Sukses

6 Cara Sederhana Bakar Kalori dan Pangkas Berat Badan Berlebih

Alih-alih menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mencoba membakar 500 kalori atau lebih dalam sehari, pakar kebugaran merekomendasikan untuk mengurangi hanya 250 kalori dari makanan dan membakar 250 kalori lagi dengan berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin memangkas beberapa kilo dari berat badan? Jangan khawati, pakar kebugaran telah menyusun latihan sempurna untuk dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda.

Personal trainer Sam Quinn dari Nuffield Health mengatakan pada The Telegraph, orang dewasa harus mengalami defisit 500 kalori dari konsumsi kalori pemeliharaan untuk menurunkan berat badan.

Hal ini berlaku meski jumlah kalori yang dibutuhkan dari tiap-tiap orang bervariasi. Perempuan misalnya, harus mengonsumsi rata-rata sekitar 1.500 kalori setiap hari, sedangkan pria harus mengonsumsi sekitar 2.000 kalori setiap hari.

Namun, daripada menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mencoba membakar 500 kalori atau lebih dalam sehari, Quinn merekomendasikan untuk mengurangi hanya 250 kalori dari makanan dan membakar 250 kalori lagi dengan berolahraga.

Pakar mengatakan ada enam latihan sederhana yang dapat Anda lakukan secara bergantian untuk membakar kalori.

“Berjalan kaki itu gratis, sederhana dan efektif dan tidak boleh dianggap remeh ketika mencoba membakar kalori,” kata Quinn. Dia merekomendasikan 3.500 langkah per hari.

“Ini adalah bentuk olahraga berdampak rendah, sehingga baik untuk orang yang sedang memulai perjalanan penurunan berat badan, atau jika olahraga dengan intensitas tinggi dan berdampak tinggi tidak cocok untuk mereka.”

Jika bisa menambah kecepatan, lanjutnya, lari sekitar 2,5 mil juga setara dengan pembakaran 250 kalori.

“Ini dapat mengubah kekuatan, tingkat kebugaran, kesehatan mental, dan komposisi tubuh,” ujarnya tentang lari dan jogging. “Ini adalah bentuk olahraga yang bagus untuk membakar kalori.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersepeda hingga Angkat Beban

Bagi mereka yang lebih suka berenang untuk berolahraga, melakukan 35 putaran di kolam berukuran 50 meter — atau 165 kaki — akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan olahraga seluruh tubuh sekaligus melindungi persendian yang pegal yang mungkin tidak mampu menahan dampak berlari.

Bersepeda – olahraga berdampak rendah lainnya – 12,5 mil juga merupakan strategi lain untuk membakar kalori dan melatih otot kaki.

Sedangkan mengangkat beban berat selama satu jam dan membentuk otot akan membantu membakar kalori dalam jangka panjang, tambahnya.

“Meskipun aktivitas tersebut tidak membakar banyak kalori selama aktivitas (artinya aktivitas tersebut harus dilakukan lebih lama untuk mencapai 250 kalori), hal ini akan membantu memperbaiki komposisi tubuh dan meningkatkan massa tanpa lemak,” kata Quinn.

“Ini pada akhirnya akan membantu membakar lebih banyak kalori saat istirahat dan membuat Anda tetap membakar lebih banyak kalori setelah selesai berolahraga.”

 

3 dari 3 halaman

HIIT

Mereka yang mencari latihan singkat dapat memasukkan sesi latihan interval intensitas tinggi selama 25 menit ke dalam rutinitas mereka.

“Pelatihan HIIT bekerja dengan meningkatkan detak jantung dan memberikan tuntutan tambahan pada otot yang bekerja untuk membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan kaki, berenang, atau bersepeda dengan kecepatan lebih lambat,” jelas Quinn

Dia menekankan bahwa jenis latihan ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu karena intensitas olahraga yang begitu intens. 

“Ini dapat membantu memperkuat tulang dan otot tubuh sekaligus meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kesehatan jantung.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini