Sukses

Canggung Memulai Obrolan? Sontek Cara Efektif Memulai Percakapan di Lingkungan Baru

Ada kalanya bagi sebagian orang merasa canggung untuk memulai berinteraksi dengan orang-orang baru. Ini tips dari pakar untuk mengatasi hal itu.

Liputan6.com, Jakarta Saat bertemu orang baru atau lingkungan baru tidak semua orang mampu beradaptasi dengan luwes. Ada kalanya rasa canggung untuk memulai berinteraksi dengan orang-orang tersebut. 

Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima untuk membantu mengatasi kecanggungan dan mempermudah perkenalan maka bisa melihat situasi di sekitar. 

"Orang itu berbeda-beda. Jadi ada baiknya kita melihat situasi dan orang-orang di sekitar kita terlebih dahulu," ungkap Saskhya dalam acara bersama Ritz Crackers. 

Berikut langkah selanjutnya agar tidak canggung dalam memulai obrolan di lingkungan yang baru:

1. Observasi Awal

Langkah pertama yang disarankan Saskhya adalah mengamati lingkungan sekitar. Dengan memahami suasana dan dinamika sosial sebelum memulai obrolan, kita dapat merasa lebih siap dan mengurangi rasa canggung.

2. Jangan Alihkan dengan Ponsel

Hindari kebiasaan memeriksa ponsel saat merasa canggung.

"Kita sering menggunakan ponsel sebagai pelarian saat tegang, padahal lebih baik menyimpan ponsel dan fokus pada percakapan," jelas Saskhya mengutip Antara.

Mengalihkan perhatian dari perangkat elektronik membuat Anda benar-benar terlibat dalam pembicaraan dapat memperkuat interaksi.

3. Memulai dengan Topik Netral

Untuk membuka percakapan, Saskhya menyarankan memulai dengan topik yang netral dan umum.

“Tanyakan hal-hal sederhana seperti bagaimana orang tersebut mengetahui acara ini atau sekolahnya dulu dimana” katanya.

Topik-topik ini dapat membantu menemukan kesamaan dan membuat obrolan lebih mudah mengalir.

4. Melakukan Aktivitas Bersama

Mengintegrasikan aktivitas seperti makan atau olahraga bisa membuat interaksi lebih alami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Mendengarkan dan Bertanya

 

Saskhya juga menekankan pentingnya mendengarkan dan bertanya lebih banyak daripada berbicara tentang diri sendiri.

“Bertanya dan mendengarkan dapat membuat percakapan lebih menarik dan memberi kesempatan untuk lebih memahami lawan bicara,” ujarnya.

6. Dukungan Teman

Jika masih merasa canggung, pertimbangkan untuk membawa teman yang sudah dikenal. “Teman yang familiar bisa membantu mencairkan suasana dan mempermudah adaptasi dalam perkenalan,” kata Saskhya.

 

3 dari 3 halaman

Pecahkan Kecanggungan dengan Bawa Camilan

Sementara itu, influencer Jerome Polin mengatakan salah satu cara biar enggak canggung adalah dengan membawa camilan atau makanan. Menurutnya itu bisa menjadi alat efektif untuk memulai percakapan.

“Lingkungan baru sering kali menimbulkan tantangan tersendiri, mulai dari rasa malu hingga ketidakpastian tentang topik yang tepat. Makanan bisa menjadi pemecah kebekuan yang baik,” kata Jerome.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.