Sukses

Cara Memilih Serum yang Tepat untuk Cerahkan dan Cegah Penuaan Dini Sesuai Jenis Kulit

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika kita memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing orang.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia perawatan kulit dan kecantikan berkembang pesat. Kini, tersedia banyak pilihan produk perawatan kulit--seperti serum--yang menjanjikan hasil transformatif. Di antara begitu banyaknya pilihan di pasaran, tiap-tiap serum menargetkan masalah kulit yang berbeda pula.

Para pakar perawatan kulit dan kecantikan menegaskan bahwa sangat penting untuk memilih serum wajah yang ideal berdasarkan jenis kulit seseorang. Ini karena kulit masing-masing individu berbeda antara satu dengan yang lain. Para pakar menekankan, penting untuk mengetahui apa yang diperlukan kulit agar tetap sehat dan glowing.

Memilih serum yang tepat untuk kulit bisa sedikit sulit dan membingungkan. Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika kita memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing orang.

Berikut hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih serum wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dikutip dari berbagai sumber.

Ketahui jenis kulit Anda:

Mengetahui jenis kulit Anda adalah langkah awal dalam memilih serum wajah terbaik. Setiap jenis memiliki ciri-ciri yang berbeda dan memerlukan komponen-komponen tertentu untuk mengatasi masalah secara efektif. Meskipun kulit berminyak dapat memperoleh manfaat dari serum mattifying atau bebas minyak, kulit normal dapat memperoleh manfaat dari hidrasi secara umum. Serum dengan zat yang menutrisi dan menghidrasi mungkin bermanfaat untuk kulit kering.Pahami masalah kulit Anda:

Untuk memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit, Anda harus mengidentifikasi masalah khusus yang Anda alami pada kulit. Serum yang berbeda dirancang untuk mengatasi kondisi tertentu, termasuk tekstur tidak rata, bintik hitam, jerawat, atau kerutan halus. Carilah serum yang mengandung retinol untuk sifat antiaging, asam salisilat untuk kulit berjerawat, vitamin C untuk mencerahkan, dan asam hialuronat untuk hidrasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periksa Bahan

Bacalah daftar bahan-bahan pada kotak serum secara menyeluruh. Carilah senyawa aktif yang mengatasi masalah dan jenis kulit yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, jauhi serum yang dapat menyebabkan iritasi. Berbagai jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari bahan-bahan termasuk niacinamide, peptida, dan antioksidan, yang dapat memberikan perbaikan umum pada tekstur dan warna kulit.

 

3 dari 4 halaman

Tes Alergi

Jika Anda memiliki kulit sensitif, terutama saat menambahkan serum wajah baru ke dalam rutinitas Anda, lakukan uji tempel (patch test) terlebih dahulu.

Oleskan sedikit ke area tertentu dan waspadai efek samping negatifnya, seperti iritasi atau kemerahan. Mungkin boleh saja menggunakan serum pada wajah Anda jika setelah 24 jam tidak ada efek samping yang muncul.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Serum Antiaging yang Mencerahkan

Salah satu serum yang bisa jadi pilihan untuk mencegah penuaan dini sekaligus mencerahkan bagi pemilik kulit sensitif yaitu Dexskin by Derma Express Brightening & Antiaging Serum. Seperti disampaikan COO of Derma Express Indonesia Dr Angel, serum ini diformulasikan untuk membantu mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan di wajah.

"Serum ini baik untuk mencegah penuaan dini untuk kulit sensitif karena serum wajah ini berbentuk cair dengan tekstur ringa. Tentu saja dengan hero ingredients 2% Acetyl Hexapeptide-8, 1% Glutathione dan 5% Niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan, merawat kekencangan dan keremajaan kulit wajah," jelas Angel melalui keterangan tertulis.

Selain itu, Brightening & Antiaging Serum ini juga tidak mengandung alkohol serta pewangi, mengandung pH balanced dan tekstur ringan.

Angel menjelaskan, dengan mengaplikasikan 2-3 pump serum pada seluruh wajah secara merata di pagi dan malam hari secara rutin bisa mendatangkan hasil maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.