Sukses

Perdana Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Ratusan Tim Kesehatan Bersiaga Dukung Acara

Sekitar 200 tim kesehatan yang terdiri dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur, TNI/Polri, serta Satuan Kesehatan Presiden (Satkespres) telah bersiap di berbagai titik posko kesehatan IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI untuk pertama kalinya akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2024. Untuk itu, sejumlah pihak, termasuk tim kesehatan pun telah bersiaga guna mendukung rangkaian perayaan tersebut.

Sekitar 200 tim kesehatan yang terdiri dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur, TNI/Polri, serta Satuan Kesehatan Presiden (Satkespres) telah bersiap di berbagai titik posko kesehatan IKN.

"Tim kesehatan di IKN telah bersiaga untuk mendukung rangkaian perayaan HUT ke-79 RI," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) Jaya Mualimin di Ibu Kota Nusantara, Sabtu, dilansir ANTARA.

Siaga kesehatan pada perayaan upacara Kemerdekaan RI hari ini, jelas Jaya, melibatkan kerja sama dengan Dinkes kota dan kabupaten, serta rumah sakit swasta. Menurutnya, sejumlah rumah sakit di sekitar telah bersiap menangani kasus kesehatan.

"Rumah sakit rujukan di IKN, seperti Rumah Sakit Hermina, siap menangani kasus jantung dan stroke. Selain itu Rumah Sakit Mayapada dan rumah sakit vertikal lainnya juga siap menangani kasus penyakit berat," ujarnya.

Sedangkan rumah sakit di tingkat provinsi yang menjadi rujukan yang dikelola, lanjut Jaya, yakni Rumah Sakit Kanujoso, RS Siloam, serta RS Tentara Hardjanto.

"RS AWS juga disiapkan, meskipun jaraknya cukup jauh, sehingga rumah sakit terdekat di Balikpapan menjadi pilihan utama," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ratusan Nakes Dukung Upacara di IKN

Guna mendukung kegiatan di IKN, kata dia, ratusan tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, perawat, dan tenaga medis telah diturunkan.

Adapun pada hari ini, Jaya mengatakan tim kesehatan telah disiapkan di setiap titik upacara, termasuk untuk mendukung peserta upacara yang sebagian besar adalah tentara dan polisi.

"Kami telah menyiapkan tim kesehatan khusus untuk tentara dan polisi, serta membekali mereka dengan vitamin dan obat-obatan," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Antisipasi Heatstroke

Langkah antisipasi seperti penyediaan pendingin juga telah dilakukan untuk mengatasi kemungkinan terjadi sengatan panas (heatstroke) atau pingsan.

Sementara itu, ada pula tim kesehatan yang bersiaga untuk peserta upacara undangan yang berada di tribun tertutup. Bagi para tamu undangan dari tokoh masyarakat dan tokoh adat juga didampingi tenaga medis.

"Posko kesehatan di puskesmas setempat siaga untuk menangani masalah kesehatan ringan yang mungkin terjadi," kata Jaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini