Sukses

2 Jenis Wasir atau Ambeien, Ketahui Perbedaan dan Penanganannya

Ambeien dapat menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan bahkan berdarah saat buang air besar.

Liputan6.com, Jakarta Wasir atau ambeien adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah bagian akhir dari usus besar (hemoroid interna) dan vena area anus (hemoroid eksterna) membengkak dan meradang. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut hemorrhoid.

Ambeien dapat menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan bahkan berdarah saat buang air besar. Namun, pengidapnya kerap ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, umumnya karena malu.

Menurut dokter spesialis bedah umum di RS EMC Cikarang, Irawan Sukarno, wasir terbagi menjadi dua, yakni wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam terbagi lagi berdasarkan ukuran dan tingkat keparahannya, mulai dari derajat satu sampai derajat empat, yakni:

  1. Pada derajat satu, terdapat pembengkakan kecil muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat dari luar anus.
  2. Pada derajat dua pembengkakan lebih besar dan keluar dari anus saat BAB dan dapat masuk kembali setelah BAB.
  3. Derajat tiga terdapat satu atau beberapa benjolan yang menggantung di anus tapi benjolan tersebut hanya bisa masuk kembali hanya dengan didorong.
  4. Derajat empat adalah saat terdapat benjolan besar yang menggantung di anus namun sudah tidak bisa di dorong kembali.

Gejala wasir dalam adalah nyeri dan panas pada area anus serta buang air besar berdarah,” kata Irawan mengutip laman EMC, Selasa (20/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wasir Luar

Sedangkan wasir luar atau hemoroid eksterna adalah jenis wasir yang paling tidak nyaman, karena letaknya yang disekitar lubang anus dan berdekatan dengan area kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit tererosi dan iritasi.

“Bila terjadi pembekuan darah didalam pembuluh darah balik tersebut, maka akan terasa nyeri yang mendadak,” jelas Irawan.

Gejala dari wasir luar antara lain:

  • Terasa perih, panas, dan terkadang gatal pada anus;
  • adanya benjolan pada area sekitar anus;
  • BAB berdarah.
3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Menangani Wasir?

Beberapa cara untuk menangani wasir adalah dengan:

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi serat;
  • mengkonsumsi air putih lebih banyak;
  • tidak mengejan saat buang air besar;
  • tidak duduk atau jongkok di toilet terlalu lama;
  • duduk di wadah dengan air hangat atau disebut juga dengan sitz bath beberapa kali sehari untuk mengurangi nyeri.
4 dari 4 halaman

Sudah Konsumsi Obat tapi Tak Kunjung Membaik

Irawan mengingatkan, jika pasien wasir telah mengonsumsi obat ambeien lebih dari satu minggu tapi tidak kunjung membaik, maka perlu periksa ke dokter.

“Jika Anda menggunakan obat wasir yang dijual di apotek selama lebih dari satu minggu dan belum ada perbaikan gejala, maka diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk dianalisa apakah membutuhkan tindakan operasi pengangkatan hemoroid atau tidak,” ujar Irawan.

Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan metode HAL-RAR (Hemorrhoid Artery Ligation with Recto Anal Repair) yaitu sebuah tindakan dimana dokter akan mengikat pembuluh darah besar pada anus dan memperbaiki benjolan dengan menggunakan alat doppler. Hal ini banyak dipilih karena tergolong tindakan yang minimal invasif tanpa pisau bedah.

“Dengan banyak nya pilihan metode operasi dan pengobatan saat ini, diharapkan agar pengidap wasir tidak lagi ragu dan malu untuk memeriksakan diri ke dokter,” saran Irawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.