Sukses

Bersatu Lawan Dengue: Enesis Group dan Kemenkes RI Gaungkan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik

Guna memperingati ADD 2024, Enesis Group bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melakukan kegiatan dengan tema "Wujudkan Indonesia Bebas Dengue."

Liputan6.com, Jakarta - Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang berisiko kematian di kawasan tropis, termasuk Indonesia. Peringatan ASEAN Dengue Day (ADD) pada tanggal 15 Juni menjadi momen penting untuk memperkuat kesadaran dan komitmen bersama dalam melawan penyakit ini.

Guna memperingati ADD 2024, Enesis Group bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melakukan kegiatan dengan tema "Wujudkan Indonesia Bebas Dengue." Kampanye ini melibatkan berbagai kegiatan edukatif, termasuk roadshow edukasi 3M Plus yang berlangsung sejak 19 Juni hingga 24 Juli 2024.

Kegiatan ini menjangkau 12 sekolah dasar di Jakarta Barat, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Kota Bandung, dan berpuncak pada Lomba Gerak dan Lagu Mars 1 Rumah 1 Jumantik yang diadakan pada 31 Juli 2024 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat.

Head of Public Relations Enesis Group RM Ardiantara menegaskan komitmen Enesis Group dalam pencegahan DBD melalui brand Soffell.

"Tahun ini kami kembali memberikan edukasi 3M Plus yaitu Menguras, Menutup dan Mendaur Ulang serta mengoles lotion anti nyamuk kepada anak-anak sebagai bagian dari pencegahan DBD lalu ditutup dengan Lomba Gerak dan Lagu Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik yang bukan hanya sebagai kompetisi tetapi bagian dari edukasi tiada henti untuk terus bersatu lawan nyamuk hingga tuntas," ujarnya melalui keterangan tertulis. 

Kegiatan ini juga diramaikan oleh talkshow inspiratif yang menghadirkan Dr. Agus Handito, SKM, M. Epid, dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kemenkes RI, serta Louis Sumantadiredja, Brand Manager Soffell. Tidak ketinggalan, selebriti Jessica Iskandar bersama anaknya, El Barack, turut berbagi pengalaman dan pentingnya perlindungan terhadap infeksi dengue.

Jessica menceritakan pengalaman pribadinya pernah mengalami gejala DBD ketika kecil. Kini, sebagai seorang ibu, Jessica Iskandar melindungi keluarga dengan melakukan 3M Plus serta mengoleskan Soffell untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk, terutama pada anak-anaknya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Bisa Menjadi Sarana Edukasi Pencegahan DBD

Selain itu, acara ini juga menampilkan uji ampuh Soffell, di mana lotion anti nyamuk ini dibuktikan mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

Dr. Agus Handito memberikan apresiasi tinggi kepada Enesis Group dan para peserta yang hadir. Agus berharap keagiatan tersebut bisa mejadi saran edukasi yang tepat bagi siswa dan guru guna mengantisipasi kasus DBD.

"Harapannya, dengan adanya kegiatan ADD ini pada anak sekolah dapat menjadi sarana edukasi yang tepat bagi anak sekolah dan guru dalam mengantisipasi peningkatan kasus dengue dan upaya pencegahan agar kasus dengue yang meningkat bisa kita turunkan sehingga kita bisa mencegah kejadian luar biasa (KLB) bahkan kematian."

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang Mars 1 Rumah 1 Jumantik

Berikut adalah daftar pemenang Lomba Gerak dan Lagu Mars 1 Rumah 1 Jumantik:

  • Juara 1: SDN 076 Sukajadi, Bandung (Rp4.000.000,-)
  • Juara 2: SDN Kadu 1, Kabupaten Tangerang (Rp3.000.000,-)Juara 3: SDN Curug 2, Kabupaten Tangerang (Rp2.000.000,-)Juara Harapan 1: SDN 077 Sejahtera, Bandung (Rp1.300.000,-)Juara Harapan 2: SDN Meruya Utara 03, Jakarta Barat (Rp. 600.000,-)

Peringatan ini menjadi langkah konkret dalam mencapai target WHO, yaitu nol kematian akibat dengue pada 2030, melalui upaya bersama melawan nyamuk hingga tuntas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini