Sukses

Kesaksian Pasien Mpox Terinfeksi Varian Clade 1b: Sakit Sekali Sampai Tidak Bisa Tidur

Egide Irambona adalah salah satu pasien Mpox di negara Afrika Timur, yang mengatakan bahwa dia tidak bisa tidur karena rasa sakitnya.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria Afrika yang terinfeksi mpox varian baru yang menular yang dikenal sebagai Clade 1b angkat bicara tentang gejala infeksi virus yang dialaminya.

Egide Irambona (40), saat ini dirawat di sebuah rumah sakit di negara asalnya, Burundi, ketika wabah mpox di Afrika terus berlanjut, sehingga memicu kekhawatiran akan terjadinya pandemi global berikutnya.

Pekan lalu, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan wabah mpox sebagai kondisi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional dan kasus Clade 1b juga tercatat di Thailand dan Swedia.

Clade 1b menyebar terutama melalui penularan heteroseksual, dan tampaknya tidak terlalu mematikan dibandingkan varian mpox lainnya, namun tampaknya lebih menular.

Irambona mengatakan kepada BBC bahwa penyakit ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

"Saya mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan saya. Sakit sekali sampai tidak bisa tidur,” jelasnya.

“Kemudian rasa sakitnya mereda di sana dan berpindah ke kaki saya.”

Egide Irambona adalah salah satu pasien di negara Afrika Timur, yang mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak bisa tidur karena rasa sakitnya.

“Saya mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan saya. Sakit sekali sampai tidak bisa tidur,” jelasnya. “Kemudian rasa sakitnya mereda di sana dan berpindah ke kaki saya.” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Kematian Akibat Varian Baru Mpox

Meskipun belum ada satupun kematian yang terkonfirmasi akibat varian virus baru mpox di Burundi, pengujian yang tersedia untuk menentukan seberapa fatal wabah ini sebenarnya masih terbatas.

“Ini adalah tantangan nyata. Fakta bahwa diagnosis hanya dilakukan di satu tempat memperlambat pendeteksian kasus baru,” kata Dr. Liliane Nkengurutse, direktur nasional Pusat Operasi Darurat Kesehatan Masyarakat, kepada BBC.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengaktifkan tim untuk mengambil sampel dan mengujinya, dan bahkan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkan hasilnya, tambahnya, memperkirakan bahwa mereka memerlukan sekitar $14 juta untuk meningkatkan respons mereka terhadap penyakit ini.

 

3 dari 3 halaman

Belum Ada Informasi Kapan Vaksin Mpox Akan Diberikan

Saat ini belum ada informasi kapan Burundi akan mulai memberikan vaksin untuk mpox.

In the meantime, health officials are urging the public to stay safe, although it is proving difficult.

“Banyak orang tidak memahami gawatnya masalah ini,” jelas Nkengurutse. “Bahkan ketika ada kasus, orang-orang masih berbaur.”

Ketika BBC bertanya kepada masyarakat di ibu kota Burundi, Bujumbura, tentang mpox, banyak yang tidak tahu apa itu mpox atau apa yang menyebar di komunitas mereka.

“Saya pernah mendengar tentang penyakit ini, tapi saya belum pernah melihat ada orang yang menderita penyakit ini. Saya hanya melihatnya di media sosial,” kata salah satu orang yang tidak mau disebutkan namanya.

“Saya tahu ini berdampak pada bayi dan remaja. Saya takut akan hal itu, tapi bukan berarti saya akan tinggal di rumah saja. Saya harus bekerja. Keluarga saya harus makan,” kata orang lain yang tidak disebutkan namanya kepada surat kabar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini