Sukses

Mengapa Protein Wajib Dikonsumsi Setiap Hari? Simak Penjelasan Pakar

Rahasia Pentingnya Protein: Kunci Tubuh Sehat dan Bugar Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Terutama bagi mereka yang aktif, asupan protein sangat diperlukan. Meskipun banyak orang sadar bahwa protein penting, tidak semua orang memahami mengapa demikian.

Menurut penelitian dari Cambridge University di Indonesia, hampir satu dari dua orang tidak mendapatkan cukup protein setiap hari. Inilah alasan Herbalife meluncurkan kampanye 'Minum 2x Shake Tiap Hari' tahun ini. Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protein, mendorong konsumsi protein lebih banyak sebagai bagian dari pola makan yang seimbang, dan membantu pengelolaan berat badan.

Prof Dr Rimbawan dari Nutrition Advisory Board (NAB) Herbalife Indonesia menjelaskan bahwa protein adalah komponen dasar kehidupan yang terdiri dari asam amino. Asam amino ini sangat penting bagi otot, kulit, tulang, jaringan, dan organ tubuh kita.

Ketika kita mengonsumsi protein, tubuh memecahnya menjadi asam amino yang digunakan untuk membangun kembali protein baru di seluruh tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mendapatkan cukup protein. Jika tidak, tubuh akan mengambil asam amino dari otot, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protein: Kunci Kenyang Lebih Lama dan Metabolisme Lebih Efisien

Tiga Manfaat Utama Protein:

  1. Protein Membantu Anda Merasa Kenyang Lebih Lama: Banyak orang yang mencoba menurunkan berat badan atau atlet yang aktif sering merasa lapar. Di sinilah protein berperan penting, karena membantu Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat atau lemak. Jika Anda ingin mengurangi camilan yang tidak sehat, pilihlah makanan tinggi protein.
  2. Protein Meningkatkan Metabolisme Anda: Protein juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, yaitu proses tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Ini sangat penting bagi mereka yang ingin mengubah komposisi tubuh. Mengonsumsi protein sepanjang hari juga membantu mempertahankan massa otot, yang penting untuk menjaga metabolisme tetap optimal.
  3. Protein Membantu Pemulihan dan Pertumbuhan Otot: Protein berkualitas tinggi mengandung semua asam amino esensial, termasuk asam amino rantai cabang (BCAA) seperti leusin, yang sangat penting untuk pemulihan dan pertumbuhan otot setelah berolahraga.

 

3 dari 3 halaman

Sumber Protein Berkualitas

Sumber protein berkualitas tinggi bisa didapatkan dari makanan seperti ayam tanpa lemak, daging sapi, ikan, produk susu, dan telur. Protein nabati seperti kedelai, kacang polong, kinoa, dan biji rami juga efektif dalam mendukung pemulihan dan pertumbuhan otot.

"Waktu konsumsi protein sangat penting, terutama bagi atlet atau siapa saja yang berusaha membangun otot. Mengonsumsi protein setelah berolahraga membantu memperbaiki dan membangun kembali otot. Idealnya, Anda harus mengonsumsi 20 hingga 40 gram protein dalam waktu 30 menit setelah berolahraga," kata Prof. Rimbawan.

Jika Anda sering bepergian, konsumsi shake protein bisa menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Kampanye 'Minum 2x Shake Tiap Hari' juga mendorong orang Indonesia, terutama yang sibuk dan sering bepergian, untuk mengonsumsi dua shake sehari agar kebutuhan protein harian mereka tercukupi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.