Sukses

Manfaat Tidur Siang untuk Orang Dewasa, Salah Satunya Bikin Daya Ingat Lebih Tajam

Tidur siang membuat Anda jadi lebih energik, waspada dan rileks. Selain itu, juga membuat kemampuan mengingat lebih tajam.

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang merupakan salah satu aktivitas yang dianggap mewah bagi orang dewasa. Suatu aktivitas yang bisa dilakukan pada hari libur seperti saat ini.

Bukan rahasia lagi bila usai tidur siang pikiran jadi lebih segar dan merasa lebih berenergi. Hal tersebut disetujui oleh psikolog yang juga pakar tidur Michelle Drerup.

"Tidur siang membuat Anda jadi lebih energik, waspada dan rileks," kata Drerup.

Berikut tiga manfaat tidur siang yang bisa didapatkan oleh orang dewasa seperti mengutip Cleveland Clinic, Minggu, 11 Agustus 2024:

1. Meningkatkan Performa

Bagi orang yang semalam kurang tidur, lalu bisa tidur siang, wah rasanya pasti terasa segar. Namun,tidak harus kurang tidur untuk mendapatkan manfaat dari berbaring sebentar. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi, dan meningkatkan kemampuan penalaran logis.

2. Meningkatkan Daya Ingat 

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang mempelajari tugas baru mengingatnya dengan lebih baik setelah tidur siang sebentar.

Lalu, satu penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam dapat mengingat informasi baru dengan lebih baik daripada orang yang beristirahat atau belajar dengan tekun sebelum ujian. Dari ketiga kelompok tersebut, orang yang tidur siang mengingat informasi tersebut dengan lebih baik seminggu kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membantu Buat Suasana Hati Lebih Baik

Tidur siang dapat membantu meredakan stres dan bahkan dapat mengubah suasana hati yang buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah tidur siang di tengah hari, orang menjadi tidak terlalu impulsif dan dapat mengatasi rasa frustrasi dengan lebih baik.

 

3 dari 4 halaman

Tips Tidur Siang yang Tidak Ganggu Tidur Malam

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

1. Lama tidur siang.

"Bagi sebagian orang, tidur siang atau power nap 15-30 menit sudah baik," kata Drerup.

Durasi tersebut tidak terlalu pendek tapi sudah cukup untuk membuat tubuh refresh atau segar kembali. Lalu, tidur sebentar di siang hari juga tidak akan membuat kesulitan tidur di malam hari.

2. Tidak Perlu Tidur Siang Setiap Hari

Anda tidak perlu tidur siang setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya, kata Drerup. Namun, pada hari-hari yang memungkinkan, tidur siang sebentar dapat memberi Anda dorongan yang baik.

“Misalnya saat tubuh terasa lelah dari biasanya, tapi butuh fokus atau produktif, maka bisa tidur siang," katanya.

 

4 dari 4 halaman

3. Waktu Terbaik Tidur Siang

Jangan tidur siang terlalu sore karena bisa mengacaukan tidur malam.

"Hindari tidur siang idak tidur siang setelah pukul 2 atau 3 sore,” katanya.

Namun, ada pengecualian untuk aturan itu. “Jika Anda bekerja shift malam, tidur siang sebelum shift dimulai dapat sangat membantu meningkatkan kewaspadaan,” katanya.

“Demikian pula, tidur siang sebelum perjalanan jauh dapat membantu Anda tetap waspada bila bakal melakukan perjalanan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini