Sukses

1.700 Pekerja Lepas Terlindungi, RS Royal Progress Berikan BPJS Ketenagakerjaan Gratis 6 Bulan

1.700 Pekerja Lepas Dapat Iuran BPJS Ketenagakerjaan Gratis dari RS Royal Progress Selama 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Royal Progress baru saja meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang akan memberikan kabar baik bagi pekerja lepas di Jakarta Utara dan sekitarnya.

Dalam program ini, sebanyak 1.700 pekerja lepas akan mendapatkan iuran BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) secara gratis selama enam bulan. Langkah ini diambil untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja yang rentan terhadap risiko kecelakaan kerja dan berbagai jaminan sosial lainnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, jumlah pekerja lepas di Indonesia mencapai 33,5 juta orang, atau sekitar 27 persen dari total angkatan kerja. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memiliki asuransi kesehatan atau perlindungan kecelakaan kerja, sehingga mereka berada dalam risiko tinggi ketika bekerja.

Hal ini diperparah dengan data dari BPJS Ketenagakerjaan yang mencatat lebih dari 370.000 kasus kecelakaan kerja di Indonesia pada tahun 2023, dengan sekitar 5,37 persen di antaranya melibatkan pekerja lepas.

Melihat situasi ini, RS Royal Progress memutuskan untuk bertindak. Mereka meluncurkan program CSR yang memberikan iuran BPJS-TK gratis selama enam bulan kepada 1.700 pekerja lepas.

Program ini mencakup jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian, sehingga pekerja lepas yang terdaftar dalam program ini akan mendapatkan perlindungan yang sama dengan pekerja formal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengakuan dan Perlindungan yang Layak

Direktur Utama RS Royal Progress, dr Ivan R Setiadarma MM menegaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan pengakuan atas kontribusi besar yang diberikan oleh pekerja lepas kepada perekonomian, serta memastikan mereka mendapatkan perlindungan yang layak saat bekerja.

Ivan, mengatakan, pekerja lepas merupakan tulang punggung ekonomi, tapi seringkali keberadaan mereka terabaikan dalam hal perlindungan sosial. "Melalui program ini, kami ingin memastikan bahwa mereka tidak hanya mendapatkan pengakuan atas kontribusi mereka semata, tetapi juga mendapat perlindungan yang layak saat menghadapi risiko kerja," katanya seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 22 Agustus 2024.

 

3 dari 3 halaman

Dukungan Penuh dari BPJS Ketenagakerjaan

Program CSR ini mendapat dukungan penuh dari BPJS Ketenagakerjaan. Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Mangga Dua, Dessy Sriningsih, menyatakan apresiasinya terhadap langkah yang diambil RS Royal Progress.

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian RS Royal Progress dalam membantu merealisasikan program ini bagi para pekerja. Sebagai rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap, RS Royal Progress dapat membantu menangani berbagai tindakan secara tuntas dan totalitas," kata Dessy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.