Sukses

Catat, 7 Makanan dan Minuman Ini Bantu Tetap Fokus dan Berenergi meski Kurang Tidur

Paling tidak makanan dan minuman ini membantu berenergi sampai sore atau sebelum tidur di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu aspek penting agar bisa fokus menjalani aktivitas di siang hari. Bila kurang tidur ada beberapa makanan yang bisa membantu mendongkrak tubuh jadi lebih berenergi.

Paling tidak makanan dan minuman ini membantu berenergi sampai sore atau sebelum tidur di malam hari. Berikut daftarnya seperti disampaikan ahli nutrisi Jessica Ball mengutip laman Eating Well:

1. Air Putih

Air adalah minuman terpenting saat kurang tidur. Dehidrasi dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan seperti makan berlebihan, suasana hati yang buruk, dan sakit kepala.Dengan tetap terhidrasi maka membantu Anda merasa berenergi dalam jangka pendek dan panjang kata Jessica.

2. Kopi dan Teh

Saat semalam kurang tidur, siang ini boleh-boleh saja minum kopi dan teh. Asalkan dalam porsi sedang alias tidak berlebihan.

"Minum kopi atau teh itu membantu lebih fokus saat kurang tidur," kata Jessica.

Selain meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan, senyawa dalam kopi bahkan dapat meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan otak, diabetes.

Sementara itu, pada teh mengandung senyawa yang jika dikonsumsi secara teratur, dapat menurunkan risiko stroke dan kanker.

3. Kacang-Kacangan

"Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan energi saat merasa lesu di sore hari," kata Jessica.

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak lemak sehat, protein, dan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, kacang-kacangan, seperti kenari dan biji-bijian, seperti biji chia dan biji rami, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik—khususnya asam lemak omega-3 alfa linolenat atau ALA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Makanan Kaya Serat

Saat kurang tidur, tubuh cenderung 'meminta' makanan yang tidak sehat. Alih-alih fast food lebih baik menyiapkan makanan kaya serat seperti buah dan sayur.

Kehadiran serat dalam tubuh membantu menjaga kadar gula darah stabil dalam jangka waktu lama, sehingga Anda terhindar dari energi yang naik turun.Manfaat lainnya, studi di Annals of Medicine pada 2023 menjelaskan bahwa asupan serat meningkatkan kualitas tidur. Sehingga meski semalam kurang tidur, harapannya malam ini bisa tidur berkualitas.

 

3 dari 4 halaman

5. Telur

Telur merupakan makanan yang membantu tetap berenergi di hari-hari ketika mengantuk. Protein dalam telur membantu menstabilkan gula darah, yang berarti kadarnya tidak akan naik turun, sehingga Anda tidak akan merasa lapar dan lebih lelah.

Telur juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik, yang membantu sel-sel tubuh memetabolisme energi dan berfungsi dengan baik.

6. Makanan Kaya Kalsium

Makanan seperti susu, kacang kedelai, sarden, dan sayuran hijau diperlukan saat kurang tidur. Tidak hanya mengandung banyak protein agar bertenaga, tetapi juga kaya akan kalsium.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan kalsium dalam keseharian dapat membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

4 dari 4 halaman

7. Makanan Kaya Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan bahkan anemia dalam jangka panjang. Padahal zat besi merupakan nutrisi utama yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh kita.

Jika tidak memiliki cukup zat besi dalam darah, oksigen tidak dapat mencapai tempat yang dibutuhkannya, sehingga mengakibatkan kekurangan energi. Maka untuk membantu Anda merasa berenergi secara teratur, pastikan untuk menyertakan makanan kaya zat besi seperti bayam, kangkung, daging merah, dan kerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini