Sukses

Simak 8 Manfaat Mengejutkan Kopi untuk Kulit, Bikin Glowing dan Bebas Selulit

Ternyata, kopi bukan hanya untuk energi pagi. Selain bermanfaat untuk kulit glowing, kopi juga dapat menenangkan kulit, melawan penuaan, dan seambreg manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, kopi yang biasa kamu minum di pagi hari ternyata juga bisa jadi rahasia kecantikan wajahmu. Selain memberikan dorongan energi yang menyegarkan, kopi memiliki manfaat luar biasa untuk kulit yang mungkin belum kamu ketahui.

Apakah Kopi Bisa Membuat Muka Glowing?

Menurut American Chemical Society, kopi adalah salah satu sumber antioksidan terbaik, bahkan lebih unggul dari teh atau anggur. Simak bagaimana kopi bisa membantu kulit lebih sehat dan muka glowing, seperti dikutip dari Healthline pada Selasa, 3 September 2024:

1. Bye-Bye Selulit

Kopi adalah teman terbaik untuk mengatasi selulit. Kafein dalam kopi bekerja dengan melebarkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah, yang dapat membantu mengurangi tampilan selulit.

Buat scrub kopi sendiri di rumah dengan mencampur bubuk kopi dengan minyak kelapa atau yogurt. Gosokkan pada area selulit secara rutin dan rasakan perubahannya.

2. Efek Relaksasi untuk Kulit

Kopi bukan hanya untuk memulai hari, tapi juga bisa menenangkan kulitmu. Antioksidan dalam kopi memberikan efek relaksasi saat dioleskan. Cobalah masker kopi dengan mencampur bubuk kopi dengan madu atau yogurt untuk kulit yang lebih fresh dan rileks.

3. Anti Penuaan

Garis halus dan bintik matahari bisa diatasi dengan kopi. Studi menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit berkat kandungan antioksidannya.

Buatlah masker kopi sederhana dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air dan oleskan pada wajah. Sehingga kulit wajah glowing dan tampil lebih awet muda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

4. Vitamin B3 untuk Cegah Kanker Kulit

Kopi kaya akan vitamin B3 atau niasin, yang dapat membantu mencegah kanker kulit dan melindungi dari bahaya sinar matahari. Dengan rutin mengaplikasikan kopi pada kulit, kamu memberikan perlindungan ekstra bagi kulitmu. Jangan lupa, tetap gunakan tabir surya sebagai langkah pencegahan tambahan.

3 dari 6 halaman

5. Kurangi Peradangan

Jika kulit kamu sering mengalami peradangan atau kemerahan, kopi bisa menjadi solusi. Kandungan asam klorogenat dan melanoidin dalam kopi dapat membantu mengurangi peradangan dan hiperpigmentasi. Gunakan scrub kopi secara berkala untuk meredakan peradangan dan menjadikan kulit kamu lebih merata.

4 dari 6 halaman

6. Teman Setia Jerawat

Jerawat sering muncul? Kopi dapat membantu kamu mengatasi masalah ini. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari kopi dapat mengurangi jerawat. Campurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak zaitun atau madu untuk membuat masker wajah yang membantu melawan jerawat.

5 dari 6 halaman

7. Lingkaran Hitam? No Problem!

Lingkaran hitam di bawah mata? Kopi juga bisa mengatasi masalah ini. Campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun dan aplikasikan campuran ini di bawah mata. Kandungan kafein dalam kopi akan membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tampilan lingkaran hitam.

6 dari 6 halaman

8. Perawatan Setelah Kulit Terbakar Matahari

Kulit terbakar matahari? Kopi dapat meredakan kemerahan dan bengkak. Seduh secangkir kopi, campurkan dengan air dingin, dan gunakan kain lembut yang dibasahi campuran ini untuk menepuk-nepukkan pada area kulit yang terbakar. Kulitmu akan merasa lebih nyaman dan tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini