Sukses

Terkena PHK, Praktikkan 5 Langkah Ini untuk Kelola Stres dan Turbulensi Pasca Pemutusan Hubungan Kerja

Di-PHK bisa terasa sangat pribadi dan berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa dialami siapa sajan dan terjadi kapan saja, terlebih di tengah kondisi ekonomi global yang sedang tidak baik-baik saja. Meski demikian, perlu kondisi mental tertentu ketika mimpi buruk ini menimpa Anda.

Pemberitahuan mengenai PHK umumnya dilakukan melalui surat/surat elektronik resmi dari manajemen perusahaan tempat Anda bernaung. Namun, tak sedikit pula yang didahului dengan pemberitahuan lisan oleh supervisor/manajer ataupun penanggung jawab divisi. Khususnya jika PHK menjadi langkah yang diambil terkait kondisi perusahaan yang tengah menghadapi tantangan.

Mendapati pemberitahuan PHK lewat lisan maupun non-lisan tentunya bukan pengalaman yang enak, apalagi diharapkan siapa pun. Dengan emosi yang campur aduk, Anda mungkin sudah mengetahui surat ini akan datang, meskipun banyak orang tidak mengetahui surat semacam ini akan datang.

Di-PHK bisa terasa sangat pribadi dan berdampak buruk pada kesehatan mental Anda. Seiring dengan banyaknya dampak dari hilangnya pendapatan, status, struktur sehari-hari, dukungan sosial, harga diri, dan identitas, ada juga ketidakpastian yang sering muncul saat memetakan langkah karier Anda selanjutnya. Yang memperparah masalah ini adalah banyak organisasi yang tidak mengomunikasikan rencana perampingan mereka dengan penuh perhatian dan rasa hormat yang pantas diterima karyawannya.

Untuk mengatasi stres dan tekanan luar biasa akibat PHK tanpa merasa tersinggung, cobalah lima strategi berikut, dilansirHarvard Business Review:

Validasi perasaan Anda

Menurut pelatih eksekutif Deborah Grayson Riegel, ketika sesuatu yang mengancam atau membuat stres terjadi, biasanya kita akan menyalahkan diri sendiri, merenung, dan/atau membuat bencana — namun respons ini tidak membantu dan tidak produktif.

“Sebaliknya, memperhatikan dan menyebutkan apa yang Anda rasakan dalam bahasa netral, menempatkannya dalam perspektif, berfokus pada hal positif, dan membuat rencana akan lebih membantu dan adaptif,” kata Riegel.

Mengidentifikasi emosi menciptakan ruang antara Anda dan perasaan itu, membantu Anda merasa lebih tenang. Saat Anda menurunkan tingkat stres, amigdala – bagian otak Anda yang terlibat dalam mode “fight-flight-freeze” – memberi ruang untuk memberikan respons yang lebih bijaksana.

Dengan mengingat hal ini, luangkan waktu untuk mengakui apa yang terjadi, memikirkan kehilangan, dan mengenali perasaan spesifik Anda, apakah kecemasan, kemarahan, stres, rasa malu, malu, atau kesedihan. Berduka adalah bagian alami dari penyembuhan segala jenis kehilangan, itulah sebabnya orang sering kali mengalami reaksi khas terhadap kesedihan – termasuk penolakan, kemarahan, dan depresi – setelah diberhentikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Minta rekan kerja untuk menyebutkan kelebihan Anda

Setelah kehilangan pekerjaan, Anda mungkin merasa sangat sadar akan kelemahan Anda, namun hilangkanlah hal itu - Anda perlu mengartikulasikan kekuatan Anda saat mengejar langkah karier berikutnya. Untuk memfokuskan kemampuan Anda, mintalah mantan rekan kerja untuk merenungkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

Ketika Anda melihat saya dalam kondisi terbaik, apa yang saya lakukan?Apa yang berarti bagi Anda tentang pengalaman ini?Apa dampak yang saya dapatkan?Kekuatan apa yang Anda perhatikan?Ketika Anda menerima tanggapan mereka, aturlah berdasarkan tema-tema seperti pembangunan tim, integritas, ketekunan, dan rasa ingin tahu. Terakhir, tulis deskripsi diri Anda yang merangkum informasi tersebut. Latihan ini dapat membantu Anda tidak hanya mengingat kekuatan Anda, tetapi juga menyusun rencana yang bisa diterapkan untuk mengembangkannya selama mencari pekerjaan.

 

3 dari 5 halaman

Prioritaskan Langkah Selanjutnya

Meskipun kepercayaan diri Anda mungkin masih terguncang, Anda perlu mengatasi keraguan diri dan mengambil tindakan sepanjang jalur karier Anda. Dengan menetapkan tujuan profesional dan bertahan menghadapi tantangan, Anda dapat mulai percaya lagi pada kemampuan Anda untuk sukses.

Kuncinya adalah berkomitmen untuk melakukan sesuatu yang akan memajukan niat karier Anda — misalnya dengan membuat katalog pencapaian Anda, memperbarui resume Anda, meminta umpan balik dari orang-orang tepercaya di jaringan Anda, dan secara strategis menjangkau kontak jaringan yang dapat memberikan wawasan tentang karier prospektif. daerah. Tindakan lain mungkin termasuk merevisi profil LinkedIn Anda dan menyusun daftar organisasi target.

 

4 dari 5 halaman

Pertimbangkan untuk Memulai Pekerjaan Sampingan

 

Sebagai langkah tambahan berikutnya, pertimbangkan untuk menghasilkan pendapatan melalui usaha wirausaha — misalnya, dengan mendiversifikasi portofolio proyek konsultasi/penasihat Anda selama mencari pekerjaan atau membangun ide bisnis yang ingin Anda wujudkan.

Chief Human Resource Officer dan Konsultan Yuri Kruman menyarankan kliennya, yang diberhentikan dari sebuah startup fintech, untuk mendiversifikasi portofolio proyek konsultasi/penasihatnya di samping pekerjaan penuh waktunya yang baru. Ketika kliennya yang lain dipecat dari sebuah firma hukum, Yurman melatihnya untuk memfokuskan waktunya membangun praktik konsultasi kesehatannya, yang ingin ia kembangkan tetapi tidak pernah ia miliki saat bekerja penuh waktu sebagai pengacara.

Memulai pekerjaan sampingan adalah cara yang bagus untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan sendiri, dan ini menawarkan tempat pengujian yang sempurna untuk mencoba jalur karier baru atau mengubah bakat dan hobi menjadi penghasil uang.

Jika Anda punya waktu luang karena PHK, ini mungkin saat yang tepat untuk memanfaatkan pekerjaan sampingan untuk melengkapi pencarian kerja Anda. Beberapa pekerjaan sampingan memiliki manfaat tambahan yaitu menghasilkan pendapatan yang sama besarnya dengan pekerjaan penuh waktu — atau lebih. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun “asuransi karir” sebagai pilihan cadangan selama masa pengangguran atau ketidakpastian ekonomi.

 

5 dari 5 halaman

Ubah Perspektif

Jurnalis bisnis Natasha D’Souza telah diberhentikan dua kali. D'Souza mencatat bahwa "menganggapnya sebagai masalah pribadi menghambat Anda menciptakan ruang mental dan energi emosional untuk mengubah orientasi diri Anda ke identitas baru dan menavigasi fase eksplorasi baru dalam karier Anda."

Dia menyarankan bahwa “daripada terbawa emosi yang timbul karena menjadikannya bersifat pribadi,” akan lebih produktif untuk menerapkan kekuatan emosional tersebut untuk membuka jalan bagi pertumbuhan di masa depan.

“PHK sering kali menjadi hal terbaik,” tambah pelatih kepemimpinan Rashmir Balasubramaniam.

“Ini bisa menjadi katalis untuk pertumbuhan pribadi dan peluang untuk bergerak menuju sesuatu yang lebih terarah, menyenangkan, dan memuaskan. Ketika Anda siap untuk menerima pola pikir tersebut, hal itu bisa menjadi sebuah anugerah, sebuah kesempatan untuk mengambil langkah-langkah yang mungkin tidak berani Anda ambil.”

Sangat mudah untuk merasa malu, bersalah, frustrasi, atau marah ketika Anda kehilangan pekerjaan. Namun jika Anda menyadari bahwa banyak PHK yang terjadi bukanlah masalah pribadi, hal ini dapat membantu Anda tetap fokus pada masa depan, bukan masa lalu.

Kelilingi diri dengan orang-orang positif, pikirkan hambatan yang telah Anda atasi, dan ingat semua yang telah Anda capai. Daripada menyalahkan diri sendiri, bangunlah kepercayaan diri Anda, dan calon pemberi kerja akan menyadarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini