Sukses

Tes Darah Sederhana Bisa Ungkap Risiko Penyakit Jantung 30 Tahun Sebelum Terjadi

Para peneliti mengatakan tes darah yang memeriksa ketiga biomarker memberikan gambaran yang lebih akurat dan rinci mengenai kesehatan jantung pasien, yang akan merevolusi perawatan pencegahan.

Liputan6.com, Jakarta Dokter mengatakan tes darah sederhana yang mencakup tiga hal dapat secara akurat memprediksi risiko pasien terkena serangan jantung dan stroke 30 tahun sebelumnya.

Saat ini, petugas medis biasanya melakukan tes kolesterol LDL untuk mengetahui apakah seseorang rentan terhadap berbagai masalah jantung.

Namun dalam sebuah penelitian inovatif yang dilakukan selama tiga dekade, para ahli juga menguji darah untuk mencari dua biomarker tambahan: CRP, protein yang diproduksi oleh hati yang meningkat sebagai respons terhadap peradangan, dan lipoprotein(a), sejenis lemak di hati. tubuh.

Hasilnya, yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine, terungkap bahwa CRP dengan sensitivitas tinggi dan kadar lipoprotein(a) yang tinggi, serta kadar kolesterol yang tinggi, merupakan “prediksi kejadian kardiovaskular”.

Penulis penelitian mengatakan tes darah yang memeriksa ketiga biomarker memberikan gambaran yang lebih akurat dan rinci mengenai kesehatan jantung pasien, yang akan merevolusi perawatan pencegahan penyakit jantung.

“Ketiga [biomarker] mewakili proses biologis yang berbeda,” kata penulis utama studi Dr. Paul Ridker kepada NBC News.

“Mereka memberi tahu kami mengapa seseorang sebenarnya berisiko.”

Ridker kini mendesak dokter lain untuk melakukan “tes darah tiga arah” ketika pasien berusia 30 atau 40an, untuk “menangkap faktor risiko yang berpotensi diabaikan sejak dini.”

“Dokter tidak akan menangani hal-hal yang tidak mereka ukur,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Tes Darah Terhadap 30 Ribu Perempuan di Amerika

Untuk penelitian yang dipimpin oleh Ridker, dokter melakukan tes darah terhadap hampir 30.000 wanita Amerika selama 30 tahun, memeriksa tiga biomarker yang berbeda.

Ketika penelitian ini dimulai pada pertengahan tahun 1990an, rata-rata peserta berusia 55 tahun.

Selama tiga dekade berikutnya, 13% relawan mengalami masalah kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke.

Wanita dengan tingkat lipoprotein(a) tertinggi pada awal penelitian memiliki peningkatan risiko sebesar 33% untuk mengalami masalah kardiovaskular.

 

3 dari 3 halaman

Deteksi Dini Memungkinkan Langkah Pencegahan

Sementara itu, mereka yang memiliki tingkat CRP tertinggi mempunyai risiko penyakit jantung 70% lebih tinggi.

Dan, ketika diuji bersama dengan kolesterol, wanita yang memiliki kadar kolesterol tertinggi di ketiga kategori tersebut memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar terkena penyakit jantung.

Namun, dengan deteksi dini melalui tes darah, dokter mengatakan metode pencegahan yang tepat dapat diterapkan untuk mengurangi secara drastis jumlah pasien dengan masalah kesehatan jantung kronis.

“Ini adalah penyakit yang sebagian besar dapat dicegah,” kata Ridker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.