Sukses

Terinsprasi Masa Pandemi, Kahfi Emerald Hadirkan Inovasi Desain Rumah Modern yang Dukung Harmoni Bertetangga

Kondisi pandemi yang mengubah cara hidup masyarakat saat ini ikut menginspiras desain komplek hunian terbaru di kawasan Jl. M, Kahfi, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Terinspirasi dari kondisi pandemi, hunian baru di Jakarta Selatan menawarkan desain rumah tapak unik yang mengedepankan interaksi sosial yang aman dan nyaman bagi penghuninya.

Berlokasi di Jl M. Kahfi I,Jakarta Selatan, Kahfi Emerald dirancang dengan desain inovatif, mempertimbangkan kebutuhan keluarga modern. Tak dimungkiri, kondisi pandemi yang mengubah cara hidup masyarakat saat ini ikut menginspirasi. Hal itu tercermin pada desain rumah yang memaksimalkan lahan fungsi tiap-tiap ruang untuk dapat menunjang sebagian besar aktivitas.

"Sejak pendemi, kita lebih sering bekerja dari rumah, jadi kita juga menyertakan ruang kerja di dalam rumah," ungkap CEO PT Agung Mentari Timur Rieky Gunawan, pengembang Kahfi Emerald, Sabtu (10/8).

Arsitek Denny Gondo mendesain hunian di Kahfi Emerald dengan fleksibilitas tinggi dan inovatif yang menjamin kenyamanan penghungi. Salah satunya dengan menerapkan konsep double decker, seperti disampaikan CEO PT Agung Mentari Timur Inggrid Theresia. Menurutnya konsep tersebut serta adanya mezanin menjadi konsep baru bagi hunian di area Kahfi.

Luas bangunan rumah modern ini mulai dari 235 m2 dan 293 m2 yang berdiri di kavling 7x11 dan 9x11 meter dirancang seoptimal mungkin. Adapun area lantai dasar sebagian besar digunakan untuk carport, garasi, ruang service dan kamar pembantu. Sementara ruang tamu atau ruang keluarga serta dapur dan kamar mandi terletak di atasnya. Adapun level tiga memuat dua kamar anak, kamar mandi, master bedroom serta tambahan attic (loteng) yang bisa dfungsikan sebagai ruang kerja, studio, mini family room, perpustakaan, atau lainnya.

"Di sini, kami sangat fleksibel. Bukan hanya tiga kamar tidur, tapi kalau mau di plus-plusin, banyak ruang tambahan yang bisa dimanfaatkan," tambahnya. Dengan desain ini, calon pembeli dapat memiliki hingga enam kamar di rumah mereka, sesuai kebutuhan.

Selain itu, setiap rumah telah dilengkapi dengan beberapa perabot (semi furnished) serta fitur smart home system.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Komunal yang Memupuk Kehangatan Antartetangga

Pandemi juga mengingatkan akan pentingnya komunitas dan kebersamaan, nilai-nilai inilah yang coba dihidupkan kembali di Kahfi Emerald. Proyek ini menawarkan area komunal yang luas, yang tidak hanya menjadi tempat berkumpul, tetapi juga sarana untuk mempererat hubungan dengan tetangga, memungkinkan antarpenghuni untuk saling berinteraksi.

"Kami ingin mengembalikan konsep di mana rumah bisa menjadi tempat yang hangat dan rukun bertetangga," jelas Rieky.

Salah satu fitur menarik adalah deretan rumah dengan format 10-10 yang dibuatkan area bersama pada lantai dua. Area balkon tiap-tiap rumah cukup luas untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari berkumpul untuk sesi barbecue atau berolahraga.

Ada pula jogging track sepanjang 100 meter yang mengelilingi kawasan, memberikan kesempatan bagi penghuni untuk berolahraga sambil berinteraksi dengan tetangga.

"Di sini, kita tetap bisa menjaga privasi masing-masing, namun juga ada ruang untuk berinteraksi,' tutur Rieky.

Selain jogging track, perumahan ini juga menyediakan ruang terbuka lain seperti playground di atas security gate dan ruang multifunction yang dapat menampung hingga 40 orang. Ruang ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti perayaan ulang tahun atau karaoke bersama.

 

3 dari 3 halaman

Keamanan dan Kenyamanan di Satu Kompleks

Salah satu keunggulan tinggal di Kahfi Emerald adalah rasa aman dan nyaman yang ditawarkan.

"Di sini, kita tidak perlu repot-repot memikirkan keamanan rumah secara individu. Ada security, CCTV, dan tetangga yang saling mengawasi," kata Rieky. Hal ini membuat penghuni merasa lebih aman tanpa perlu memasang pagar tinggi atau sistem keamanan tambahan.

Dengan mengusung konsep rumah tapak yang memberikan ruang lebih luas dibandingkan apartemen, Kahfi Emerald bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menghargai ruang terbuka dan kenyamanan.

"Pandemi telah mengajarkan kita bahwa ruang itu sangat berharga. Di sini, kami menawarkan ruang yang cukup luas untuk keluarga, di mana anak-anak bisa bermain dan berinteraksi dengan tetangga," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini