Sukses

Lidah Buaya, Seberapa Berkhasiat Percepat Pertumbuhan Rambut?

Umumnya, lidah buaya disebut-sebut sebagai kunci pertumbuhan rambut yang cepat, dan meskipun ada benarnya, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat lain yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Lidah buaya adalah salah satu bahan serba guna yang disukai banyak orang. Gel tanaman dapat ditemukan di sebagian besar produk perawatan pribadi, mulai dari losion hingga sampo, kondisioner, serum, salep, dan banyak lagi, kemungkinan besar karena secara historis telah digunakan untuk mengobati jerawat, sengatan matahari, luka, dan bahkan sembelit karena merupakan pencahar alami.

Umumnya, lidah buaya disebut-sebut sebagai kunci pertumbuhan rambut yang cepat, dan meskipun ada benarnya, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat lain yang perlu diketahui.

Berikut penjelasan untuk mengetahui semua manfaat yang ditawarkan tanaman ini, menurut pakar kulit dan rambut.

Apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut?

Lidah buaya menenangkan iritasi kulit kepala: Baik Anda sedang menghadapi dermatitis seboroik atau rasa gatal akibat ketombe atau penumpukan, lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi tertentu yang dapat membantu meredakan iritasi.

"Ilmu di baliknya sederhana, antioksidan dalam lidah buaya membantu mengatasi stres oksidatif, dan nutrisi yang dikandungnya membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri setelahnya," jelas Dr. Camp, dilansir Women's Health.

Faktanya, manfaat lidah buaya bahkan bisa digunakan untuk kondisi lain yang dapat mempengaruhi kulit kepala seperti psoriasis dengan mengurangi kemerahan, pengeroposan, dan gatal-gatal, menurut Mayo Clinic

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelembap Alami

Lidah buaya adalah pelembab alami: Yang ini mungkin tidak perlu dipikirkan lagi, tetapi lidah buaya adalah bahan terbaik untuk segala hal yang berhubungan dengan kelembapan.

“Lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembab pada kulit kepala dan rambut karena mengandung polisakarida,” ujar Dr. Camp. Polisakarida adalah molekul gula kompleks yang membantu mempertahankan dan menarik kelembapan.

 

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya meningkatkan pertumbuhan rambut: Jelasnya, lidah buaya sebagai bahan yang berdiri sendiri tidak meningkatkan pertumbuhan rambut.

"Antioksidan yang dikandungnya berpotensi membantu mengurangi stres oksidatif yang dialami kulit kepala dan sel-sel rambut yang mungkin berkontribusi terhadap kerontokan rambut," kata Dr. Camp.

Lidah buaya kaya akan vitamin A, C, dan E, yang semuanya dapat membantu rambut Anda tumbuh subur dalam jangka panjang. Vitamin dan enzim tersebut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengaplikasikan Lidah Buaya

Jika Anda tertarik menggunakan lidah buaya khusus untuk pertumbuhan rambut, Dr. Shokeen merekomendasikan langkah-langkah berikut:

  • Oleskan gel lidah buaya segar langsung ke kulit kepala.
  • Pijat gel selama beberapa menit.
  • Diamkan hingga 30 menit (lebih lama lagi dapat menyebabkan iritasi atau penumpukan) sebelum keramas.

Bagaimana lidah buaya bisa digunakan pada rambut?

"Selain menggunakan gelnya saja, Anda juga bisa mencampurkannya dengan kondisioner untuk meningkatkan kelembapan," kata Dr. Camp.

Selain itu, Anda bisa menggunakannya sebagai semprotan dengan mencampurkan satu bagian lidah buaya dan dua bagian air. Ini bisa sangat membantu jika rambut Anda terasa kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini