Sukses

Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam

Perubahan hormonal dan kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi warna dan tekstur darah menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa warna darah menstruasi bisa menunjukkan kondisi kesehatan perempuan?

Merah cerah bukan satu-satunya warna darah menstruasi. Anda mungkin melihat darah berwarna merah tua atau merah muda selama menstruasi. Warna darah haid bahkan bisa menjadi hitam, oranye, hijau, abu-abu, atau coklat karena berbagai alasan mulai dari awal kehamilan hingga infeksi dan lainnya.

Saat menstruasi, tubuh mengeluarkan jaringan dan darah dari rahim melalui vagina. Keluarnya darah ini bisa bervariasi dari merah terang hingga coklat tua atau hitam, tergantung pada usia darah tersebut. Darah yang bertahan cukup lama di dalam rahim akan bereaksi dengan oksigen (teroksidasi). Darah yang sempat teroksidasi akan berwarna lebih gelap.

Perubahan hormonal dan kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi warna dan tekstur darah menstruasi.

Hitam

Dilansir Medical News Today, darah hitam bisa muncul di awal atau akhir menstruasi seseorang. Warna tersebut biasanya merupakan tanda darah tua atau darah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk meninggalkan rahim dan sempat teroksidasi, mula-mula berubah menjadi coklat atau merah tua dan akhirnya menjadi hitam.

Darah haid berwarna hitam terkadang juga bisa menandakan adanya penyumbatan di dalam vagina seseorang. Gejala lain dari penyumbatan vagina bisa meliputi:

  • keluarnya cairan yang berbau busuk
  • demam
  • kesulitan buang air kecil
  • gatal atau bengkak di dalam atau sekitar vagina

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Darah Menstruasi Coklat atau Merah Tua

Seperti halnya darah hitam, warna darah menstruasi coklat atau merah tua merupakan tanda darah tua dan mungkin muncul di awal atau akhir suatu menstruasi. Darah berwarna coklat atau merah tua tidak membutuhkan waktu lama untuk teroksidasi seperti darah hitam dan dapat muncul dalam berbagai warna.

Kehamilan

Darah menstruasi berwarna coklat atau bercak berwarna serupa terkadang juga bisa menjadi tanda awal kehamilan yang oleh dokter disebut sebagai pendarahan implantasi.

Keputihan atau bercak coklat selama kehamilan dapat mengindikasikan keguguran atau kehamilan ektopik, yaitu sel telur yang telah dibuahi menempel di saluran tuba, bukan di rahim. Penting bagi wanita yang mengalami bercak atau pendarahan vagina selama kehamilan untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter kandungan.

Lokia 

Keputihan berwarna merah tua atau coklat yang terjadi setelah melahirkan merupakan lokia atau perdarahan pasca melahirkan. Lochia tidak perlu dikhawatirkan dan merupakan cara tubuh mengeluarkan kelebihan darah dan jaringan dari rahim.

Lochia biasanya dimulai dengan darah merah cerah dan kemudian berubah menjadi warna yang lebih gelap seiring dengan berkurangnya aliran darah. Seiring waktu, kotoran akan menjadi lebih terang dalam warna dan jumlah.

Durasi lokia bervariasi pada setiap wanita, tapi biasanya hilang dalam beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Wanita yang mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Tidak semua wanita mengalami lokia setelah melahirkan. Wanita juga mungkin mengalami menstruasi tidak teratur setelah melahirkan karena perubahan kadar hormon.

3 dari 4 halaman

Darah Menstruasi Merah Terang

Darah berwarna merah cerah menandakan darah segar dan alirannya stabil. Suatu menstruasi mungkin dimulai dengan pendarahan berwarna merah cerah dan menjadi gelap menjelang akhir menstruasi. Beberapa orang mungkin mendapati darah mereka tetap merah cerah selama menstruasi.

Bercak atau pendarahan yang tidak biasa di antara siklus menstruasi mungkin merupakan tanda infeksi menular seksual, seperti klamidia atau gonore. Pertumbuhan pada lapisan rahim, yang disebut polip atau fibroid, juga dapat menyebabkan pendarahan hebat yang tidak biasa.

Jarang terjadi, pendarahan berwarna merah cerah mungkin merupakan tanda kanker serviks. Gejala kanker serviks lainnya meliputi:

  • menstruasi yang lebih berat
  • haid yang berlangsung lebih lama dari biasanya
  • pendarahan setelah berhubungan seksual
  • keputihan berbau busuk
  • nyeri di punggung bawah, panggul, atau kaki
  • kehilangan selera makan
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Pink 

Darah berwarna merah muda atau bercak pink bisa terjadi ketika darah menstruasi bercampur dengan cairan serviks.

Menggunakan alat kontrasepsi hormonal dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, yang dapat menyebabkan keluarnya darah lebih sedikit dengan rona merah muda selama menstruasi.

Hubungan seksual dapat menimbulkan robekan kecil pada vagina atau leher rahim. Darah dari air mata ini dapat bercampur dengan cairan vagina dan keluar dari tubuh seseorang dalam bentuk cairan berwarna merah muda.

Penyebab lain darah menstruasi berwarna merah muda dapat meliputi:

  • penurunan berat badan yang signifikan
  • pola makan yang tidak sehat
  • anemia

Kehamilan

Selama kehamilan, keluarnya cairan berwarna merah muda yang mengandung jaringan dan terjadi bersamaan dengan kram dapat mengindikasikan keguguran. Penting bagi wanita yang mengalami pendarahan vagina saat hamil untuk memeriksakan diri ke dokter atau dokter spesialis kandungan.

4 dari 4 halaman

Darah Menstruasi Oranye dan Kelabu

Darah yang bercampur dengan cairan serviks juga bisa tampak berwarna oranye.

Darah atau keluarnya cairan berwarna oranye mungkin mengindikasikan adanya infeksi, seperti bakterial vaginosis atau trikomoniasis. Orang dengan darah oranye harus memeriksa gejala lain, seperti vagina gatal, rasa tidak nyaman, dan keluarnya cairan berbau busuk.

Meskipun darah atau keluarnya cairan berwarna oranye tidak selalu menandakan adanya infeksi, ada baiknya seseorang memeriksakan diri ke dokter atau dokter kandungan untuk menjalani evaluasi.

Abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu biasanya merupakan tanda bakterial vaginosis, suatu kondisi yang terjadi akibat ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk di vagina.

Gejala lain dari vaginosis bakterial meliputi:

  • gatal di dalam dan sekitar vagina
  • aroma vagina berbau busuk yang sering digambarkan orang sebagai “amis”
  • rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil

Orang dengan gejala vaginosis bakterial sebaiknya menemui dokter atau dokter kandungan. Dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk mengatasi bakterial vaginosis.

Kehamilan

Pada tahap akhir kehamilan, keluarnya cairan berwarna abu-abu yang mengandung gumpalan dapat mengindikasikan keguguran. Wanita yang mengalami pendarahan saat hamil sebaiknya menemui dokter atau dokter kandungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini