan lembut menyarankan cara untuk tetap aktif tanpa membuat anak Anda menutup diri.

Ini juga merupakan waktu di mana olahraga tim dapat memainkan peran yang semakin besar dalam kehidupan anak-anak Anda, namun mereka mungkin tidak menganggap hal ini menarik, jadi cobalah untuk tidak menekan mereka.

“Semua orang berasumsi bahwa anak-anak ingin berada dalam sebuah tim, namun penting untuk bertanya kepada anak-anak Anda apa yang mereka sukai,” kata Lee.

Ia menyarankan agar olahraga sendirian, baik itu bersepeda, jalan kaki biasa, atau jogging, boleh dilakukan pada usia ini. “Bahkan menendang bola dengan santai pun penting!”

Kelber setuju. “Tujuan Anda saat ini adalah untuk menyampaikan bahwa olahraga sama pentingnya dengan berlatih piano atau mengerjakan pekerjaan rumah,” katanya. “Itu adalah 'hei, apakah kamu menggerakkan tubuhmu hari ini?' Lagi pula, ketika kamu menggerakkan tubuhmu, itu mengubah sikapmu - tidak hanya pada saat itu tetapi juga pada hari berikutnya.”

4 dari 4 halaman

Dorong Anak untuk Beraktivitas

Terkadang siswa kelas 9 sampai kelas 12 mungkin menolak berolahraga karena mereka cemas atau gugup untuk mencoba sesuatu yang baru. Jika hal ini terjadi, ciptakan peluang untuk bergerak bersama.

Jika Anda hanya mengatakan 'Ayah/Ibu mau bersepeda - apakah kamu mau ikut?', ini tidak akan terasa seperti tekanan,” katanya.

“Anda bahkan dapat berkendara selama 10 menit di sekitar lingkungan sekitar. Atau, sarankan untuk melakukan burpe selama 10 menit atau berkompetisi dalam perlombaan naik turun tangga gedung apartemen Anda. Apa pun yang Anda lakukan, selalulah bertanya — suatu hari anak remaja Anda akan menjawab ya.”

“Olahraga juga harus dikombinasikan dengan sosialisasi, jadi dorong anak Anda untuk bersepeda, bermain acar, atau menghabiskan waktu di luar ruangan bersama teman-temannya,” kata Lee.

“Mereka bahkan mungkin melupakan semua perangkat gadget mereka dalam prosesnya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini