Sukses

Sambut HUT RI 17 Agustus 2024, Ini Arti Merdeka Menurut Para Dokter

Tiga dokter ungkap arti merdeka di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) diperingati setiap 17 Agustus. Di hari kemerdekaan 2024, para dokter mengungkap arti kemerdekaan menurut pandangan mereka.

Dokter sekaligus epidemiolog Dicky Budiman menyampaikan bahwa arti kemerdekaan adalah kaya, kuat, bebas dari belenggu, tidak bergantung.

“Ini yang saya kira harus diimplementasikan, direfleksikan dalam dunia nyata. Jadi kita harus cukup secara finansial sebagai individu maupun negara. Tidak mesti kaya ya, tapi cukup secara finansial,” kata Dicky kepada Health Liputan6.com, Sabtu (17/8/2024).

“Kemudian bicara sejahtera juga artinya ada sandang, pangan, papannya di situ, nah itu merdeka. Kalau tidak, akan sulit untuk bisa independen. Termasuk dalam konteks negara ya kita harus berdikari, mandiri, apalagi kita negara yang kaya,” tambahnya.

Di masa kemerdekaan ini, lanjutnya, jangan sampai ada orang yang tidak merdeka, tidak bisa menentukan sikap sendiri, tidak bisa menentukan posisinya atau pendapatnya karena terbelenggu.

Dicky berharap, di hari kemerdekaan ini, setiap warga bisa mengaktualisasikan, mengimplementasikan, merasakan, menikmati arti merdeka itu.

“Yang tentunya ini selain kewajiban pemerintah dan negara, tentu juga ada peran kita semua sehingga kita sebagai individu bisa hidup di negara ini dengan merdeka. Merdeka berpendapat tapi tetap bertanggung jawab, tanpa ada ketakutan, tanpa ada tekanan, merdeka dalam memperoleh pekerjaan, hak pendapatan, dan hak rekreasi,” kata Dicky.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merdeka adalah Bebas Tumbuh dan Berkembang Sesuai Potensi

Senada dengan Dicky, dokter Ahli Gizi Komunitas Tan Shot Yen juga menilai kemerdekaan sebagai bentuk kebebasan terutama untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensinya.

“Merdeka itu setiap orang punya kebebasan untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensinya. Merdeka dari pembodohan dan pengaruh orang lain, mempunyai otonomi moral untuk bisa membuat keputusan menurut akal budi,” kata Tan kepada Health Liputan6.com melalui pesan tertulis, Selasa (13/8/2024).

Di hari kemerdekaan tahun ini, Tan berharap Indonesia siap lepas landas menuju Indonesia emas 2045.

“Harapan saya? Indonesia siap lepas landas menuju Indonesia emas 2045. Setiap anak mendapat hak tumbuh kembang semaksimal mungkin.”

“Para orangtua mempunyai kesempatan mendapat pekerjaan yang layak dan hak-hak pekerja yang dipenuhi dengan baik termasuk kesempatan menyusui anak secara eksklusif dan diteruskan hingga 2 tahun,” harapnya.

3 dari 4 halaman

Semua Warga Berhak Hidup Layak

Tan juga berharap agar seluruh warga negara mendapat hak hidup yang layak termasuk hidup di lingkungan sehat dan bebas korupsi.

“Seluruh warga negara juga mendapat hak atas hidup yang layak, mulai dari udara bersih hingga pajak yang dibayarkan bersih bebas korupsi.”

“Merdeka dengan literasi dan nalar membuat kita tidak terjebak dengan hasutan iklan atau informasi-informasi yang merusak masa depan,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Kemerdekaan adalah Nol Kematian Ibu

Sementara, dokter spesialis kesehatan seksual dan reproduksi UNFPA, Sandeep Nanwani mengatakan, kemerdekaan adalah nol kematian ibu.

“Kalau semua ibu bersalin dilayani oleh bidan yang sangat kompeten dan mengalami persalinan yang baik dan bukan pengalaman bersalin yang mematikan dan sangat traumatis, itu adalah arti kemerdekaan,” kata Sandeep kepada Health Liputan6.com saat ditemui di Jakarta, Selasa (13/8/2024).

“Jadi semua ibu dapat bersalin dengan nyaman, selamat, dan kalau terjadi komplikasi dapat ditangani dengan baik,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.