Sukses

Mengapa Muncul Mimpi Aneh saat Demam? Mari Mengenal Fever Dream

Saat tubuh demam atau suhu tubuh tinggi kerap muncul mimpi-mimpi aneh dan bisa jadi menyeramkan saat tidur alias fever dream. Mengapa bisa begitu ya?

Liputan6.com, Jakarta Saat tubuh demam atau suhu tubuh tinggi kerap muncul mimpi-mimpi aneh dan bisa jadi menyeramkan saat tidur. Dalam bahasa Inggris kondisi itu disebut dengan fever dream.

Ketika muncul fever dream, hal ini membuat rasa tak nyaman saat terbangun. Padahal tidur merupakan hal yang dibutuhkan saat sakit.

Kebanyakan 'cerita' yang muncul saat fever dream adalah hal-hal negatif. Kepleset adalah salah satu mimpi yang kerap muncul saat suhu tubuh tinggi.

Lalu, sebagian orang mengalami fever dream terkait dengan distorsi spasial, seperti:

  • Dinding yang bergerak
  • Makhluk dengan lengan dan kaki yang sangat besar
  • Bola yang bergerak seperti makhluk hidup
  • Ruangan Gelap
  • Muncul serangga raksasa

Hal ini selaras dengan sebuah studi tahun 2016 mendokumentasikan jenis mimpi yang dialami sebagian orang selama demam sebelumnya, lalu membandingkannya dengan mimpi yang dialami orang-orang saat sehat.

"Mimpi demam lebih aneh, lebih bernada negatif, (dan) melibatkan lebih sedikit interaksi sosial" daripada mimpi normal, kata Michael Schredl, salah satu penulis studi dan profesor penelitian tidur dan psikiatri di Institut Kesehatan Mental Pusat Jerman.

Lalu, partisipan studi tersebut juga mengatakan bahwa mimpi yang muncul saat demam lebih intens secara emosional dibandingkan saat sehat seperti mengutip Time, Sabtu, 24 Agustus 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suhu Tubuh yang Tinggi Munculkan Mimpi Aneh

Dalam studi tersebut, Schredl mengatakan suhu otak yang tinggi dapat mengganggu proses kognitif normal otak.

"Tampaknya otak tidak berfungsi dengan baik selama demam tinggi, dan entah bagaimana menghasilkan mimpi yang tidak biasa dan tidak menyenangkan" katanya.

 

3 dari 4 halaman

Mimpi Terjadi Saat Fase REM

Para peneliti tidur telah mempelajari bahwa sebagian besar mimpi tampaknya terjadi selama tahap gerakan mata cepat (REM) dari siklus tidur. Ini adalah fase terakhir dari siklus tidur yang ditandai dengan peningkatan aktivitas otak dan gerakan mata cepat.

"Tidur REM sangat penting untuk pengendalian suhu, dan demam itu menekan REM," kata Dr. J. Allan Hobson, seorang peneliti tidur dan profesor emeritus psikiatri di Harvard Medical School.

4 dari 4 halaman

Bisakah Mencegah Muncul Fever Dream saat Tidur?

Mimpi demam bisa sangat mengganggu sehingga tak ingin mengalaminya. Meskipun tidak dapat mengendalikan mimpi demam, mengendalikan demam dapat mengurangi kemungkinan terjadinya mimpi demam.

Mengutip Verywell, salah satu cara mengurangi demam adalah dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen.

Lalu, tetap terhidrasi dengan minum banyak cairan. Gunakan seprai tipis dan satu lapis pakaian yang sejuk. Jaga suhu ruangan tetap nyaman, tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini