Sukses

GERD adalah Penyakit yang Bikin Asam Lambung Naik, Apakah Haram Makan Roti Putih?

Khawatir dengan gejala GERD? Tinggalkan roti putih dan pilih roti serat tinggi untuk pencernaan yang lebih sehat

Liputan6.com, Jakarta - Meski menderita GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), pecinta roti tetap bisa menikmati makanan facoritnya tanpa rasa khawatir. Terpenting jauhkan roti putih, dan pilih opsi yang lebih ramah pencernaan.

Roti gandum utuh, sourdough, dan roti rye adalah pilihan tepat untuk penderita GERD. Mengapa? Karena roti-roti ini kaya serat, yang dapat membantu mengurangi gejala GERD, seperti dikutip dari Medical News Today pada Rabu, 4 September 2024.

Apakah Penderita GERD Boleh Makan Roti?

Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders (IFFGD), memasukkan biji-bijian utuh dalam diet sehari-hari dapat memberikan manfaat besar. Studi tahun 2018 menunjukkan bahwa semakin banyak serat yang kamu konsumsi, semakin sedikit gejala refluks yang akan kamu rasakan.

Bahkan, orang yang makan roti tinggi serat bisa mengurangi risiko gejala hingga 50 persen dibandingkan mereka yang mengonsumsi roti rendah serat.

Selain roti gandum utuh, Gastroenterology Consultans of San Antonio, menjelaskan, ada beberapa makanan lain yang juga bisa membantu mengurangi asam lambung.

  • Sayuran dan buah non-sitrus
  • Protein tanpa lemak
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong dan lentil
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Yogurt
  • Lemak sehat
  • Jahe

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Roti Tawar Tinggi Gula?

Gula dan roti putih bisa jadi musuh terbesar bagi kesehatan kita. Meskipun terlihat tidak berbahaya, ternyata keduanya bisa memberikan dampak serius pada tubuh kita.

Roti mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, seperti dikutip dari Healthline. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Makanan dengan indeks glikemik (IG) tinggi dapat menyebabkan rasa lapar yang lebih cepat dan risiko makan berlebihan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, roti gandum, dengan kandungan seratnya yang tinggi, dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mendukung kesehatan pencernaan.

Berikut perbandingan kandungan gizi dari berbagai jenis roti:

  • Roti Putih: Kalori 67, Karbohidrat 13g, Protein 2g, Serat 0,6g
  • Roti Gandum Utuh: Kalori 92, Karbohidrat 17g, Protein 3g, Serat 2g
  • Roti Sourdough: Kalori 93, Karbohidrat 18g, Protein 4g, Serat 1g
3 dari 3 halaman

Apakah Ada Banyak Gula Dalam Roti Putih?

Tahukah kamu bahwa roti putih yang kita konsumsi sehari-hari mungkin mengandung lebih banyak gula daripada yang kamu kira? Beberapa jenis roti komersial tidak hanya mengandung gula untuk proses pengembangan, tapi juga gula tambahan yang tidak kamu butuhkan.

Untuk mengetahui seberapa manis sebenarnya roti putih Anda, cek label nutrisi dan perhatikan jumlah karbohidrat dan gula tambahan. Umumnya, roti putih komersial mengandung sekitar 1–3 gram gula tambahan per potong, seperti dikutip dari Medical News Today.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini