Sukses

Rektor Undip: Mahasiswi PPDS Aulia Risma Lestari Punya Masalah Kesehatan dan Sempat Ingin Mengundurkan Diri

Rektor Undip mengatakan bahwa tidak benar mahasiswi PPDS Undip Aulia Risma Lestari mendapatkan perundungan. Fakta dari investigasi internal ditemukan bahwa mahasiswi tersebu sakit dan sempat ingin mengundurkan diri.

Liputan6.com, Semarang Universitas Diponegoro (Undip) sudah melakukan investigasi internal usai ramai pemberitaan mengenai meninggalnya salah satu mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesi dokter Aulia Risma Lestari.

Berdasarkan hasil investigasi internal, Rektor Undip Suharnomo mengatakan Aulia Risma tidak mendapatkan perundungan selama menempuh pendidikan.

"Mengenai pemberitaanya meninggalnya almarhumah berkaitan dengan perundungan yang terjadi dari investigasi internal kami hal tersebut TIDAK BENAR," kata Suharnomo dalam pernyataan tertulis pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Suharnomo juga mengungkap bahwa semasa berkuliah mahasiswi PPDS Undip memiliki masalah kesehatan. Namun tidak dijelaskan secara rinci masalah kesehatan tersebut untuk menjunjung privasi mahasiswi PPDS Undip itu.

"Almarhumah mempunyai problema kesehatan yang dapat memengaruhi proses belajar yang sedang ditempuh," kata Suharnomo.

Mengingat Aulia Risma memiliki masalah kesehatan, Pengelola PPDS Anestesi memantau aktif kondisi wanita tersebut.

Aulia Risma Lestari Sempat Ingin Mengundurkan Diri

Suharmono juga mengungkapkan bahwa masalah kesehatan yang dialami Aulia Risma sempat membuat mahasiswi tersebut ingin mengundurkan diri.

Namun karena ia adalah penerima beasiswa yang terikat dengan ketentuan maka urung mengundurkan diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

FK Undip Sudah Terapkan Gerakan Zero Bullying

Dalam pernyataan tertulis itu, Suharmono juga menyebut Fakultas Kedokteran (FK) Undip sudah menerapkan gerakan zero bullying.

Bahkan ada juga Tim Pencegahan dan Penanganan Perundungan dan Kekerasan Seksual di FK Undip sejak 1 Agustus 2023.

Ia pun mengatakan siap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait untuk mengklarifikasi dan mendiskusikan hal itu lebih lanjut.

 

3 dari 5 halaman

Aulia Risma Lestari Ditemukan Meninggal di Kos

Aulia Risma Lestari ditemukan meninggal dunia pada Senin, 12 Agustus 2024. Ia ditemukan meninggal di kos yang terletak di Jalan Lempongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kematiannya diduga berkaitan dengan perundungan di tempatnya menempuh pendidikan.

4 dari 5 halaman

Polisi Selidiki Kasus Kematian Mahasiswi PPDS Undip

Pihak kepolisian pun tengah melakukan penyelidikan terhadap kematian pada Aulia seperti disampaikan Kasat Reskrim Polrestabes Semarang Kompol Andika Dharma Sena.

"Kita selidiki dulu, karena ada informasi yang bersangkutan sakit," katanya.

Terkait dengan perundungan, Kasat Reskrim Andika Dharma Sena mengatakan masih akan mendalami informasi tersebut.

 "Masih kami cek, benar atau tidak," tambahnya mengutip Antara.

5 dari 5 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.