Sukses

Manfaat Rutin Makan Apel, Salah Satunya Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Apel merupakan buah yang kaya vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Apel merupakan buah yang kaya vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Ahli gizi lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Vania mengungkapkan bahwa ada beberapa manfaat mengonsumsi apel.

Bikin Merasa Kenyang

Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat. Jika dibandingkan dengan camilan produk instan, kandungan serat ini sudah tergolong tinggi.

"Ketika Anda mengonsumsi apel, rasa kenyang yang dirasakan berasal dari sifat makanan berserat," tambah Vania, yang juga aktif berbagi informasi gizi di Instagram.

Lebih jauh, Vania menjelaskan bahwa apel mengandung serat larut dalam air (soluble fiber). Serat ini berperan dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh serta membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi

Cegah Kram karena Kandungan Kalium

Apel adalah buah yang kaya akan kalium (potasium). Zat ini sangat penting bagi tubuh kita, karena dapat membantu mencegah kram dan menjaga agar tubuh tetap bertenaga.

"Jadi yang suka lari atau olahraga, ini penting ya kandungan kalium," katanya di Jakarta pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Kaya Antioksidan

Apel merupakan buah yang kaya antioksidan. Jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh, mendapatkan kulit yang bercahaya, dan menjauhkan diri dari risiko penyakit jantung, apel adalah pilihan yang tepat!

Vania mengatakan keberadaan antioksidan dalam tubuh sangat berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa quercetin dan catechin dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Dengan kata lain, menikmati apel bukan hanya lezat, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan Apel Beserta Kulitnya

Vabia mengatakan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari makan apel, maka sertakan juga bersama kulitnya.

"Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap dari apel itu kalau dimakan secara utuh hingga kulitnya," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Rockit Apel Sediakan Hasil Panen Terbaru, Ada Ukuran Kecil Cocok untuk Bekal

Dalam kesempatan yang sama, produsen apel Rockit membawa hasil panen terbaru dari Selandia Baru.

Apel Rockit hadir dalam kemasan unik berupa tabung yang berisi apel-apel segar yang telah dicuci bersih. Kemasan ini sangat praktis, sehingga bisa membawanya dalam tas dan siap untuk dinikmati kapan saja.

"Desain kemasan ini tidak hanya menarik untuk dilihat, tetapi juga efektif dalam menjaga kesegaran apel," ungkap Stephanie Widyowati, Manajer Pemasaran Rockit untuk Asia Tenggara.

Ia menambahkan bahwa apel Rockit tidak dilapisi dengan wax, sehingga aman untuk langsung dimakan. Selain itu, apel ini juga dipastikan bukan hasil rekayasa genetik (GMO).

"Kami menanam apel dari biji hingga berbuah secara alami, tanpa penambahan zat kimia apapun," jelas Stephanie.

4 dari 4 halaman

Perpaduan Apel Gala dan Splendour

Apel Rockit adalah hasil perpaduan yang sempurna antara varietas Gala dan Splendour, menghasilkan rasa manis dan tekstur yang renyah.

"Apel ini sangat cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua yang sudah bisa mengunyah," ujar Stephanie.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini