Sukses

Ezelin, Upaya Kalbe Hadirkan Insulin Lokal Halal Pertama bagi Pasien Diabetes

Produk inovatif yang diproduksi PT Kalbe Farma Tbk ini menjadi jawaban atas kebutuhan mendesak masyarakat Indonesia, terutama dalam menghadapi meningkatnya jumlah penderita diabetes.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kini telah memiliki insulin dengan sertifikasi halal dan tingkat kompnen dalam negeri (TKDN) tertinggi. Produk inovatif yang diproduksi PT Kalbe Farma Tbk ini menjadi jawaban atas kebutuhan mendesak masyarakat Indonesia, terutama dalam menghadapi meningkatnya jumlah penderita diabetes.

“Produk ini namanya Ezelin, itu insulin glardin, itu juga pertama di Indonesia yang produksi dengan tingkat kandungan dalam negeri sebanyak hampir 50 persen dan halal, sehingga produk itu bisa memenuhi kebutuhan dari pasien penyakit diabetes dan juga aman digunakan karena halal. Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Muslim, jadi saya rasa Kalbe juga harus memenuhi kebutuhan itu,” jelas Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Mulia Lie dalam konferensi pers di acara Pharmacist Xperience di Jakarta, Sabtu, dilansir ANTARA.

Mulia menambahkan bahwa Ezelin hadir sebagai solusi bagi permintaan insulin, termasuk untuk program BPJS Kesehatan, dengan tujuan menjadikan pengobatan diabetes lebih terjangkau namun tetap berkualitas, setara dengan produk impor.

Didukung Pemerintah

Langkah ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, terutama dalam hal sertifikasi halal dan pengujian klinis lokal. Ezelin telah melalui uji klinis yang melibatkan para farmakolog dalam negeri, menjadikannya produk yang sepenuhnya diproduksi dan diuji di Indonesia.

"Indonesia memiliki banyak anak bangsa yang pintar dan berkualitas. Yang dibutuhkan sekarang adalah mental untuk memproduksi sendiri atau tetap bergantung pada impor," ungkap Mulia, menegaskan pentingnya kemandirian industri farmasi dalam negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Industri Farmasi

Kalbe berharap, melalui Ezelin, mereka bisa membantu memenuhi kebutuhan nasional sekaligus memperkuat posisi Indonesia dalam industri farmasi global. Pemerintah juga telah menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung peningkatan produksi dalam negeri.

Selain peluncuran Ezelin, PT Kalbe Farma Tbk bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI) melalui rangkaian acara Pharmacist Xperience. Acara ini bertujuan untuk mendukung peran apoteker dalam mengedukasi masyarakat terkait diabetes, mengingat Indonesia saat ini berada di peringkat kelima dunia untuk jumlah penderita diabetes, menurut laporan International Diabetes Federation (IDF). Angka penderita diabetes di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 28,6 juta orang pada tahun 2045.

Dengan hadirnya Ezelin, Kalbe tidak hanya menjawab kebutuhan pasar insulin, tetapi juga mendorong pemberdayaan industri farmasi lokal serta mendukung kesehatan masyarakat Indonesia di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.