Sukses

Dokter Anak: Terlihat Bersih Saja Tak Cukup, Pastikan Peralatan Makan dan Bahan Makanan Benar-Benar Bersih

Penting bagi ayah dan ibu untuk memastikan peralatan makan dan bahan-bahan makanan bersih, bukan cuma terlihat bersih seperti disampaikan dokter Miza SpA.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis anak Miza Dito Afrizal mengatakan bahwa imunitas anak di bawah 10 tahun belum matang. Maka dari itu penting bagi ayah dan ibu untuk memastikan peralatan makan dan bahan-bahan makanan benar-benar bersih, bukan cuma terlihat bersih.

“Imunitas anak usia di bawah 10 tahun masih belum terbentuk dengan mature. Maka terlihat bersih saja tidak cukup, ibu harus memastikan makanan untuk keluarga, apalagi anak, benar-benar aman dikonsumsi," kata Miza.

Untuk bahan makanan, Miza mengingatkan bahwa ada beberapa sayur dan buah dilapisi oleh lapisan wax non-food grade yang belum lolos BPOM agar terlihat segar. Saat dicuci dengan air biasa bahan tersebut tidak akan luruh. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membahayakan sistem pencernaan anak seperti mual atau sakit perut.

Lalu, Miza juga mengingatkan orangtua agar memperhatikan kebersihan piring, sendok, gelas dan peralatan makan minum anak lainnya. Bila tidak bersih mencuci piring dan makanan maka jadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri.

"Residu yang tertinggal di peralatan makan bisa tidak terlihat, mungkin kita melihatnya bersih, padahal kalau ada sisa residu di situ maka bisa jadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri," kata Miza.

Maka dari itu, Miza mengingaatkan para orangtua untuk memastikan mencuci bahan makanan serta peralatan makan yang ada di rumah hingga bersih demi menjaga kesehatan si Kecil.

"Guna menjaga daya tahan tubuh anak dan mendukung tumbuh kembangnya secara optimal, pastikan sabun cuci piring yang digunakan benar-benar berkualitas dan aman untuk mencuci bahan makanan maupun peralatan masak dan makan,” kata Miza.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sunlight Luncurkan Produk Baru yang Inovatif: Sunlight Biocare Nature

Melihat para ibu-ibu Indonesia yang terdepan dalam memberikan yang terbaik untuk keluarga, hal tersebut menginspirasi Sunlight untuk meluncurkan produk Sunlight Biocare Nature.

"Naluri ibu itu kan ingin melindungi keluarga, itu yang terpenting buat ibu. Berangkat dari hal itu kami terinspirasi untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga lewat Sunlight Biocare Nature," kata Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia Anggya Kumala.

Anggy mengatakan bahwa produk terbaru yang diluncurkan oleh Sunlight itu didesain dengan formula terbaik. Formulasi tersebut bisa mengangkat lemak ini cocok digunakan untuk mencuci peralatan makan bayi termasuk dot, bahkan sayur dan buah karena menggunakan bahan aktif alami, bebas paraben, dan pewarna.

“Kehadiran Sunlight Biocare Nature kini ‘mendemokratisasi’ akses bagi para ibu untuk merasakan manfaat dari produk sabun pencuci piring yang benar-benar berkualitas dengan sederet keungggulan formulanya dan harga yang lebih terjangkau, sehingga menjadi solusi tepat dan hemat untuk ibu dalam melindungi setiap anggota keluarganya," kata Anggy dalam peluncuran Sunlight Biocare Nature pada Jumat, 26 Juli 2024 di Senayan Park Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Inovasi Terbaru Sunlight, Bukan Cuma Ampuh dan Aman Membersihkan juga Ramah Lingkungan

Inovasi Sunlight Biocare Nature juga dilengkapi dengan teknologi RhamnoClean yang sudah dipatenkan.

Teknologi tersebut punya sifat yang bisa membersihkan menyeluruh seperti disampaikan R&D Head of Home Care Unilever Indonesia Ernest Basarah.

"Teknologi ini menggunakan 100% bahan aktif alami dari tumbuhan yang memiliki sifat membersihkan secara menyeluruh dan lebih tangguh angkat lemak. Keistimewaan lainnya yaitu, non-iritasi dan tetap lembut di tangan sehingga ibu dapat melakukan kegiatan mencuci dengan aman dan nyaman,” kata Ernest.

Lalu, bahan aktif dalam Sunlight Biocare Nature ini bisa terurai sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Bahan aktif alami ini 100% dapat diperbaharui sehingga baik untuk lingkungan – tidak seperti banyak produk pencuci piring lain yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Selain itu juga dapat 100% terurai sehingga tidak mencemari lingkungan,” imbuh Ernest.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini