Sukses

5 Olahraga Ini Bantu Kamu yang Ingin Memulai Gaya Hidup Sehat, Mudah dan Murah

Memelihara kebugaran tubuh merupakan hal yang tak boleh diabaikan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggeluti aktivitas olahraga secara teratur setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Praktik gaya hidup sehat perlu diupayakan. Menerapkan gaya hidup sehat bermanfaat bagi kesehatan raga maupun jiwa. Hanya saja sebagian orang begitu melekat dengan kebiasaan yang sebetulnya kurang sehat. 

Memulai gaya hidup sehat sebenarnya enggak sulit, lho. Kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana dan mengubah kegiatan sehari-hari. Salah satu kuncinya adalah tidur yang cukup, karena tidur yang cukup bisa menjaga kesehatan tubuh dan otak, serta membantu mengurangi stres.

Selain itu, hidup sehat juga harus diimbangi dengan olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Menurut survei Nielsen yang berjudul 'Navigating the shifts in consumer behavior in Indonesia', kesehatan fisik dan mental masuk dalam tiga pengeluaran terbesar masyarakat Indonesia pada tahun 2023.

Sebanyak 70% responden mengutamakan kesehatan fisik, diikuti dengan perencanaan masa depan (64%) dan kesehatan mental (60%). Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya hidup sehat sudah sangat tinggi.

Namun, tantangan terbesar adalah menjaga konsistensi. Bagaimana cara mengalahkan diri sendiri yang kemarin dan melakukan lebih baik hari ini?

Nah, buat kamu yang ingin mulai hidup sehat secara konsisten, berikut adalah 5 pilihan olahraga yang mudah dilakukan kapan saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berlari

Berlari adalah aktivitas yang sungguh-sungguh menguntungkan karena mampu membakar lebih banyak kalori, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperkuat otot-otot. Bagi kamu yang baru memulai, cobalah untuk memulai dengan berlari perlahan selama 10 menit dan secara perlahan tingkatkan durasi dan kekuatannya.

Menurut data salah satu perangkat kebugaran, berlari memiliki dampak positif yang signifikan pada berbagai aspek kesehatan dan kebugaran. Mereka yang mampu berlari lebih dari 80 kilometer setiap minggunya mencatatkan skor tidur yang paling baik, tingkat energi tubuh yang maksimal, serta detak jantung saat istirahat dan tingkat stres yang paling rendah.

Bahkan, para pelari pemula menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak berlari.

3 dari 6 halaman

2. Jalan Kaki

Berjalan kaki merupakan jenis olahraga yang paling simpel dan terjangkau. Kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu perlengkapan khusus.

Dengan rajin berjalan kaki selama setidaknya 30 menit setiap harinya, kamu sudah bisa meningkatkan kesehatan jantungmu dan membakar kalori dengan efektif.

4 dari 6 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda memiliki banyak keajaiban, seperti membantu membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperkuat otot kaki.

Kamu bisa menikmati aktivitas ini di luar ruangan dengan pemandangan yang memukau atau di dalam ruangan dengan sepeda statis yang praktis.

5 dari 6 halaman

4. Renang

Berolahraga renang merupakan pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin tetap aktif tanpa merasa terbebani pada sendi-sendi tubuh. Selain membantu membakar kalori, aktivitas ini juga mampu meningkatkan stamina dan memperkuat otot-otot di seluruh tubuh.

Tidak heran jika renang menjadi salah satu olahraga yang termasuk dalam Kampanye "Be More, Beat Yesterday" yang digaungkan oleh salah satu jam tangan sport. Kampanye ini mengajak kita untuk keluar dari zona nyaman dan menemukan cara baru untuk bergerak.

6 dari 6 halaman

5. Yoga

Yoga, sebuah seni olahraga yang menekankan pada peregangan dan relaksasi. Dengan melibatkan diri dalam praktik ini, Anda akan merasakan peningkatan yang signifikan dalam fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh Anda.

Tidak hanya itu, yoga juga memiliki reputasi yang kuat dalam mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini