Sukses

[Kolom Pakar] Prof Tjandra Yoga Aditama: Vaksin Mpox, Bagaimana Kebijakan Kita?

Disebutkan bahwa ada empat generasi vaksin mpox ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mpox yang kini menjadi darurat kesehatan dunia antara lain terjadi akibat clade 1b yang lebih berbahaya dari clade 2 yang ada di dunia tahun yang lalu. Nah, clade 1b yang tadinya hanya ada di Afrika sudah menyebar, ke Swedia, dan yang lebih mencemaskan juga ke Thailand sebagaimana dilaporkan pada Kamis 22 Agustus 2024 yang lalu.

Esok harinya, Jumat 23 Agustus 2024, WHO mengeluarkan publikasi dalam Weekly Epidemiological Record yang menyampaikan “position paper” tentang vaksin Smallpox and mpox (orthopoxviruses), yang perlu kita pahami sebelum mengambil kebijakan penggunaan vaksin di negara kita.

Disebutkan bahwa ada empat generasi vaksin mpox ini. Pertama adalah vaksin cacar (smallpox) yang telah digunakan luas di dunia pada tahun 1950 sampai 1970an pada waktu dunia melakukan eradikasi cacar. Saya yang hampir berumur 70 tahun juga dulu sempat mendapat vaksin cacar generasi pertama ini.  Sementara teman-teman yang lebih muda tentu tidak divaksin cacar ini lagi karena memang penyakit cacar sudah dieradikasi dari muka bumi sejak 1980, walaupun memang masih ada yang bentuk yang berbeda yaitu mpox sekarang ini.

Generasi pertama vaksin ini dibuat berdasar galur -seperti “New York City Board of Health (NYCBH)” dan juga “Lister strains”, dll– yang dikultivasi dari kulit binatang.

Generasi ke duavaksin smallpox (seperti ACAM2000) sebenarnya juga menggunakan galur seperti yang digunakan pada generasi pertama, tetapi diproduksi di sel kultur jaringan (“tissue culture”) dari isolasi virus plaques.

Generasi ketiga vaksin ini adalah yang lebih di atenuasi dan dibentuk berdasar proses lebih lanjut pada kultur sel dan hewan untuk meningkatkan keamanannya. Contoh dari generasi ketiga ini adalah vaccinia strain LC16m8 yang diproduksi di Jepang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin Penyakit Cacar Generasi Keempat

Lalu ada generasi keempat yang dikenal dengan VacΔ6 or OrthopoxVac. Generasi terbaru ini merupakan modifikasi genom vaccinia virus melalui delesi yang ditargetkan pada materi genetik yang bertanggung jawab pada protein yang berhubungan dengan virulensinya.

Selain itu, juga ada vaksin lain yang sedang dalam proses pengembangan, antara lain melalui mekanisme mRNA seperti perkembangan terkini berbagai vaksin seperti antara lain mekanisme yang sama untuk vaksin COVID-19. Vaksin dengan pendekatan terbaru untuk mpox and smallpox ini antara lain menggunakan “lipid encapsulated mRNA-based vaccines”.

 

3 dari 3 halaman

Beberapa Vaksin Mpox Sudah Kantongi Persetujuan AS dan Eropa

Sekarang ini sudah ada beberapa vaksin yang sudah mendapat persetujuan negara-negara untuk mpox, seperti Vaksin MVA-BN pada tahun 2019 di Amerika Serikat dan Kanada; dan Juli 2022 di Uni Eropa, walaupun ada yang masih bersifat “emergency”.

Amerika juga memberi persetujuan khusus untuk vaksin ACAM2000 untuk imunisasi mpox, kendati masih dalam status khusus pula dalam “Expanded Access Investigational New Drug protocol”. Negara lain, di Jepang maka vaksin LC16m8 pada Agustus 2022 mendapat lisensi untuk pencegahan mpox.

Kita tunggu kebijakan pemerintah tentang bagaimana program vaksinasi mpox yang direncanakan di negara kita, dan bagaimana pelaksanaannya di lapangan.

 

Prof Tjandra Yoga Aditama

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini