Sukses

Kalau Pakai Sunscreen Setiap Hari, Bisa Dapat Cukup Vitamin D Enggak Ya?

Menggunakan tabir surya akan menghambat paparan sinar UVB pada kulit, apakah ini artinya akan menghambat proses tubuh menghasilkan vitamin D?

Liputan6.com, Jakarta - Vitamin D adalah nutrisi penting yang membangun tulang yang sehat, memungkinkan saraf membawa pesan antara otak dan tubuh, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D yang mereka butuhkan dari makanan dan sinar matahari.

Paparan sinar matahari di waktu tertentu membantu proses sintesis vitamin D oleh ginjal dan hati. Sinar ultraviolet B (UVB) membantu tubuh menghasilkan vitamin D secara alami, seperti dijelaskan Kellie Reed, MD, dokter kulit di Westlake Dermatology di Texas.

Namun, paparan sinar ultraviolet juga dapat menimbulkan beberapa efek tidak menyenangkan pada tubuh, yaitu sengatan matahari. Dan karena sengatan matahari merupakan prediktor kuat berkembangnya kanker kulit di kemudian hari, maka dapat dimengerti mengapa para ahli merekomendasikan orang untuk memakai tabir surya atau melakukan tindakan pencegahan lain untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari.

Hanya saja, pertanyaannya kemudian, menggunakan tabir surya akan menghambat paparan sinar UVB pada kulit, apakah ini artinya akan menghambat proses tubuh menghasilkan vitamin D? Berikut penjelasan para ahli seperti dilansir Health.

Ahli onkologi radiasi dan kepala petugas medis di Alpha Tau Medical, mengatakan kepada Health, meskipun memakai tabir surya berspektrum luas membantu menghalangi sinar UVB, dampak tabir surya sangatlah kecil. 

“Tabir surya hanya berdampak kecil atau tidak sama sekali terhadap [kadar] vitamin D,” ujar Robert Den. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Hubungan Antara Penggunaan Sunscreen dan Kekurangan Vitamin D

Faktanya, banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya dan kekurangan vitamin D tidak ada hubungannya, termasuk sebuah penelitian yang menemukan bahwa pengguna tabir surya secara teratur tidak mengalami kekurangan dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan tabir surya.

“Hal ini mungkin terjadi karena tidak peduli seberapa banyak tabir surya yang Anda gunakan atau seberapa tinggi SPF-nya, sebagian sinar UV matahari masih mencapai kulit,” jelas Reed. “Misalnya, SPF 30 mencegah 97% sinar UVB dengan pengaplikasian dan pengaplikasian ulang yang sempurna.”

Sejumlah kecil sinar UVB yang mencapai kulit seharusnya cukup untuk merangsang produksi vitamin D. “Tidak perlu banyak,” kata Reed.

Selain itu, jarang sekali orang mengaplikasikan tabir surya dengan benar, tambahnya. Idealnya, Anda harus mengoleskan satu ons tabir surya untuk menutupi kulit yang terpapar, dan mengaplikasikannya kembali setidaknya setiap dua jam, kata Reed.

“Kebanyakan orang tidak menggunakan [tabir surya] secara bijaksana dan menutupi kulit mereka dalam jumlah yang tipis, sehingga kecil kemungkinannya dapat mencegah penyerapan,” jelas Den.

Bahkan mereka yang rajin menggunakan tabir surya setiap hari kemungkinan besar masih akan mengalami paparan sinar matahari tanpa perlindungan, seperti saat keluar masuk mobil. Paparan sinar matahari dalam jumlah kecil ini masih dapat berkontribusi pada sintesis vitamin D, kata Lauren Penzi, MD, dokter kulit di MDCS Dermatology di New York, kepada Health.

 

3 dari 3 halaman

Berapa Banyak Vitamin D yang Sebenarnya Anda Dapatkan dari Matahari?

Jumlah vitamin D yang bisa Anda peroleh dari sinar matahari bergantung pada beberapa hal, termasuk usia Anda, warna kulit, kapan Anda pergi keluar, dan banyak lagi, kata Reed.

Pertama, orang dengan kulit lebih gelap biasanya menghasilkan lebih sedikit vitamin D saat tubuhnya terkena sinar matahari. Orang lanjut usia dan mereka yang cenderung memakai pakaian yang menutupi sebagian besar tubuhnya juga mungkin menyerap lebih sedikit vitamin D dari sinar matahari.

Saat Anda cenderung berada di luar juga bisa berperan. Banyak penelitian “menunjukkan bahwa tubuh paling efisien dalam memproduksi vitamin D pada siang hari,” Reed menambahkan.56 Sinar UVB cenderung paling kuat pada waktu ini—sinar matahari mencapai puncaknya antara jam 10 pagi dan 4 sore. Orang mungkin tidak mendapatkan banyak vitamin D dari sinar matahari jika mereka tidak berada di luar ruangan pada jam-jam tersebut.

Faktor lingkungan seperti awan dan polusi udara juga mungkin mempengaruhi jumlah vitamin D yang diserap seseorang dari sinar matahari.

Meskipun penyerapan vitamin D dari sinar matahari berubah-ubah tergantung pada setiap individu, penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang dapat memperoleh cukup vitamin D dari makanan dan suplemen mereka, kata Den.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini