Sukses

7 Macam Buah untuk Bantu Atasi Perut Kembung, Efektif Sehatkan Pencernaan

Ahli gastroenterologi dari Florida Joseph Salhab merekomendasikan salah satu dari tujuh buah yakni blueberry, kurma, buah naga, kiwi, jambu biji, pepaya dan nanas untuk mengatasi perut kembung.

Liputan6.com, Jakarta - Perut kembung bisa dialami oleh siapa saja dan terjadi tiba-tiba. Masyarakat di Indonesia umumnya mengatasi perut kembung dengan mengoleskan minyak esensial seperti minyak kayu putih. Namun, selain itu, ada cara lain yang dapat dicoba yakni dengan mengonsumsi jenis buah tertentu.

Ahli gastroenterologi dari Florida Joseph Salhab merekomendasikan salah satu dari tujuh buah yakni blueberry, kurma, buah naga, kiwi, jambu biji, pepaya dan nanas untuk mengatasi perut kembung.

Lewat sebuah unggahan TikTok yang ditonton lebih dari 47.700 kali, Salhab merujuk pada studi tahun 2022 yang menyebut bahwa vitamin C meningkatkan kadar Bifidobacterium.

Bifidobacterium merupakan bakteri usus yang mencerna serat, menyerap nutrisi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

“Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan usus adalah dengan lebih banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi dan mengandung vitamin C,” jelas Salhab.

Menurutnya cara tersebut telah terbukti meningkatkan bakteri baik untuk kesehatan usus secara optimal.

Salhab menyarankan penderita sindrom iritasi usus besar atau dikenal dengan IBS untuk menguji secara perlahan toleransi terhadap ketujuh makanan tersebut karena fruktosa dalam buah-buahan dapat memicu gejala IBS.

Wanita dan orang dengan gangguan pencernaan seperti IBS, sembelit kronis, dan kolitis ulseratif cenderung mengalami kembung lebih sering dan parah.

Secara keseluruhan, hampir 18% populasi mengalami kembung setidaknya sekali seminggu, berdasarkan survei global.

Salah satu masalahnya adalah kebanyakan orang Amerika tidak mendapatkan cukup serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Konsumsi Serat

 

Diketahui, masyarakat di AS biasanya hanya mengonsumsi sekitar 15 gram sehari ketika American Heart Association merekomendasikan orang dewasa makan 25 hingga 30 gram untuk membantu mengatur pergerakan usus, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dilansir New York Post

Panduan Salhab muncul ketika praktisi keluarga yang berbasis di LA, Sasha Haddad, menyarankan untuk menghilangkan sembelit dengan dua buah kiwi sehari.

 

3 dari 3 halaman

Sembelit Berkurang dengan Konsumsi Kiwi

Faktanya, beberapa peserta studi tahun 2023 menemukan bahwa sembelit lebih berkurang dengan mengonsumsi dua buah kiwi hijau yang sudah dikupas setiap hari dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen serat.

Jika Anda bisa memakannya, kulit kiwi kaya akan serat. Haddad mengungkapkan bahwa dia tidak keberatan mengonsumsi dengan kulitnya yang sudah “dicuci bersih”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.