Sukses

RS Hermina Nusantara, Menuju Smart Hospital Berbasis Eco Green di Jantung Ibu Kota Baru

Tepat pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, Hermina memperluas jangkauan pelayanannya ke kawasan Ibu Kota Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan pesat Ibu Kota Nusantara (IKN), PT Medikaloka Hermina Tbk mengambil langkah strategis dengan membuka RS Hermina Nusantara sebagai rumah sakit ke-50 dalam jaringannya. Tepat pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, Hermina memperluas jangkauan pelayanannya ke kawasan baru yang dinamis ini. Terletak di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, rumah sakit ini diharapkan menjadi pusat layanan kesehatan unggulan yang siap mendukung kebutuhan masyarakat di IKN.

Dengan desain modern dan elegan, RS Hermina Nusantara dibangun di atas lahan seluas 20.718 m² dan memiliki delapan lantai yang direncanakan mencapai luas total 28.000 m². Walaupun pembangunan baru dimulai pada awal 2024, tiga lantai telah siap melayani pasien rawat jalan, rawat inap, serta Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Selain memberikan pelayanan kesehatan umum, fokus pelayanan yang diberikan adalah pelayanan dasar yang terdiri dari IGD, ICU, dan Traumatologi sebagai unggulan dasar, serta target pelayanan unggulan spesialistik dan subspesialistik yang terdiri dari Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan onkologi,” ujar Presiden Direktur PT Medikaloka Hermina Tbk. dr. Hasmoro melalui keterangan tertulis. 

Komitmen ini, lanjutnya, selaras dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan unggulan.

Untuk memastikan pelayanan optimal, RS Hermina Nusantara didukung oleh RS Hermina Balikpapan dan RS Hermina Samarinda, serta bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Berbagai perusahaan asuransi di Indonesia juga turut mendukung proses pembukaan bertahap rumah sakit ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Pengembangan Ibu Kota Nusantara

Pembangunan rumah sakit ini memiliki landasan yang kuat. setelah melewati proses penandatangan kesepakatan danterbitnya Keputusan Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan Otoritas Ibu Kota Nusantara(OIKN) tentang Penetapan Pengalokasian Lahan untuk PT Medikaloka Hermina Tbk di Ibu Kota Nusantara pada bulan September 2023, Hermina telah melakukan groundbreaking pada 1 November 2023 dan pembangunan fondasi di bulan Desember 2023.

“Sejak awal kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara karena kami melihat potensi besar di masa depan,” jelas dr. Hasmoro.

“Kami menargetkan RS Hermina Nusantara menjadi rumah sakit berbasis ecogreen dan smart hospital, dengan akreditasi nasional dan internasional, untuk melayani berbagai kalangan pasien kami, baik eksekutif maupun non-eksekutif," tambahnya. 

Sebelumnya, PT Medikaloka Hermina Tbk juga telah melakukan soft opening untuk RS Hermina Madiun pada Juli 2024. Ini merupakan rumah sakit ke-49 dalam jaringannya. Dengan dibukanya RS Hermina Nusantara, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar akan layanan kesehatan yang berkualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.