Sukses

5 Jurus Jitu Menurunkan Kolesterol, Kuncinya adalah Perubahan Gaya Hidup

Untuk menjaga agar kadar kolesterol di angka normal yakni dengan cara menjalankan gaya hidup yang sehat. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol tinggi meningkatkan risiko kesehatan diantaranya penyakit jantung dan serangan jantung. Untuk menjaga agar kadar kolesterol tidak meningkat yakni dengan menjalankan gaya hidup yang sehat.

Lalu, bagi Anda yang sudah diresepkan dokter obat untuk menurunkan kolesterol, bila diiringi dengan perubahan gaya hidup berikut juga membuat hasilnya lebih baik.

Perubahan seperti apa yang dimaksud? Berikut lima gaya hidup yang harus diterapkan biar kolesterol turun seperti mengutip Mayo Clinic, Jumat, 2 Agustus 2024.

1. Santap Makanan Ramah Jantung

- Kurangi lemak jenuh

Lemak jenuh, yang ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh, meningkatkan kolesterol total Anda. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kerap disebut kolesterol "jahat".

- Hindari lemak trans

Lemak trans, yang terkadang tercantum pada label makanan sebagai "minyak sayur terhidrogenasi parsial," sering digunakan dalam margarin dan kue kering, kerupuk, dan kue yang dibeli di toko.

- Konsumsi makanan kaya omega-3

Asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL. Namun, asam lemak ini memiliki manfaat lain yang menyehatkan jantung, termasuk mengurangi tekanan darah.

Sumber pangan yang kaya omega-3 diantaranya: salmon, makarel, ikan haring, kenari, dan biji rami.

- Banyak makan sayur

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, sayur mayur, apel, dan pir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Aktif Fisik dan Berolahraga Secara Rutin

Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol "baik".

Maka perbanyak aktivitas fisik ketimbang duduk atau rebahan. Seperti melakukan jalan cepat setiap hari selama jam makan siang atau mengendarai sepeda saat bepergian di area dekat.

Lalu, pastikan setiap hari untuk berolahraga. Disarankan berolahraga 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik berat selama 20 menit tiga kali seminggu.

3 dari 4 halaman

3. Berhenti Merokok

Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. Lalu, dalam waktu tiga bulan setelah berhenti, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru Anda mulai membaik.

Dalam waktu satu tahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung Anda menjadi setengah dari seorang perokok.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, maka penting untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya dengan mengatur asupan makanan dan minuman. Melakukan perubahan kecil seperti berhenti minum manis dan beralih ke air putih itu bisa punya peran besar mengurangi kalori yang masuk ke tubuh. Lalu, lebih memilih camilan berupa buah potong rendah gula.

 

4 dari 4 halaman

5. Batasi Minuman Beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.