Sukses

Mengenal Niacinamide dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Bagi kulit, niacinamide membantu membangun keratin, protein yang menjaga kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang perawatan kecantikan, idealnya tak hanya mengenai wajah saja melainkan juga tubuh. Salah satu yang kerap menjadi standar kecantikan adalah kulit sehat, cerah dengan warna merata dari wajah hingga tubuh.

Seiring dengan perkembangan zaman, tren perawatan kecantikan pun semakin berkembang. Saat ini, individu telah lebih paham mengenai kandungan dalam produk perawatan kecantikan. Salah satu kandungan yang sering jadi andalan untuk mendapatkan kulit sehat yakni niacinamide.

Lalu apa itu niacinamide?

Niaciamide adalah sejenis vitamin B3, salahh satu dari delapan vitamin B yang mendukung banyak aspek kesehatan kita. Dilansir laman Cleveland Clinic, tubuh memproduksi niaciamide Anda memiliki terlalu banyak niacin di tubuh. Selain itu, tubuh juga bisa mengubah asam amino yang disebut triptofan menjadi niacinamide.

Bagi kulit, niacinamide membantu membangun keratin, protein yang menjaga kesehatan kulit. Niacinamide juga membuat kulit lebih kuat, halus, dan cerah.

"Niacinamide adalah salah satu bahan yang ditemukan pada banyak produk skin care untuk mencerahkan kulit, mencegah tanda pernuaan dan mengatasi masalah kulit seperti eksim atau jerawat," jelas dermatolog Alok Vij, MD.

"Niacinamide bisa jadi salah satu tren produk saat ini, tapi dia telah ada sejak bertahun-tahun lalu dan memiliki dampak positif pada banyak kondisi kulit," jelasnya.

Vij menjelaskan, niacinamide juga bisa menutrisi dan melindungi kulit jika dipadukan dengan bahan lain seperti retinol. 

“Niacinamide digunakan untuk mengobati jerawat dan dapat membantu menutrisi dan melindungi kulit Anda, terutama bila digunakan dengan produk lain seperti retinol,” kata Dr. Vij. “Ini adalah nutrisi kuat yang jarang menimbulkan efek samping.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Niacinamide

Penjelasan serupa juga disampaikan oleh COO of Derma Express Indonesia Dr Angel.

"Niacinamide merupakan turunan dari vitamin B3 yang dapat membantu meningkatkan fungsi organ-organ pada tubuh dan juga dapat menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya kulit wajah, tapi juga tubuh," jelasnya.

"Saat ini segala cara dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat, cerah merata. Oleh karena itu, banyak dari kita yang sangat detail dengan kandungan skincare," imbuh Angel melalui keterangan tertulis.

Adapun sejumlah manfaat niacinamide dalam perawatan kulit seperti dilansir Cleveland Clinic diantaranya meningkatkan hidrasi, meredakan inflamasi atau kemerahan karena kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, dan eksim, mengecilkan pori-pori, mengatasi bintik hitam, mengurangi tanda penuaan, hingga mencegah kanker kulit.

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Kulit dengan Niacinamide

Sementara itu, jika ingin mendapatkan kulit cerah, Dr Angel merekomendasikan produk dengan kandungan niacinamide seperti Niacinamide Brightening Body Lotion dari Dexskin.

Body lotion ini disebuut bisa melawan kulit kering, kusam dan cocok untuk semua jenis kulit.

"Niacinamide Brightening Body Lotion mengandung 5% Niacinamide dan 1,5% Cystoseira Tamariscifolia Extract yang bermanfaat untuk mencerahkan, melembapkan kulit, serta melindungi kulit dari efek buruk sinar blue light," ucap Angel.

Lotion ini tidak mengandung alkohol dan memiliki kandungan pH seimbang sehingga bisa diaplikasikan secara merata pada seluruh tubuh minimal dua kali sehari pada pagi dan malam. Untuk mendapatkan hasil maksimal, disarankan untuk mengaplikasikannya secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini