Sukses

6 Menu Sehat yang Bantu Usir Flu dan Pilek, Enak dan Mudah Dikonsumsi

Kekurangan nutrisi membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi virus penyebab flu dan pilek serta meningkatkan risiko komplikasi seperti pneumonia, tambahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Selain batuk dan hidung tersumbat, gejala umum yang menyertai serangan pilek atau flu adalah hilangnya nafsu makan. Di antara tidur siang dan sekotak tisu, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah makan, namun penting untuk menjaga kekuatan agar tubuh Anda dapat melawan virus tersebut. Anda tahu bahwa tidak semua makanan diciptakan sama dan mungkin Anda sudah memiliki gambaran tentang apa yang harus dimakan saat sakit.

“Karena pilek dan flu sama-sama disebabkan oleh virus, makanan dengan kandungan antivirus dapat mempercepat pemulihan,” kata Monica Auslander Moreno, RD, konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition, dilansir Women's Health.

Anda mungkin tergoda untuk menikmati junk food, tetapi berpikirlah dua kali sebelum memesan pizza dan mengambil semangkuk es krim.

“Infeksi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting untuk sementara, terutama protein, vitamin B, tembaga, zat besi, vitamin C, dan seng,” kata Melinda R. Ring, MD, dokter penyakit integratif dan penyakit dalam di Northwestern Medical Group.

“Pilihan yang lebih baik adalah buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi.”

Kekurangan nutrisi membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi virus dan meningkatkan risiko komplikasi seperti pneumonia, tambahnya.

Alkohol, kafein, makanan berminyak, dan makanan berserat tinggi juga dilarang dikonsumsi ketika flu dan pilek melanda, menurut Kristin A.R. Gustashaw, RD, di Universitas Rush di Chicago. Alkohol dan kafein menyebabkan dehidrasi dan menghambat respons kekebalan Anda, sementara makanan berminyak dan kaya serat sulit dicerna dan dapat memperburuk gejala GI yang Anda alami.

“Tetap terhidrasi dengan baik membantu memproses racun keluar dari tubuh Anda,” catat Gustashaw.

Ingin tahu menu sehat apa saja yang cocok dikonsumsi saat Anda merasa tidak enak badan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sup Ayam

Ada alasan mengapa para ibu selalu menyarankan untuk mengonsumsi sup ayam ketika muncul gejala hidung tersumbat atau gejala pilek lainnya.

Sup ayam tidak hanya menyediakan cairan yang Anda perlukan untuk membantu melawan virus, tetapi juga mengurangi peradangan yang memicu gejala dan menyebabkan lebih banyak pilek.

Sup ayam yang diberi tambahan mie adalah sumber natrium dan kalium yang baik, dan kaya akan nutrisi yang membangun kekebalan tubuh, kata Gustashaw. Wortel, seledri, dan bawang bombay menyediakan vitamin A dan C, sedangkan bintang utama pertunjukannya, ayam, mengandung banyak protein dan seng.

Belum lagi, cairan hangat menenangkan tenggorokan Anda dan dapat membantu meredakan hidung tersumbat, catat Gustashaw. Ditambah lagi, air adalah bahan utama dalam sup, yang berarti Anda akan mendapatkan kembali cairan yang sangat dibutuhkan sambil menikmati makanan buatan sendiri yang lezat dan bergizi ini.

 

3 dari 7 halaman

2. Buah Jeruk

Vitamin C, paling banyak ditemukan pada buah jeruk, merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi mulailah mengonsumsi C jika Anda belum melakukannya, dan jadikan itu bagian dari rutinitas untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh di waktu berikutnya.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari suplemen atau dari buah jeruk yang kaya vitamin, paprika merah, brokoli, kubis Brussel, butternut squash, pepaya, ubi jalar, dan tomat.

 

4 dari 7 halaman

3. Bawang Putih, Bawang Merah dan Daun Bawang

Bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai bumbum masakan ini memang kerap kali meninggalkan aroma khas. Namun sebaiknya Anda menikmati bumbu-bumbu ini (bersama dengan bawang bombay, daun bawang, dan daun bawang yang bersifat antivirus) untuk melawan flu yang mengganggu.

“Ia telah lama diakui karena kemampuannya membantu sel pembunuh alami membersihkan tubuh dari penyerang,” kata Moreno.

Bawang putih, khususnya, mengandung allicin, yang dikaitkan dengan sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiparasit, dan antioksidan.

Makanan ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dan dapat membantu meningkatkan fungsi penghalang usus, catat Gustashaw.

 

5 dari 7 halaman

4. Teh Jahe

 

Jahe dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk mengatasi flu berkat bahan kimia yang disebut seskuiterpen, yang secara khusus menargetkan rhinovirus, keluarga virus flu yang paling umum, serta zat yang menekan batuk. Ia juga mengandung gingerol anti inflamasi yang dapat melawan infeksi.

Menambahkan beberapa sendok makan jahe parut ke dalam teh hijau Anda bisa membantu, tetapi Anda juga bisa mencari teh jahe, jahe kunyah, atau bir jahe asli, meskipun sebagian besar makanan kaleng hanya mengandung sedikit jahe asli.

 

6 dari 7 halaman

5. Madu

 

Madu sering disebut-sebut sebagai obat untuk segala hal mulai dari luka bakar (oleskan madu mentah pada luka bakar sesegera mungkin untuk mempercepat penyembuhan) hingga luka dan goresan (sifat antiseptik alami madu membuatnya bekerja seperti hidrogen peroksida).

Karena melapisi tenggorokan Anda, ini adalah salah satu makanan terbaik untuk pilek dan sakit tenggorokan, dan sifat antioksidan serta antimikroba alaminya membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.

Madu juga dapat membantu mengurangi frekuensi batuk serta meningkatkan fungsi pernapasan bagian atas, kata Gustashaw. Bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur, yang tentunya Anda perlukan saat Anda sakit.

 

7 dari 7 halaman

6. Tomat

Jika Anda seorang vegan, sup tomat adalah alternatif sup mie ayam yang enak. Tomat kaya akan antioksidan likopen.

Sebuah studi dari The Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa suplementasi likopen selama delapan minggu menurunkan penanda stres oksidatif (ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi selama infeksi), kata Megan Meyer, PhD, direktur komunikasi sains di International Food Information Council Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini