Sukses

Orang Tua Wajib Tahu Soal Perawatan Wajah dan Kulit Bayi yang Mengalami Eksim

Penanganan perawatan wajah dan kulit bayi dengan eksim bisa dilakukan di ERHA Ultimate yang memiliki dokter spesialis kulit berpengalaman.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah mom bahwa eksim dapat dimulai bukan hanya selama masa kanak-kanak saja, tapi bahkan sejak masa bayi juga dapat mengalami eksim dalam rentang waktu mingguan atau bulan pertama sejak pertama lahir? Demikian penjelasan seperti ditulis di laman Nationaleczema.org. 

Jadi, apa itu eksim? Eksim adalah kondisi kulit yang mengalami iritasi atau peradangan di kulit. Nah, dari sekian banyak jenis eksim, salah satu yang paling sering dialami bayi adalah eksim, atau dalam istilah medis dikenal sebagai dermatitis atopik. 

Gejala eksim pada bayi dimulai dengan kulit kering dan gatal. Kemudian muncul ruam atau kemerahan di area yang mengalami eksim, disertai dengan sisik, dan benjolan yang mengeluarkan cairan. Pada anak, penyakit kulit eksim juga cenderung datang dan pergi alias terjadi secara kambuhan, serta lebih mungkin terlihat di malam hari. 

Lalu apa penyebab eksim? Dokter hingga saat ini belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan eksim, namun umumnya pada bayi bisa jadi karena ada perbedaan cara kerja sistem kekebalan tubuh, seperti alergi. 

Laman kidshealth.org menyebut kalau eksim memang penyakit yang cukup umum diderita bayi hingga orang dewasa. Penyakit eksim juga dapat terjadi jika ada anggota keluarga dengan riwayat yang sama. Para ahli berpendapat, penyakit eksim diturunkan dari orangtua ke anak-anak melalui gen. 

Selain itu, area tubuh yang mengalami eksim pun berbeda-beda. Pada bayi berusia di bawah satu tahun misalnya, eksim biasanya terdapat di pipi, dahi, atau kulit kepala. Eksim kulit juga dapat menyebar ke lutut, siku, dan badan. Kalau gejala sudah muncul di area wajah, mom sebagai orang tua harus tahu perawatan wajah dan kulit untuk bayi yang mengalami eksim.

Tapi mom, jangan keburu khawatir ya! Mom bisa memeriksakan kondisi si Kecil ke ERHA Ultimate. Mom mungkin bertanya-tanya, kenapa kok ke klinik kecantikan ERHA Ultimate? Jadi, Mom harus tahu kalau ERHA Ultimate bukan cuma menangani dermatologi estetika saja, tapi juga bisa menangani beragam penyakit kulit tidak menular seperti salah satunya eksim. 

Nah dalam rangka World Atopic Eczema Day, atau Hari Atopik Eksim Sedunia, pada 14 September 2024, ERHA Ultimate mendukung para ibu dan orang tua lewat hadirnya Atopy & Skin Disease Center sebagai No. 1 Complete Atopy Solution (No. 1 Solusi Atopy Terlengkap), agar anak dan khalayak luas  yang terkena eksim bisa mendapatkan perawatan eksim dengan tepat. 

Lalu, apa sih keunggulan Atopy & Skin Disease Center di ERHA Ultimate? Kabar baiknya, dokter yang menangani kasus eksim pada bayi adalah dokter spesialis dermatologi & venereologi (Sp.DVE) berpengalaman yang dapat mendiagnosis jenis eksim kulit yang dialami si Kecil, serta memberikan solusi penanganan yang disesuaikan secara khusus dengan kebutuhannya. 

Selain itu, sistem pelayanan di ERHA Ultimate selain sudah menyesuaikan standar rumah sakit dan higienitas, namun lebih efisien, nyaman, dan mudah untuk customer. Artinya, Mom dan si Kecil bisa menghemat waktu karena ketika konsultasi ke ERHA Ultimate nggak terlalu banyak antrian. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan Perawatan Wajah dan Kulit Bayi dengan Eksim

Mom, sebelumnya harus tahu dulu ya kalau pengobatan eksim bertujuan untuk mengurangi peradangan, meredakan gatal, menjaga kelembaban kulit, dan mengurangi kekambuhan. Ketika mulai muncul gejala ruam kemerahan di kulit, orang tua pun merasa panik. Oleh karena itu, sebelum datang ke ERHA Ultimate, ada baiknya, Mom mulai mencermati di bali penyebab kekambuhan kondisi tersebut pada si Kecil, lakukan langkah pasti yaitu berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

Hal tersebut penting untuk diketahui karena berkaitan dengan penanganan penyakit kulit eksim yang dilihat dari penyebabnya. Selain itu, pengobatan di ERHA juga dilihat dari gejalanya. Biasanya dokter akan memberikan obat eksim seperti krim racikan dokter atau Doctor Skincare yang diresepkan khusus dari ERHA Ultimate. 

Jika saat diperiksa,  si Kecil hanya mengalami kasus eksim yang ringan, untuk mencegah kekambuhan dokter umumnya akan merekomendasikan penggunaan daily skincare. Kegunaan daily skincare bukan hanya itu saja loh Mom, tapi juga untuk maintenance jika gejala eksim sudah membaik. 

Sekadar informasi, ERHA ULtimate berhasil merawat lebih dari 1 juta kasus eksim di Indonesia selama tahun terakhir. Atopy and Skin Disease Center dari ERHA Ultimate merupakan salah satu kategori perawatan dari ERHA Ultimate untuk menangani berbagai masalah kulit sensitif seperti psoriasis, rosacea, hingga vitiligo yang berfokus untuk mengatasi permasalahan dermatitis atopik.

Semua permasalahan kulit dan perawatan wajah, disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Satu lagi, semua produk oral dan topikal di ERHA Ultimate teruji klinis & BPOM sehingga aman digunakan. Jika Mom mau tahu informasi lebih lengkap mengenai program Atopy and Skin Disease Center dari ERHA Ultimate, kunjungi laman ini dan jangan lupa follow akun Instagram @erha.ultimate untuk mendapatkan informasi ter-update lainnya. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini